10 Contoh Laporan Keuangan Lengkap

Contoh Laporan Keuangan

Contoh Laporan Keuangan Akuntansi– Laporan keuangan atau biasa disebut dengan financial report adalah salah satu elemen paling penting di setiap perusahaan baik perusahaan kecil sampai perusahaan besar.

Karena laporan keuangan inilah yang dijadikan pijakan penting untuk mengukur kesehatan perusahaan. Lantas apa itu laporan keuangan atau financial report?

Definisi Laporan Keuangan

Pengertian laporan keuangan adalah tahap terakhir dalam proses / siklus akuntansi. Pada perusahaan kecil laporan keuangan cukup atas laporan laba rugi, laporan arus kas dan neraca, serta laporan perubahan modal. Dalam praktiknya fungsi laporan keuangan adalah untuk dijadikan dasar bagi pihak manajemen dalam membuat keputusan strategis.

Lebih jelasnya berikut ini adalah 10 contoh laporan keuangan yang saya kutip dari zahiraccounting.com :

1. Contoh Laporan Keuangan Grafik Analisa

Yang pertama adalah laporan keuangan grafik analisa. Dalam laporan ini semua data disajikan dalam bentuk grafik. Metode ini bisa diterapkan untuk laporan laba rugi, neraca dan lainnya.

Kelebihan laporan keuangan grafik analisa adalah tampilannya yang menarik, sehingga memudahkan untuk menganalisa data. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual.

Contoh Laporan Keuangan – Grafik Analisa

Contoh Laporan Keuangan – Grafik Analisa

2. Contoh Laporan Keuangan – Laba Rugi

Laporan Keuangan Laba-Rugi adalah laporan yang menunjukkan / menginformasikan tentang pendapatan / pemasukan serta pengeluaran / beban suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu. Jika pendapatan / pemasukan lebih besar maka perusahaan dikatakan mendapat untung atau laba, jika sebaliknya maka perusahaan mendapat kerugian.

Dalam menulis laporan laba rugi ada dua cara yaitu single step (cara langsung) dan multiple step (cara bertahap). Dalam sistem single step semua pemasukan dijumlahkan dari awal sampai akhir dalam satu kelompok tertentu kemudian dikurangkan dengan beban atau pengeluaran perusahaan dalam periode waktu tertentu yang sama dengan periode pemasukan.

Sedangkan multiple step kelompok pendapatan dipisah menjadi dua bagian, yaitu pendapatan operasional dan pendapatan nonoperasional. Pendapatan operasional adalah pendapatan yang berasal dari kegiatan pokok perusahaan sedangkan pendapatan nonoperasional adalah pendapatan yang berasal dari luar kegiatan pokok / usaha perusahaan.

Contoh Laporan Keuangan – Laba Rugi

Contoh Laporan Keuangan – Laba Rugi

3. Contoh Laporan Keuangan – Laba Rugi 12 Bulan

Laporan laba-rugi 12 bulan ini sebetulnya sama dengan laporan laba rugi, cuma dalam hal ini diberikan contoh laporan laba rugi dalam kurun waktu satu tahun atau 12 bulan.

Contoh Laporan – Laba Rugi 12 Bulan

Contoh Laporan – Laba Rugi 12 Bulan

4. Contoh Laporan Keuangan – Neracca

Laporan neraca adalah laporan keuangan neraca adalah laporan keuangan yang berisikan laporan asset/harta, utang / kewajiban, serta modalcapital suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Contoh Laporan – Neraca

Contoh Laporan – Neraca

5. Contoh Laporan Keuangan – Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang berisikan informasi keuangan keluar-masuk kas suatu perusahaan/organisasi. (baca : laporan arus kas)

Contoh Laporan Arus Kas

Contoh Laporan Arus Kas

6. Contoh Laporan Keuangan – Mutasi Barang Per Gudang

Laporan mutasi barang per gudang adalah laporan yang memuat informasi tentang arus barang yang keluar dan masuk dalam satu gudang tertentu. Serta untuk melihat / mengecek saldo awal dan akhir dalam persediaan serta untuk mengetahui jumlah barang yang tersedia.

Contoh Laporan Mutasi Barang Per Gudang

Contoh Laporan Mutasi Barang Per Gudang

7. Contoh Laporan Keuangan – Daftar Barang

Laporan daftar barang adalah laporan yang memuat informasi lengkap mengenai semua barang persediaan.

Contoh Laporan Daftar Barang

Contoh Laporan Daftar Barang

8. Contoh Laporan Keuangan – General Ledge

Laporan general ledger adalah laporan yang berisikan pencatatan semua transaksi yang berasal dari postingan jurnal dalam kurun wakru / periode tertentu.

Contoh Laporan General Ledger

Contoh Laporan General Ledger

9. Contoh Laporan Jurnal

Laporan keuangan Jurnal adalah laporan yang memuat informasi mengenai aktivitas transaksi keuangan yang dicatat dengan detail secara kronologis.

Contoh Jurnal

Contoh Jurnal

10. Contoh Laporan Keuangan Buku Besar

Laporan buku besar adalah laporan yang memuat semua informasi pencatatan transaksi dari hasil postingan jurnal dalam periode waktu tertentu.

Contoh Buku Besar

Contoh Buku Besar

Itu tadi adalah 10 contoh laporan keuangan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membuat laporan keuangan.

Cari Artikel di Sini


10 Contoh Laporan Keuangan Lengkap | Admin | 4.5
%d bloggers like this: