5 Cara Mudah Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Melalui peraturan barunya pemerintah telah membuat UU tentang ketenagakerjaan, yaitu setiap pekerja di Indonesia wajib mengikuti asuransi BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan untuk memberikan backup/cover dana jika terjadi kecelakaan saat bekerja.

Pada dasarnya dengan adanya BPJS ini untuk melindungi pekerja / pegawai dari berbagai resiko yang ada saat bekerja. Untuk BPJS Ketenagakerjaan sendiri ada beberapa program unggulan yaitu program hari tua, program jaminan kerja, program jaminan pensiun, dan program jaminan kematian.

Selengkapnya baca : Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan dan Jenis-Jenis Programnya

Jadi, jika Anda karyawan / bos (pemberi kerja) maka Anda harus mendaftarkan diri / pegawai Anda di BPJS ini. Karena ini adalah program wajib dari pemerintah Indonesia. Karena tujuannya baik, untuk memberikan jaminan keselamatan saat bekerja, bahkan saat hari tua nanti.

Bagaimana sistem pembayaran dan kerja BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS ketenagakerjaan ini membebankan beaya iuran tiap bulannya kepada anggotanya (premi) yang dibayarkan oleh pegawai dan perusahaannya dengan biaya totalnya 5,7% dengan rincian perusahaan 3,7% dan 2% pegawainya.

Selama ini, para anggotanya untuk mengecek saldo BPJS harus ke kantor BPJS dan menerima print out (seperti buku mutasi) dari BPJS. Tetapi, sekarang untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lebih mudah, kita bisa menggunakan SMS ataupun internet. Untuk lebih jelasnya berikut ini tutorial cek saldo bpjs ketenagakerjaan :

1. Cara manual cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantornya

Cek Manual Saldo BPJS Ketengakerjaan

Salah satu cara paling mudah adalah datang langsung ke kantor bpjs

Sama seperti kita menabung di bank, sebelum adanya ATM / internet banking / sms banking untuk mengecek berapa jumlah saldo yang kita miliki kita bisa ke kantor bank terdekat. Nah, di BPJS Ketenagakerjaanpun juga sama.

Cara yang terkesan “jadul” ini salah satu cara yang paling gampang, yaitu dengan datang ke kantor BPJS terdekat kemudian menanyakan jumlah saldo Anda. Setelah itu diberikan print/cetakan struk berisikan saldo BPJS Anda.

Baca juga : 8 Peluang Bisnis Online tanpa Modal Besar yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Cara ini mungkin masih menjadi cara utama yang dipakai oleh orang-orang tua, yang bingung menggunakan smartphone atau internet. Jadi, tidak mau ribet. Meskipun begitu, cara ini juga efektif jika kita mengalami suatu kendala, jadi selain bertanya saldo kita juga bisa berinteraksi dengan petugas BPJSnya.

2. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat ATM BNI

Cek Saldo BPJS Melalui ATM BNI

Cek saldo bpjs ketenagakerjaan sekarang lebih mudah, melalui ATM Bank BNI

Saat ini bank BNI telah bekerja sama dengan BPJS ketenagakerjaan, sehingga kita bisa mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan melalui ATM Bank BNI terdekat.

Caranyapun cukup mudah, Anda tinggal datang saja ke bank BNI untuk mengecek saldo BPJS terbaru Anda. Atau Anda juga bisa melalui ATM Bank BNI. Dengan cara ini kita bisa melihat saldo BPJS secara realtime kapanpun kita mau. Caranya dengan mencari menu cek saldo BPJS dan memasukkan ID BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Tapi, perlu diingat bahwa kita hanya bisa mengecek saldonya saja, dan tidak bisa untuk mencairkan dana BPJS kita.

3. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Website (Online)

Cek Online Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu cara paling gampang adalah mengeceknya langsung di website resmi BPJS Ketenagakerjaan

Seperti industri perbankan yang sudah memanfaatkan internet untuk transaksi keuangan. BPJS Ketenagakerjaanpun tidak mau kalah dengan meluncurkan aplikasi berbasis website untuk meningkatkan pelayanan kepada para anggotanya.

Baca juga : 50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan

Cara mengecek saldonyapun cukup mudah sama seperti kita menggunakan internet banking, untuk lebih detailnya berikut ini cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan dari internet :

  1. Pastikan jika Anda sudah tahu nomor ID/KPJ Anda, jika tidak lihat di kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu kunjungi website bpjs ketenagakerjaan yaitu : https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Jika anda pegawai maka pilih tenaga kerja, jika Anda pengusaha maka pilih perusahaan.
  2. Disana ada form untuk memasukkan ID dan password. Anda harus memiliki ID BPJS dan password agar bisa masuk. Jika belum registrasi maka klik registrasi
  3. Isilah formulir-formulir yang ada sesuai dengan data diri Anda dengan benar dan lengkap.
  4. Kemudian klik setuju jika sudah selesai mengisi form pada kolom ketentutan penggunaan layanan
  5. Terakhir klik daftarkan atau submit data

Setelah Anda mendaftar maka akan ada konfirmasi di email atau SMS sesuai dengan alamat/nomor yang Anda isi ketika registrasi. Setelah itu silahkan masukkan kode verifikasi tersebut supaya user ID dan password Anda bisa digunakan. Jika sudah maka Anda bisa login untuk mengecek saldo BPJS Anda, caranya :

  1. Silahkan kunjungi website https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/ kemudian pilih menu lihat saldo JHT
  2. Setelah itu pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan Anda, dan klik submit. Maka jumlah Anda akan muncul di layar
  3. Silahkan lihat data-data Anda yang berkaitan dengan BPJS Ketenagakerjaan

4. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat Aplikasi Mobile Android dan iPhone

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Smartphone

Dengan semakin banyaknya pengguna mobile, maka BPJS meluncurkan aplikasi BPJSTK Mobile

BPJS juga meluncurkan aplikasi mobile mereka yaitu BPJSTK Mobile untuk Android, Apple serta Blackberry untuk mengecek saldo BPJS Ketengakerjaan. Caranyapun cukup mudah, berikut ini cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat handphone :

  1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi BPJSTK Mobile di smartphone Anda melalui smartphone Anda. Jika bingung berikut linknya : Android, iPhone, Blackberry.
  2. Setelah di download dan di install maka loginlah dengan akun yang Anda daftarkan tadi. Akunnya sama dengan login di website.
  3. Anda juga bisa menggunakan akun lama yaitu dari Jamsostek

Aplikasi ini masih terus dikembangkan oleh BPJS supaya lebih maksimal dalam melayani anggotanya, dikutip dari akun playstore BPJSTK Mobile, maka fitur-fitur utama dari BPJSTK Mobile adalah :

  1. Pendaftaran
  2. Cek saldo Jaminan Hari Tua
  3. Simulasi perhitungan untuk jaminan hari tua
  4. Informasi program, kantor cabang, dan pusat layanan & sosial media
  5. Layanan pengaduan

5. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan SMS

Cara terakhir dengan SMS, ya hampir sama dengan SMS Banking bedanya ini BPJS. Cara ini tergolong sangat simple dan cukup banyak juga yang menggunakannya. Anda tidak perlu repot ke kantor BPJS Ketenagakerjaan atau membeli smartphone Android/iPhone/Blackberry. Caranya Anda cukup SMS saja ke SMS Center BPJS Ketenagakerjaan. Lebih detailnya, berikut ini cara untuk cek saldo bpjs ketenagakerjaan dengan SMS :

  1. Ketik pesan : REG#NoBPJS#TanggalLahir#NamaIbuKandung, kirim ke 08111009696, contohnya adalah REG/01D000123#20011995#Suratmi kirim ke nomor 08111009696
  2. Setelah itu Anda akan mendapatkan SMS balasan yang kurang lebih : TERIMAKASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 391013. UNTUK MENGETAHUI SALDO ANDA, KETIKA SALDO#ID_ANDA
  3. Balasa SMS tersebut sesuai dengan format yaitu SALDO#ID_ANDA, misalkan SALDO#3910941
  4. Maka akan ada SMS balasan yang berisikan informasi Saldo Anda.

Nah itu tadi adalah beberapa cara untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Silahkan gunakan cara yang menurut Anda paling mudah digunakan.

Terakhir, seperti yang kita tahu BPJS Ketenagakerjaan ini adalah program wajib yang dicanangkan oleh pemerintah. Jadi, sebagai warga negara yang baik kita (baik pegawai/pengusaha) diharapkan turut ikut serta menjalankan program dari pemerintah dengan semaksimal mungkin.

Referensi : cermati.com

Cari Artikel di Sini


5 Cara Mudah Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: