4 Cara Simple Jualan Lewat Instagram

Cara Jualan di Instagram – Sekarang semua orang dengan bebasnya bisa membuka sebuah bisnis. Sebab di era sekarang, tekhnologi bukan main dahsyatnya. Dengan semakin banyak hadirnya smartphone, market pasar sosial media semakin terbentuk. Dengan harga 1-2 jutaan, kita sudah dapat menginstall banyak aplikasi, salah satunya instagram. Sehingga populasi pemakai aktif dari Instagram semakin hari semakin bertambah sehingga membuat peluang bisnis Olshop punya peluang yang sangat tinggi. Anda bisa dengan mudah memposting produk dan mempromosikannya ke pengguna lain dengan berbagai deskripsi yang menarik.

Sehingga sangat disayangkan rasanya jika anda belum melakukan produk atau jasa anda dengan instagram. Jika kita amati trends sekarang ini, instagram sedang naik-naiknya, mulai hadirnya banyak akun humor, akun tutorial, akun photografy, akun jalan-jalan dan banyak akun lainnya.

Namun pada kali ini, saya akan share bagaimana cara jualan di instagram yang baik dan benar. Sebab banyak saya amati ada yang salah dengan pola fikir. Belum apa-apa mereka sudah memakai instagram ads atau instagram berbayar. Belum apa-apa sudah endorse artis.

Sebenarnya jika anda tahu caranya, anda bisa berjualan di instagram tanpa harus melakukan instagram ads dan tanpa perlu endorsement! Saya bukannya menyalahkan atau membenci hal-hal tersebut. Anda boleh melakukannya..boleh banget, tapi bukan sekarang. Bukan waktunya anda melakukan hal-hal tersebut jika anda masih berada pada tahap memulai bisnis.

Cara Sukses Jualan di Instagram

1 Buat akun instagram yang benar

Hal yang perlu di perhatikan sebelum anda promosi di instagram, anda harus membuat akun yang sesuai dengan produk anda. Saran saya bagi anda yang sedang memulai bisnis online, gunakanlah kata kunci di nama akun apapun termasuk instagram. Hal ini akan membuat akun instagram anda mudah untuk di temukan.

Logikanya sederhana, para pembeli di instagram jika menginginkan sesuatu bukan mengetikan “….Shop” bukan”….Store”. Tapi yang di ketik adalah kata kunci. Jadi jika ingin beli parfum maka yang di ketik “parfum original”, yang di ketik “jual parfum” dll. Jika anda belum tahu bagaimana cara membuat akun untuk jualan di intagram, silahkan baca postingan saya ( di kasih link)

Jadi yang perlu anda pahami bahwa jika kita berjualan via sosial media kita konsepnya membangun pasar tradisional bukan membangun mall. Orang yang datang  ke pasar pasti sudah ada niat untuk membeli sesuatu. Berbeda dengan mall. Orang yang datang belum tentu berniat untuk beli..

2. Cari follower yang tersegmen dan tertarget.

Dengan adanya followes yang tertarget maka akan memperbesar peluang kita untuk clossing. Ibaratnya kita akan mudah memancing di kolam yang sudah ada ikannya bukan di sungai atau apalagi di kolam renang.

Anda bisa mencarinya berdasarkan kota, minat, usia dan ketertarikan. Untuk mengetahui produk anda di cari di kota mana saja, silahkan baca postigan berikut ( cara riset jualan )

3. Upload Foto dan Video yang menarik perhatian.

Foto dan video memang tidak bisa tidak anda maskimalkan saat jualan di instagram. Jika foto dan video anda bagus, amak akam membuat konsumen menjadi tertarik. Untuk itu, anda harus selektif dalam memilih foto produk sebelum anda menguploadnya di instagram sehingga akan lebih menarik dan mampu menghasilkan dan meningkatkan penjualan.

Jika anda belum mahir edit foto, anda bisa mengunakan berbagai tools di instagram. Dengan penggunaan peralatan KAMERA serta tata letak objek yang bagus, anda sudah bisa menghasilkan foto yang menarik. Tetapi jangan melakukan edit yang berlebihan pada produk anda jika produk tersebut sangat sensitif terhadap warna.

Baca : Cara Optimasi Akun Facebook

Maksutnya jika produk tersebut di edit akan menghasilkan warna yang nantinya akan membuat pelanggan kecewa. Jadi jangan lakukan edit warna pada produk fashion seperti baju, celana, kaos ,jilbab, muken dll. Selain upload barang dagangan, jangan lupa postingan lain seperti postingan testimoni, tebakan, postingan lucu, tutorial tips dan hal-hal yang di butuhkan oleh followers anda

4. Bangun kedekaan dengan Customer Anda

Membangun kedekatan adalah elemen yang tidak boleh anda lupakan dalam hal apapun. Dengan membangun kedekatan akan membuat  pembeli memiliki trush pada anda. Artinya anda di percaya oleh orang tsb. Sehingga anda harus tetap menjaga komunikasi dengan customer anda, jika customers tersebut sudah percaya pada kita efeknya kita akan di rekomendasikan kepada keluarga, saudara dan  teman-temannya. Jika sudah seperti itu,  maka tidak akan ada yang bisa mengalahkan anda meskipun misal anda menjualnya dengan  harga yang lebih tinggi.

Itu tadi cara mudah jualan di instagram. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Cari Artikel di Sini


4 Cara Simple Jualan Lewat Instagram | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: