Pengertian Permalink dan Cara Menggantinya di WordPress

Salah satu aspek paling penting dalam Search Engine Optimization (SEO) penggunaan permalink yang benar. Permalink ini berhubungn dengan URL dari setiap artikel yang kita publikasikan.

Apa sih permalink itu? Bagi yang belum tahu, permalink adalah struktur khusus dalam pembentukan suatu URL website. Struktur permalink ini bisa berarti sebuah identitas khusus bagi website untuk menghubungkan antar konten, baik di post , page ataupun kategori.

Contohnya begini, URL website ini adalah rocketmanajemen.com di website ini terdapat ratusan konten baik dalam bentuk artikel, halaman ataupun kategori artikel. Nah, ingat URL suatu website entah itu url utama ataupun kontennya itu bersifat unik. Artinya, tidak ada yang boleh sama.

Kalau sama maka akan bentrok dan mengakibatkan halaman error, nah untuk membuat url domain yang unik ini maka dibutuhkan sebuah identitas khusus yang disebut dengan permalink.

Baca Juga : Cara Memilih Domain untuk Toko Online

Sudah mulai paham kan dengan alur kerjanya? Domain atau alamat website itu unik, nah alamat artikel website tersebut juga harus unik jadi tidak akan terjadi bentrok.

Lantas bagaimana cara mengganti permalink website tersebut? Kabar baiknya, jika Anda menggunakan wordpress maka telah disediakan khusus oleh developer bagi kita jika ingin mengganti permalink website sesuka hati.

Caranya seperti biasa, Anda harus login dulu di dashboard wp-admin Anda. Setelah itu pergi ke menu settings -> permalink.

Silahkan pilih struktur permalink yang Anda inginkan

Silahkan pilih struktur permalink yang Anda inginkan

Untuk penjelasannya sebagai berikut :
%year%

Tahun publikasi artikel/halaman, 4 digit misalnya 2012.

 %monthnum%

Bulan saat artikel di publish, misalkan Januari menjadi 01.

%day%

Tanggal ketika artikel itu di publish, misalkan 20.

 %hour%

Jam ketika artikel di publish, misalkan 08.

 %minute%

Menit ketika artikel di publikasikan, misalnya 43.

 %second%

Detik ketika artikel tersebut dipublikasikan, misalnya 33.

%post_id%

ID unik setiap artikel, jadi setiap dipublikasikan artikel tersebut pasti memiliki ID Unik dimana ID tersebut tidak ada yang sama, misalnya example 423.

%postname%

Diambil dari judul artikel, misalnya judul artikel “Pengertian Permalink dan Cara Menggantinya di WordPress” maka jika menggunakan %postname% default menjadi “Pengertian-Permalink-dan-Cara-Menggantinya-di-Wordpress“.

%category%

Menampilkan nama kategori artikel tersebut, misalkan artikel ini memiliki kategori wordpress maka akan tampil di url tersebut kata wordpress.

 %author%

Menampilkan nama penulis di URL konten.

Nah itu tadi adalah cara mudah mengganti permalink di wordpress. Saran saya buatlah permalink yang mudah diingat yaitu %postname% saja. Kecuali, website dengan update artikel yang banyak seperti portal berita yang bisa puluhan hingga ratusan artikel per harinya. Sehingga perlu untuk membuat permalink yang lebih kompleks.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: