Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Mungkin saat ini BPJS Kesehatan menjadi suatu hal yang amat poluler. Sejak diluncurukan oleh pemerintah beberapa tahun lalu kini sudah banyak sekali yang menggunakan fasilitas ini. Pemerintah sebagai pihak yang menjamin terselengganya pun benar-benar memperhatikan kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan yang diberikan BPJS Keshatan. Hal ini bertujuan untuk masyarakat agar lebih mendapatkan layanan kesehatan yang terjangkau dan lebih cepat.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Ketika kita menjadi anggota dari BPJS Kesahtan ini, maka kita akan diwajibkan membayar iuran tiap bulannya. Untuk jumlahnya tergantung dengan layanan yang kita gunakan. Untuk itu pastinya kita akan membutuhkan kemudahan untuk melakukan pengecekkan tagihan yang harus kita bayarkan tiap bulannya. Nah ada beberapa kemudahan dalam pengecekkan ini, seperti :

1. Melakukan Pengecekkan Via Website Resmi BPJS

Ini menjadi solusi yang paling tepat pada saat kita menggunakan media internet. Untuk websitenya yakni bpjs-kesehatan.go.id dan dengan beberapa langkah berikut ini :

  • Setalah masuk ke website BPJS, pada menu utama silahkan pilih “Cek Pembayaran Iuran”.
  • Setelahnya kita akan disuruh memasukkan Nomor Kartu BPJS dan Tanggal Lahir kita sebagai pemegang dari kartu BPJS.
  • Selanjutnya kita akan mengetikan angka validasi yang telah ada disana. Kemudian klik “Cek”. Maka kan muncul rincian pembayaran, meliputi pembayaran yang telah dan belum dibayarkan.

2. Melakukan Pengecekkan Dengan SMS Gateway

Kita juga diberikan kemudahan pengecekkan melalui sms. Layanan ini dapat kita akses dengan jaringan seluler di nomor 0877 5500 400. Disini akan ada berbagai informasi termasuk juga tagihan yang harus dibayarkan dan juga denda yang dikenakan (bila kita telat dalam pembayaran pada bulan-bulan sebelumnya). Untuk format pengecekkannya adalah sebagai berikut ini :

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS

Kirim ke 087775500400.

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan

Bukan hanya soal pengecekan tagihan yang diberikan kemudahan, tapi juga soal pembayaran iuran bulannya. Berbagai fasilitas telah diberikan agar para pengguna kartu BPJS Kesehatan ini merasa lebih mudah dan cepat dalam melakukan pembayaran iuran bulanan. Berikut ini beberapa tempat untuk melakukan pembayaran iuran (tagihan) bulanan kartu BPJS KeSehatan.

1. Kantor BPJS Kesehatan

Bila kita mempunyai waktu yang senggang dan dekat dengan kantor BPJS Kesehatan maka kita dapat langsung membayarkannya kesana.

2. Kantor POS

Bahkan pihak BPJS juga telah mempertimbangkan kemudahan bagi pengguna BPJS Kesehatan yang tinggal di daerah. Untuk itu pihak BPJS Kesehatan telah bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia yang tentunya sangat memudahkan para pengguna kartu BPJS Kesehatan.

3. ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri

Bila kita tempat kita jauh dengan kantor BPJS Kesahatan maka yang satu ini menjadi solusinya. Saat ini BPJS Kesehatan telah bekerjasama dengan ke-3 bank tersebut untuk memudahkan kita dalam pembayaran tagihan bulan kartu BPJS.

4. Loket Pembayaran Multitagihan

Mungkin kita sudah tak asing lagi dengan loket pembayaran multitagihan ini. Pasalnya loket yang satu ini biasanya digunakan untuk layanan pembayaran listrik dan juga telepon. Tapi sekarang ini sebagian loket ini telah menyediakan layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Tapi tak semua loket telah menyediakannya, untuk itu pastikan lebih dahulu dengan bertanya.

5. Indomart dan Alfamart

Kita juga dapat membayarkan tagihan bulanan kartu BPJS Kesehatan sambil berbelanja. Pasalnya BPJS Kesehatan juga telah bekerjasama dengan Indomart dan juga Alfamart untuk membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan.

Cermati Lalu Pilih Yang Mudah Dan Paling Tepat

Untuk kita pengguna dari kartu BPJS Kesehatan saat sudah banyak diberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi terkait dengan Kartu BPJS Kesehatan. Dan juga sudah makin banyak fasilitas untuk pengecekan dan juga pembayaran tagihan kartu BPJS Kesehatan. Untuk itu apa lagi yang kita tunggu? Mari menggunakan BPJS Kesehatan dan nikmati segala fasilitasnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: