Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF Dengan Mudah

Dokumen dengan format Word serta PDF adalah suatu jenis dokumen yang sering sekali kita gunakan dalam pengumpulan laporan. Dua dokumen yang berbeda ini tentunya mempunyai jangkauan penggunaan yang sangat luas, mulai dari kita menggunakannya untuk keperluan studi seperti saat kita membuat laporan tugas sampai dengan menggunakannya untuk keperluan bisnis.

Maka kita boleh bilang bahwa kedua format dokumen ini sangat erat kaitannya. Pasti ada waktunya saat kita perlu membuat sebuah dokumen menggunkan format PDF, tapi ada kalanya juga ita harus mengubah sebuah file menjadi PDF.

Saat kita menjadi mahasiswa tingkat akhir, akan sering sekali berinteraksi dengan kedua format dokumen ini. Konversi PDF menjadi Word umumnya kita gunakan pada saat kita akan melakukan editing maupun sekedar copy isi dokumen.

Sedangkan saat kita mengkonversi Word ke PDF umumnya kita gunakan pada saat kita ingin melakukan print di tempat fotocopy, hal ini mengingat komputer sisana rata-rata terdapat virus ataupun Word kita lebih tinggi versinya dan bila kita buka di Word yang versi komputer kita dapat menghilangkan atau menghancurkan format yang sudah susah payah kita buat. Maka akan lebih aman apabila kita mengkonvert Word ke PDF.

Untuk cara mengubah dokumen Word menjadi file PDF ini ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Untuk kali ini kita akan membahas dua cara untuk dapat mengubah file format Word mejadi PDF. Kedua acara ini dapat kita kelompokkan menjadi dua yakni secara offline dan online. Agar lebih jelas lagi silahkan perhatikan penjelasan berikut ini :

  1. Buka MS. Word (Minimal Ms. Word 2010)
  2. Klik File, Kemudian Save AS
  3. Dibagian Save As Type pilih format PDF
  4. Proses Selesai

Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF Secara Offline

Microsoft Word adalah sebuah software untuk mengolah kata yang termasuk kedalam paket Microsoft Office. Microsoft Word ini adalah sebuah program pengolah kata yang sangat populer sampai dengan saat ini. Dan mulai dari versi 2010, software ini mempunyai dukungan atau mendukung kita untuk dapat melakukan konversi dokumen atau file dari format .DOC menjadi .PDF. Untuk lebih jelas langkah-langkahnya perhatikan penjelasan berikut ini :

1. Silahkan kita buka file Word yang ingin kita konversi menjadi PDF.

2. Kemudian klik File setelahnya pilih Save AS.

Pilih Sava As dan Pilih folder

Pilih Sava As dan Pilih folder

3. Untuk bagian Save as type, kita pilih Setelahnya kita klik Save. Sebelumnya kita dapat mengganti nama file yang akan simpan pada bagian File name.

Pilih format penyimpanan dan beri nama file

Pilih format penyimpanan dan beri nama file

4. Maka file PDF kita telah jadi yang selanjutnya dapat kita dapat kita gunakan. Untuk versi Microsoft Word diatas 2010 hanya terdapat perbedaan sedikit, karena dalam versi yang terbaru dari Microsoft Word akan langsung menyediakan Save as to yang mana dalam opsi tersbeut akan menyediakan pilihan untuk melakukan penyimpanan ke PDF.

File sudah berformat PDF

File sudah berformat PDF

Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF Secara Online Dengan Bantuan Google Drive

Untuk pilihan kedua adalah dengan cara onlien untuk pilihan ini kita akan membutuhkan bantuan dari Google Drive. Google Drive sendiri adalah sebuah layanan penyimpanan cloud yang telah disediakan oleh Google yang dapat kita gunakan untuk media penyimpan file untuk segala format seperti gambar, video, dan termasuk juga dokumen.

Fungsinya bukan hanya sebagau media penyimpana saja, Google Drive juga dapat kita gunakan untuk membuat sebuah dokumen, mengedit, bahkan sampai untuk mendownload sebuah dokumen. Dan sudah pasti dalam layanan penyimpanan editor dokumen dari Google ini juga telah mempunyai fitur untuk dapat mengubah file Word menjadi PDF. Untuk langkah serta penjelasannya, silahkan saja perhatikan langkah-langkah berikut ini :

1. Terlebih dahulu kita harus login ke https://drive.google.com/ menggunakan akun Google yang kita punya.

2. Setelah kita login, kita harus mengupload file Word yang kita ingin ubah menjadi PDF terlebih dahulu ke Google Drive kita.

Pilih file yang akan di ubah formatnya

Pilih file yang akan di ubah formatnya

3. Selanjutnya file yang sudah kita upload tadi kita buka dengan melakukan double click pada file yang akan kita ubah formatnya tadi. Maka secara otomatis file tersebut akan terbuka pada tab baru dalam halaman editor Google Docs.

Buka file tersebut dengan Google Docs

Buka file tersebut dengan Google Docs

4. Setelah halaman dokumen terbuka, maka silahkan klik pada File => Download As => dan pilih PDF Document (.pdf).

Download file dengan format PDF

Download file dengan format PDF

5. Download dan simpanlah fole .PDF tadi di folder yang kita inginkan. Setelah itu file dengan format PDF sudah siap kita gunakan kapan saja.

Maka file otomatis akan menjadi PDF

Maka file otomatis akan menjadi PDF

File sudah berformat PDF

File sudah berformat PDF

Sebenarnya masih ada beberapa cara untuk dapat mengkonversi Word menjadi PDF, tapi dua cara tersebutlah yang sering digunakan oleh banyak orang. Saat kita sedang offline atau tak sedang mempunyai koneksi, maka kita dapat menggunakan Word versi 2010 ataupun versi yang lebih tinggi.

Tapi apabila kita mempunyai koneksi internet dan Microsoft Word kita versinya dibawah 2010, maka kita dapat menggunakan bantuan dari Google Drive sebagai salah satu alternatif konversi Word ke PDF.

Nah tadi penjelasan serta langkah-langkah untuk mengkonversi file berformat Word menjadi PDF, semoga bermanfaar bagi Anda semua.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: