Download 10 Contoh Surat yang Digunakan Sehari-hari

Surat adalah salah satu sarana untuk berkomunikasi agar dapat menyampaikan sebuah informasi dari pihak satu kepihak yang lain. Surat ini fungsinya dapat mencangkup untuk pemberitahuan, permintaan, dan sebagainya.

Surat ini juga dibedakan menjadi 2 yakni surat resmi dan tidak resmi. Surat resmi digunakan untuk kepentingan formal sedangkan surat tidak resmi hanya sekedar untuk saling memberi informasi secara pribadi.

Walaupun sekarang sudah zaman teknologi akan tetapi surat masih sangat diperlukan dan amat penting. Lihat saja pada perusahaan-perusahaan mereka akan menggunakan surat untuk saling bekerja sama dan menerima karyawan mereka dengan media surat bukan lewat aplikasi chatting.

Berikut ini ada 10 contoh surat baik itu resmi atau tidak:

1.Contoh Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang ditulis dengan tujuan hanya untuk bertukar informasi kepentingan pribadi saja. Surat ini biasanya ditulis untik orang-orang terdekat saja seperti keluarga, teman,kekasih dan sebagainya.

Dalam penulisan surat pribadi ini tidak perlu menggunakan EYD maupun bahasa yang formal. Kita bebas menulis dengan bahasa apapun.

Berikut ini contoh surat pribadi :

contoh-surat-pribadi

Contoh surat pribadi

Untuk lebih mengetahui lengkapnya lagi tentang surat pribadi silahkan klik disini.

2.Contoh Surat lamaran kerja

Surat Lamaran kerja adalah surat yang ditulis guna untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Karena bila kita ingin bekerja kita harus membuat surat lamaran kerja dan dikirimkan ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Berbeda dengan surat pribadi yang ditulis semau kita, surat lamaran kerja harus ditulis dengan bahasa formal dan harus memperhatiakn EYD yang baik.

Dan tidak lupa memperhatikan formatnya agar mendapatkan nilai plus dari perusahaan yang kita kirimkan surat lamaran kerja.

Berikut ini contoh surat lamaran kerja :

surat lamaran kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

Untuk lebih mengetahui lengkapnya lagi tentang surat lamaran kerja silahkan klik disini.

3.Contoh Surat Kuasa

Surat kuasa adalah surat yang dibuat guna memberikan suatu kuasa kepada pihak kedua untuk melakukan sesuatu atas perintah dari pihak pertama.

Surat kuasa ini biasanya ditulis karena seseorang yang berkepentingan tidak bisa malakukannya sendiri maka dia memberikan kuasa untuk dapat mewakilinya.

Surat kuasa ini penting dibuat agar si penerima kuasa dapat menjalankan anamah yang diberikan dengan lancar.

Berikut ini contoh surat kuasa :

Contoh surat kuasa

Contoh surat kuasa

Untuk lebih mengetahui lengkapnya lagi tentang surat kuasa silahkan klik disini.

4.Contoh Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja surat yang menerangkan bahwasannya seseorang tersebut sedang bekerja di suatu insatansi amaupun perusahaan dengan jabatan terentu yang telah dituliskan pada surat keterangannya.

Surat ini bisa dibuat atas permintaan pribadi dari karywannya maupun dari perusahaan sendiri.Biasanya bila surat dikeluarkan dari perusahaan maka akan menjadi bukti bahwa dia benar menjadi karyawannya sehingga tugas yang diberikan menjadi lancar.

Berikut ini contoh surat keterangan kerja :

Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja

Untuk lebih mengetahui lengkapnya lagi tentang surat keterangan kerja silahkan klik disini.

5.Contoh Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja adalah salah satu surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahan untuk diberikan kepada karyawan yang telah mengundurkan diri ataupun yang sudah habis masa baktinya untuk perusahaan.

Surat ini akan diberikan kepada seluruh karywan yang mengundurkan diri secara baik-baik bukan karena dipecattak terhormat oleh perusahaa.

Surat ini juga penting bila mana kita ingin melamar pekerjaan di perusahan lain karena sebagai bahan pertimbangan kita diterima atau tidak.

Berikut ini contoh surat pengalaman kerja :

Contoh surat pengalaman kerja

Contoh surat pengalaman kerja

Untuk lebih mengetahui lengkapnya lagi tentang surat pengalaman kerja silahkan klik disini.

6.Contoh Surat Tugas

Surat tugas adalah surat yang dikeluarkan oleh instansi tertentu untuk menyryuh atau memberikan tugas kepada salah satu atau tim dari karyawannya.

Surat ini juga termasuk dengan salah satu surat remis, karena dikeluarkan oleh badan resmi seperti perusahaan, instanti.

Surat ini juga menjadi salah satu bukti keabsahaan tugas yang dilaksanakan oleh karyawan. Dan akan memperlancar tugas bila mana berhubungan dengan lembaga lain terkait dengan tugas dari karyawan tersebut.

Berikut ini contoh surat tugas :

Contoh surat tugas

Contoh surat tugas

Untuk lebih mengetahui lengkapnya lagi tentang surat tugas silahkan klik disini.

7.Contoh Surat Resign

Surat resign adalah surat yang menyatakan seseorang akan mengundurkan diri dari pekerjaan yang saat ini dijabat. Surat ini menjadi salah satu bukti bahwa kita tidak dipecat secara tidak terhormat dan seseuai dengan prosedur yang berlaku.

Ada banyak penyebab seseorang ingin resign dari sebuah perusahaan seperti ingin mencari pekerjaan yang lebih bagus, kesahatan, keluarga, dan sebaginya.

Bila mana kita ingin resign lebih baik selesaikan dulu pekerjaan yang sedang kita kerjakan agar resign kita mendapat pandangan negatif.

Berikut ini contoh surat resign :

contoh surat resign

Contoh surat resign ke perusahaan

Untuk lebih mengetahui lengkapnya lagi tentang surat resign silahkan klik disini.

8.Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah adalah surat yang dibuat oleh orang tua/wali dari siswa yang bersangkutan untuk memintakan izin kepada pihak sekolah karena tidak dapat masuk sekolah.

Surat ini dibuat agar pihak sekolah tahu bahwa siswa tersebut tidak masuk karena sebab yang jelas. Walaupun surat ini termasuk dengan surat pribadi tapi dalam menulisnya kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Berikut ini contoh surat izin tidak masuk sekolah :

Untuk lebih mengetahui lengkapnya lagi tentang surat izin tidak masuk sekolah silahkan klik disini.

9.Contoh Surat Penawaran Barang

Surat penawarn barang adalah surat yang dibuat suatu perusahaan untuk kepentingan menawarkan barang produksinya ke pihak lain. Surat ini menjadi salah satu awal dari perjanjian kerjasama antar pihak yang memesan barang denga suplier barang.

Surat ini juga punyafungsi sebagai alat promosi barang kita kepada pihak yang sedang mencari ataupun membutuhkan barang-barang yang kita punya atau yang kita produksi.

Berikut ini contoh surat penawaran barang:

Contoh surat penawaran barang

Contoh surat penawaran barang

Untuk lebih mengetahui lengkapnya lagi tentang surat penawaran barang silahkan klik disini.

10.Contoh Surat Perjanjian Jual Beli

Surat perjanjian jual beli adalah surat yang ditulis dengan kesepakatan pihak penjual dan pembeli untuk menjual-membeli suatu barang. Surat ini akan memuat semua poin-poin yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak yang mana sifatnya wajib dilakukan.

Bila ada salah satu yang dilanggar maka dapat di bawa kejalur hukum. Hal ini biasa terjadi karena surat jual beli ditandangani diatas meterai yang cukup berkekuatan hukum. Dan terkadang ada pihak ketiga yang terlibat sebagi saksi jual beli tersebut.

Berikut ini contoh surat perjanjian jual beli:

Untuk lebih mengetahui lengkapnya lagi tentang surat perjanjian jual beli silahkan klik disini.

Nah itu tadi 10 contoh surat baik itu surat resmi maupun tidak resmi. Sebenarnya masih banyak contoh surat-surat yang lain. Untuk baca terus artikel dari, terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Download 10 Contoh Surat yang Digunakan Sehari-hari | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: