Langkah-Langkah Membuat Contoh Teks Berita Lengkap (Text dan Voice)

Pastinya kita sering mendengar sebuah berita, entah itu di media cetak maupun elektronik. Beritanya pun beraneka ragam jenisnya, baik itu berita olahraga, ekonomi, politik dan masih banyak lagi. Untuk itu tak ada salahnya kita untuk belajar membuat sebuah teks berita. Karena kita berada dalam era informasi yang mana berita akan menjadi sebuah makanan wajib bagi kita.

Berita merupapakan sebuah informasi baru maupun sebuah informasi tentang sesuatu hal yang sedang terjadi, baik itu disajikan dalam bentuk cetak, siaran, internet maupun hanya sekedar dari mulut ke mulut.

Pengertian berita ini sering sekali kita lupakan, sehingga dalam penulisan teks berita kita sering salah kaprah. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa yang paling penting adalah Trafik. Bagaimana cara meningkatkan trafik baik itu untuk media elektronik, koran maupun majalah.

Dengan alasan tersebut maka tak jarang kita akan mendapati berita-berita yang kurang kualitasnya. Mengapa bisa demikian? Alasanya jelas, karena si pemberi (pembuat) tak tahu esensi dari berita tersbeut, mereka hanya akan membutuhkan trafik yang tinggi.

Sebab itu, pentinng bagi kita untuk dapat memahami apa itu berita, bagaimana menulis sebuah berita yang bagus, bagimana dan kapan kita harus menyampaikan berita tersebut. Sehingga dalam penulisan berita tersebut lebih tepat sasaran dan juga bermanfaat.

Hal-Hal yang Harus Ada dalam Sebuah Berita (5w + 1H)

Seperti yang sudah kita pelajari dahulu di sekolah, pastinya kita sudah sangat paham bagaimana memahami betapa pentingnya 5W+1H ini dalam penulisan sebuah berita. Lima W ini artinya “What, Who, When, Where, Why” sedangkan 1H adalah “How”. Memang istilah tersebut menggunakan bahasa Inggris, bila kita artikan dalam bahasa Indonesia “Apa, Siapa, Kapan, Dimana, Mengapa dan Bagaimana”.  Kelima unsur tersebut harus ada dalam sebuah arikel biasa maupun juga dalam teks berita.

Berbeda dengan teks, berbeda pula pada saat kita menyampaikan secara langsung. Umumnya kalau menyampaikan berita secara langsung, unsur-unsur tersebut tak akqn dipakai semuanya.

Hal ini dikarenakan durasi atau waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan berita tersebut terbatas. Dan pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas teks berita, untuk itu penting bagi kita untuk membhas 5W+1H agar lebih paham lagi.

Sifat -Sifat / Jenis-Jenis Berita Secara Umum

Berita akan mempunyai beberapa sifat, berikut ini adalah sifat-sifat berita yang dapat kita pahami dan pelajari :

  1. Aktual (baru). Sauatu hal yang baru akan lebih mempunyai nilai berita apabila kita bandingkan dengan hal-hal yang telah terjadi sudah lama.
  2. Jarak (jauh/dekat). Orang-orang akan lebih tertarik akan suatu kejadian yang ada di sekitar mereka dibandingkan dengan kejadian yang jauh dari tempat mereka.
  3. Suatu hal akan menjadi sebuah berita apabila dianggap penting, karena akan berpengaruh kepada kehidupan langsung. Semisal saja Pilkada Jakarta.
  4. Sesuatu menjadi sebuah berita karena akan mempunyai dampak yang besar.
  5. Pertentangan atau konflik.
  6. Hubungan pribadi (gosip). Semisal saja perceraian, perselingkuhan, dan lain sebagainya.
  7. Ketegangan. Contohnya detik-detik pelantikan presiden dan wakil presiden.
  8. Kemajuan-kemajuan. Suatu inovasi baru ataupun perubahan, hal ini termasuk juga didalamnya berita teknologi.
  9. Emosi. Segala sesuatu yang apabila dikabarkan akan memancing sebuah reaksi emosi (marah, sedih, kecawa dan lain sebaaginya). Semisal saja berita tentang penemuan bayi yang baru dilahirkan di WC umum
  10. Humor

Itu dari kesepuluh sifat berita tadi, tak semuanya akan memerlukan teks berita. Akan tetapi paling tidak terdapat kerangka berita yang akan ditayangkan sebagai bahan acuan.

Unsur yang Harus Ada dalam Teks Berita

Hal ini merupakan bagian yang terpenting dalam sebuah berita. Karena bila bagian ini tak ada, maka akan berakibat pada teks berita kita yang akan ngalor-ngidul (tidak jelas alurnya). Nah berikut ini yang harus ada dalam berita :

1. Menarik

Pastinya kita pernah menjumpai sebuah berita yang kurang direspn atau ditanggapi. Hal ini umumnya hal ini dapat kita jumpai di dunia online. Mengapa dapat terjadi ada berita yang kurang menarik?

Hal ini biasanya karena beritanya tersebut tentang seputar isu SARA. Masyarakat sekarang ini sudah lebih cerdas, maka mereka tak akan mudah terpancing dengan isu-isu SARA.

2. Aktual

Seperti yang dikatan tadi aktual artinya terbaru, up to date atau baru terjadi. Berita yang ada unsur ini pastinya akan cepat untuk mendapatkan tanggapan dari para pembaca atau pendengar. Bedakan saja dengan berita yang sudah beberapa hari yang lalu, pastinya orang-orang akan menganggapnya sudah basih. Apalagi untuk sekarang ini dimana informasi sangat cepat berubah.

3. Faktual

Yang harus kita tahu aktual dengan faktual berbeda, yang dimaksudkan dengan faktual adalah sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Jadi berita tidak si setting (dibuat-buat). Saat kita membuat atau menyajikan sebuah berita yang faktual maka orang akan senang hati untuk membaca atau mendengarkannya.

4. Penting dan Menambah Ilmu atau Wawasan

Yang selanjutnya hal penting dalam sebuah berita adalah berita tersebut penting dan juga dapat menambah ilmu atau wawasan. Umumnya berita yang akan disukai dan dinikmati oleh banyak orang adalah berita-berita yang penting. Selain hal itu berita yang dapat menambah pengetahuan dan juga wawasan tentunya.

Contoh Teks Berita

Selamat pagi pemirsa, sekarang ini saya berada di Jalan Wates Km. 20 Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo dan tepat berdiri di dekat tempat terjadinya kecelakaan.

Kecelakaan ini terjadi pada jam 08.00 tadi. Akibat kecelekaan ini terdapat 1 korban tewas dan 1 korban kritis. Untuk korban tewas dibawa ke rumah sakit daerah Wates untuk dilakukakan otopsi sedangkan korban kritis dibawa ke rumah sakit Raharja untuk dilakukan pengobatan. Akibat dari kecelakaan ini pula jalan Wates mengalami kemacetan parah, karena terhalang oleh badan truk yang tergulir di tengah jalan.

Untungnya petugas yang berwengan segera datang dan merekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan yang lebih parah lagi. Untuk itu bagi para pengendara yang akan melewati Jalan Wates Km. 20 ini untuk mencari alternatif jalan yang lain. Sementara itu bangkai truk yang menghalangi jalan kini sudah ditangani petugas dan segera disingkirkan dari tengah jalan agar jalan dapat dilalui oleh pengendara lain.

Beberapa saksi mata mengatakan bahwa motor dari utara  ingin menghindari jalan berlobang tapi tak bisa sehingga terjatuh tapi  dibelakangnya ada sebuah truk yang berusaha untuk menghindari pengendara motor. Akan tetapi tak bisa, akibatnya satu orang terlindas oleh truk dan truk yang berusaha banting setir ke kanan juga tak melihat bila ada bus yang datang dari arah berlawanan. Sehingga truk tersebut terguling menutup jalan, sedangkan bus banding stir ke kanan yang menghantam teras rumah seorang warga.

Demikian tadi informasi yang dapat kami sampaikan dari Jalan Wates KM. 20 Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo dengan saya Anggita. Selamat pagi.

Itu tadi contoh teks berita terkini atau aktual yang dapat kita pelajari. Untuk berita yang lain kita dapat mencari dan mempelajarinya langsung dari website berita yang populer. Demikian artikel pada kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi : marketingjoss

Cari Artikel di Sini


Langkah-Langkah Membuat Contoh Teks Berita Lengkap (Text dan Voice) | Admin | 4.5
%d bloggers like this: