Contoh Surat Keterangan Kerja

Di jaman sekarang hampir setiap orang memiliki rekening bank. Salah satu alasan mengapa banyak orang membuka rekening di bank adalah mencari sebuah sarana untuk bertransaksi dengan mudah dan praktis. Meskipun terkadang sudah memiliki rekening di suatu bank, karena alasan satu dan yang lainnya anda harus membuka rekening di bank lain, misalnya karena pindah kerja dan tempat kerja anda yang baru mewajibkan anda untuk memiliki rekening di bank bank tertentu.

Jika kebetulan anda bekerja di sebuah kota yang berbeda dari tempat anda berdomisili atau alamat KTP anda berbeda kota dengan tempat kantor anda berada, lalu anda harus membuka rekening di bank yang baru, maka anda bisa pulang ke kampung halaman untuk mengurus pembukuan rekening baru tersebut. Namun, jika anda mempunyai jadwal yang padat dan tidak sempat mengurus hal tersebut, maka anda bisa membuka rekening di bank yang berada di kota tempat anda bekerja.

Ada persyaratan dokumen yang ditetapkan oleh pihak bank, baik itu bank negeri maupun bank swasta, untuk membuka rekening baru. Untuk lebih memberikan kepastian, anda bisa langsung menanyakan pada customer service di bank yang bersangkutan. Namun satu hal yang pasti adalah dibutuhkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berikut Surat Keterangan Domisili atau Surat Keterangan Kerja jika anda tidak berasal dari daerah tempat rekening akan dibuka. Surat Keterangan Kerja ini biasanya akan diminta jika anda membuka rekening atas permintaan perusahaan atau bekerja di sebuah perusahaan yang dekat dengan cabang bank yang bersangkutan. Surat Keterangan Kerja ini berfungsi sebagai pengantar dari tempat kerja anda yang membuktikan bahwa anda benar benar bekerja di perusahaan tersebut.

Bagi anda yang belum pernah membuat sendiri Surat Keterangan Kerja dan kantor anda mengharuskan anda untuk membuat sendiri draft surat keterangan tersebut untuk disahkan oleh pihak perusahaan, maka berikut ini kami berikan contoh format Surat Keterangan Kerja yang bisa menjadi patokan bagi anda yang membutuhkan. Silahkan disimak.

Contoh 1 :

SURAT KETERANGAN KERJA

 

Kepada
Yth. Kepala Cabang Bank {Nama Bank}
Cabang: {Nama cabang tempat Anda hendak membuka rekening}

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                  : {Nama pejabat penanda tangan, biasanya Manajer HRD}
Jabatan                 : {Jabatan penanda tangan}

Menerangkan bahwa:

Nama                    : {Nama Anda}
Jabatan                  : {Jabatan Anda}
No. KTP                 : {Nomor KTP Anda}
Alamat                    : {Alamat di KTP Anda}

benar bekerja di perusahaan kami:

Nama Perusahaan   : {Nama Perusahaan}
Alamat                    : {Alamat Perusahaan}

Demikian Surat Keterangan Kerja ini dibuat dan ditandatangani sebagai syarat untuk pembukaan rekening Bank {Nama Bank}.

 

{Nama kota}, {Tanggal surat dibuat}

({Nama pejabat penanda tangan})
{Jabatan}

 

Contoh 2 :

SURAT KETERANGAN KERJA

 

No.       : {Nomor surat}
Hal        : Surat Keterangan Kerja guna pembukaan rekening bank
Lamp.   : –

 

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                  : {Nama pejabat penanda tangan, biasanya Manajer SDM}
Jabatan                 : {Jabatan penanda tangan}

Menyatakan bahwa

Nama                    : {Nama Anda}
No. KTP                 : {Nomor KTP Anda}
Alamat                    : {Alamat Anda}

adalah benar karyawan PT. {nama perusahaan} sejak tahun {tahun mulai bekerja} dan saat ini menduduki posisi sebagai {nama posisi}.

Demikian Surat Keterangan Kerja ini kami buat guna keperluan pembukaan rekening di {nama bank dan nama cabang} agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

{Nama kota}, {Tanggal surat dibuat}
{Nama Perusahaan}

{Nama pejabat penanda tangan}
{Jabatan}


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: