CodeSaya.COM – Tempat Belajar Ngoding Online Gratis di Indonesia

Belajar menjadi seorang programer terkadang akan sangat terasa membosankan. Hal ini karena dalam belajarnya boleh dibilang monoton, tapi seiring berjalannya waktu belajar programing menjadi sangat menyenangkan dan mudah dipahami.

Apalagi bila ditambah penggunaan teknologi informasi yang menjadikan banyak orang minat dengan pemrograman. Tumbuhnya minat belajar pemrograman ini dibaca betul oleh Ganis Zulfa Santoso, untuk menghadirkan sebuah portal untuk belajar pemorgraman yang diberi nama CodeSaya (codesaya.com).

Tentang CodeSaya

CodeSaya ini sudah digarap oleh Ganis Zulfa Santoso sejak tahun 2013. Dikarenakan banyak orang yang minat dan banyak dibutuhkannya ilmu permograman maka Ganis mulai serius mewujudkan portal belajar berplatform web tersebut. Untuk mulanya CodeSaya hanya menyuguhkan materi dasar tentang JavaScript, tapi sekarang ini sudah ada materi PHP dan Teori Penyelesaian Masalah.

Metode Pembelajaran di CodeSaya

Untuk materinya sendiri akan dibahas secara mendalam, mulai dari yang dasar sampai level lanjut. Yang menarik disini CodeSaya menggunakan model praktik, sehingga kita akan langsung mencoba menuliskan kode dan mengikuti contoh serta instruksi yang telah ada. CodeSaya ini menggunakan sistem gaming, sehingga bila kita menyelesaikan soal dengan jumlah tertentu akan mendapatkan mendali dan peringkat tertinggi akan dirilis secara mingguan. Sekarang ini penggunanya sendiri telah sekitar 5.000 pengguna.

Perkembangan CodeSaya

Untuk perkembangan statistik penggunanya mulanya perhari hanya ada pertumbuhan pengguna maksimal 5 orang, tapi sekerang ini sudah tumbuh pesar bahkan bisa mencapai 50 pendaftar baru perharinya. Menurut infomasi saat ini CodeSaya punya lebih dari 290.000 code dari pengguna terdaftar yang disimpan di CodeSaya. Tapi bila berbicara jumlah keseluruhan code yang diterima CodeSaya lebih dari itu, pasalnya tak semua code yang terkirim di simpan. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna merasa nyaman dengan menggunakan CodeSaya.

Untuk materinya dapat dipastikan selalu gratis. Karena pada dasarnya CodeSaya punya visi untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia untuk belajar pemrogaman secara gratis. Konsep ini mirip dengan konsep platform seperti CodeAcademy maupun CodeSchool. Karena banyak orang Indonesia yang ingin belajar pemrograman terkendala dengan situs-situs asing tadi maka hal itulah yang melatar belakangi hadirnya CodeSaya.

Monetisasi yang Dilakukan CodeSaya

Untuk monetisasi yang digunakan hanya bersumber pada iklan-iklan kecil saja. Tapi kita tak perlu khawatir karena iklan tersebut tak akan mengganggu kita. Tapi untuk kedepannya CodeSaya akan menjual sertifikat untuk memaksimalkan pendapatanya. Yang jelas untuk belajarnya akan tetap gratis, hanya ketika kita ingin punya sertifikat yang disediakan CodeSaya kita harus membayar. Tentunya kita akan melawati berbagai test terlebih dahulu agar bisa memiliki sertifikat tersebut.

Bahkan kedepannya CodeSaya akan membuka layanan untuk korporasi. Nah ini membuat CodeSaya semakin digemari, karena secara tak langsung CodeSaya akan menghubungkan para pembuat code dengan perusahaan yang membutuhkan.

Ganis adalah lulusan dari Chosun University ini diliputi dengan rasa optimis dengan mengatakan bahwa untuk visi kedepannya ia ingin pengguna CodeSay ini suka belajar di platformnya dan benar-benar merasakan manfaatnya. Bahkan dia juga berkeingin CodeSaya menjadi platform terbaik yang ada di Indonesia untuk belajar pemorgraman dan coding. Ia juga yakin bahwa CodeSaya ini bisa membantu orang-orang yang ingin belajar pemrograman dengan mudah serta menyenangkan tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk bersekolah di universitas.

Cari Artikel di Sini


CodeSaya.COM – Tempat Belajar Ngoding Online Gratis di Indonesia | Admin | 4.5
%d bloggers like this: