7 Contoh Advertisement yang Efektif dan Syarat Iklan yang Baik

Dunia agensi periklanan memang sedang bergoncang, bagaimana tidak? Kita sekarang hidup di era digital dimana semua aspek kehidupan kita juga berubah tak terkecuali dengan dunia agensi periklanan.

Kalau orang jaman dulu mau ngiklan ya lewat radio, koran, majalah, brosur, dll. Tapi sekarang? Ada banyak sekali media-media digital yang jauh lebih murah dan efektif untuk beriklan, misalkan di website, google ataupun facebook.

Iklan ini memang bisa dikatakan sebagai “nyawa” bagi para pemain industri media, karena tanpa iklan media seperti televisi tidak akan bisa bertahan lama. Bahkan televisi milik negarapun TVRI juga, tetapi kalau di TVRI lebih banyak iklan layanan masyarakat yang berisikan edukasi-edukasi untuk masyarakat umum.

Point-Point penting dalam Advertisment

Sebelum kita melihat beberapa contoh advertisement, akan kami jelaskan dulu point-point penting dalam pembuatan iklan :

1. Singkat /To The Point

Sebuah advertisement yang baik dan bagus, umumnya mempunyai kesederhanaan, tapi menusuk atau fokus terhadap yang diiklankan. Sebagai contoh silahkan kita perhatikan iklan coca-cola. Mereka akan membuat iklan dengan begitu sederhana, tapi dengan tujuan yang sangat jelas.

2. Jelas

Suatu iklan pastinya akan menunjukkan kepada suatu hal yang ingin diberitahukan. Untuk bagian fokus utamanya umumnya akan disebutkan secera jelas. Perhatikan saja pada iklan shampo anti ketombe.

Bila mereka fokus kepada “ketombe” maka hal-hal yang menyangkut kedalam “ketombe” inilah yang akan disorot. Padahal ada kemungkinan selain “ketombe” tersebut, masih ada manfaat atau hal positif lainnya dari produk tersebut. Misalkan saja keindahan rambut.

3. Menarik

Hal ini juga sangat penting dalam sebuah iklan. Bila dahulu kita melihat iklan dengan desain atau tampilan yang sederhana ataupun simple, akan tetapi tidak dengan sekarang ini. Untuk sekarang iklan harus dibuat semenarik mungkin.

Tujuannya sangatlah jelas, bahwa dengan tampilan yang manarik, dengan komposisi warna yang kuat serta adanya adegan-adegan (gambar) tertentu akan membuat orang sangat betah melihatnya. Hal ini juga akan mempengaruhi pikiran atau memberikan sugesti tersendiri bagi orang.

Kita dapat melihat dan mempelajari iklan di televisi, terutama pada iklan rokok. Umunya iklan rokok dibuat agak menantang dan menarik sekali.

Terdapat beberapa bagian lagi dalam sebuah iklan, akan tetapi ketiga poin itulah yang paling penting. Dengan adanya ketiga poin tersebut, maka iklan yang akan kita sampai kepada pendengar maupun pembaca dengan sangat baik.

Contoh -Contoh Advertisement yang Menarik

Berikut ini beberapa contoh advertisement yang menarik :

Contoh advertisement 1

Contoh advertisement 1

Perhatikan iklan di atas, dan kamu bandingkan dengan iklan yang ada dibawah ini :

Contoh advertisement 2

Contoh advertisement 2

Apa yang dapat kita simpulkan? Iklan yang di bawah lebih manarik bukan?

Contoh advertising bahasa Inggris diatas emang lebih sederhana, akan tetapi kita tidak mengerti apa yang dimaksudanya. Berbeda dengan advertisement di bawah.

Bandingkan pula dengan contoh advertisement text text berikut ini :

Contoh advertisement 3

Contoh advertisement 3

Dari iklan diatas, kita akan mengetahui dengan jelas apa yang dimaksudnya. Iklannya sangatlah jelas, singkat dan tertuju pada les kursus bahasa Inggris dalam 3 bulan kita akan dapat menguasai dan bisa berbahasa Inggris.

Contoh iklan advertisement produk dalam bahasa Inggris

Contoh advertisement 4

Contoh advertisement 4

Dari contoh advertisement tersebut maka akan sangat jelas menyebutkan bahwa Blibli.com menjual kamera dengan beragam merk seperti Nikon, Sony, Pentax, Canon, serta Samsung. Terdapat free ongkir (ongkos kirim) dan juga dapat dibayar dengan kartu kredit dengan cicilan 0%. Ikaln tersebut sangatlah jelas, tepay dan mudah untuk dipahami.

Contoh Advertisement Lowongan Pekerjaan

Contoh advertisement 5

Contoh advertisement 5

Berbeda dengan iklan yang lain, bila iklan lowongan pekerjaan  umumnya akan lebih terperinci atau jelas. Perhatikan pada jabatan yang diminta, kemudian jaga pada syarat-syaratnya, Jadi akan ada sedikit perbedaan pada iklan produk dengan lowongan kerja.

Contoh Advertisement Iklan untuk Perumahan

Contoh advertisement 56

Contoh advertisement 56

Iklan perumahan juga akan sedikit berbeda dari iklan yang lain. Bedanya adalah pada iklan perumahan PASTI ada detailnya. Mengapa demikian? Karena dalam produk yang dijual akan berharga lumayan mahal.

Rumah bukanlah barang dengan harga yang hanya beberapa juta saja, oleh sebab itu butuh kepercayaan dari konsumen untuk memahami iklan perumahan, entah itu spesifiknya ataupun letak serta batas-batas dari rumah tersebut.

Iklan Hanya Gambar Saja

Pernahkah Anda melihat iklan yang hanya menunjukkan gambar saja? Umumnya iklan jenis seperti ini membutuhkan pemahaman yang lebih. Alasan dari pembuatan iklan bergambar ini, suapay berfokus kepada pembaca dan pendengar dapat lebih banyak pada maksud serta tujuan iklan tersebut. Sampai saat ini, iklan jenis ini masih banyak dipergunakan dan dibuat oleh beberapa pihak. Dan iklan ini sangatlah efektif menarik perhatian dari pembaca.

Contoh Iklan Hotel dalam Bahasa Inggris

Sering banyak orang yang salah paham. Oleh sebab itu kami akan memberikan salah satu iklan hotel dalam bahasa Inggris :

Contoh advertisement 7

Contoh advertisement 7

Itu tadi salah satu jenis contoh iklan hotel dalam bahasa Inggris.

Contoh Iklan Lowongan Kerja Bahasa Inggris

Contoh advertisement 8

Contoh advertisement 8

Dalam iklan tersebut adalah salah satu jenis iklan lowongan kerja dengan dalam bahasa Inggris, tapi dalam bentuk iklan baris. Umumnya di pasang dalam koran-koran.

Contoh Advertisement Berbahasa Inggris

Contoh advertisement 9

Contoh advertisement 9

Dalam iklan diatas adalah contoh advertisement perumahan dalam bahasa Inggris. Silahkan kita contoh. Pastikan gambarnya benar-benr bagus dan sesuai dengan kenyataan. Dalam iklan perumahan umumnya mempunyai kesan yang premium dikarenakan harga rumah tidaklah murah.

Dari beberapa contoh advertisement tadi, maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa konsep iklan adalah sudah jelas, mempunyai kejelasan, sederhana tapi juga terfokus pad hal yang ditawarkan.

Sementara untuk bentuk maupun jenis iklannya sendiri bisa berbentuk tulisan, gambar maupun kombinasi gambar dan tulisan. Bila iklan kita ingin lebih profesional lagi, maka iklan kita tersbeut dapat menggunakan media video, serta penayangannya menggunakan media televisi.

Semoga dengan beberapa contoh advertisement tadi akan menambah pengetahuan serta wawasan bagi Anda semua untuk membuat iklan yang baik dalam menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Sumber  : marketingjoss

Cari Artikel di Sini


7 Contoh Advertisement yang Efektif dan Syarat Iklan yang Baik | Admin | 4.5
%d bloggers like this: