10 Tips Sederhana Menjadi Keluarga Bahagia

Berkeluarga adalah salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Keluarga juga menjadi hal utama dan prioritas bagi tiap tiap indiviu dalam berkehidupan. Di Indonesia, budaya mengedepankan dan menomorsatukan keluarga adalah salah satu hal yang sangat dijunjung tinggi. keluarga sangat penting dalam berperan menciptakan kebahagiaan.

Kebahagiaan keluarga akan selalu berkaitan dengan kebahagiaan diri, maka dari itu sangat dicari oleh kebanyakan orang. Untuk mendapat kebahagiaan ini tidaklah mudah, karena dibutuhkan sebuah perjuangan dan kerja keras yang tidak pernah berhenti. Berikut ini kami berikan 10 resep agar kehidupan keluarga anda menjadi bahagia sehingga pribadi anda akan ikut merasakan kebahagiaan.

1. Kenyamanan antar anggota keluarga

Rasa nyaman memang dibutuhkan oleh masing masing manusia. semakin nyaman seseorang, maka akan semakin bahagia pula hidupnya. Ciptakan kenyamanan dalam berkeluarga agar mampu menciptakan kebahagiaan bagi masing masing anggota keluarga. Dengan rasa nyaman, tiap anggota keluarga tidak akan canggung dan terbiasa sehingga kebahagiaan akan mudah tercipta.

2. Saling berbagi

Berbagilah antar sesama anggota keluarga, misalnya dengan saling bertukar cerita setiap harinya setelah beraktivitas. Hal ini akan menambah suasana keakraban antar anggota keluarga dan tentunya menambah kehangatan dalam keluarga. Dengan berbagi, maka segala beban yang mungkin anda tanggung akan dapat ditanggung bersama sehingga tidak menyebabkan pikiran yang membuncah di kepala dan benak anda sendiri.

3. Memprioritaskan pernikahan

Kehadiran anak memang salah satu faktor pemicu kebahagiaan keluarga, namun jika memang anda belum siap mempunyai anak, ada baiknya sedikit menunda. Setelah menikah usahakan anda dapat menikmati momen berdua dengan pasangan sebelum hadirnya sang anak agar lebih terasa kenyamanannya hidup berdua.

4. Menyempatkan makan bersama

Makan bersama dapat membuat keakraban dan kehangatan keluarga semakin indah. Baik itu siang, pagi, maupun malam selalu sempatkan diri anda untuk makan bersama anggota keluarga lainnya. Dengan makan bersama akan terbuka peluang untuk berkomunikasi dan akhirnya dapat merasakan indahnya berbagi cerita sesama anggota keluarga sebelum atau sesudah beraktivitas.

5. Habiskan waktu bersama

Selalu buat agenda untuk mengadakan quality time bersama anggota keluarga. Hal ini tentunya akan menambah rasa hangat dan kenyamanan dalam keluarga sehingga tercipta kebahagiaan dalam menjalani bahtera rumah tangga. Jangan sampai kesibukan pekerjaan dan aktivitas anda membuat waktu bersama anda bersama keluarga menjadi terancam karena hal ini sangatlah tidak baik.

6. Prioritaskan keluarga, nomor duakan teman

Jika anda ingin mencari kebahagiaan dalam keluarga, maka anda harus membuat prioritas yang mengutamakan keluarga. Memang sesekali boleh menomorsatukan teman, namun harus sesuai porsinya. Jangan sampai anda menomorduakan keluarga demi teman karena akan memicu berkurangnya kebahagiaan dalam keluarga.

7. Buatlah jadwal bersama buah hati anda

Bagi anda yang sangat sibuk dan aktivitasnya padat, tidak ada salahnya meluangkan sejenak membuat jadwal quality time bersama buah hati anda. Dengan cara ini, maka anak anda akan merasa diperhatikan dan menambah kebahagiaannya serta kenyamannya dalam keluarga.

8. Buatlah jadwal beraktivitas bersama sekeluarga

Hal ini juga sangat penting, dengan membuat jadwal aktivitas bersama keluarga, tentunya anda mendapat cukup waktu untuk bersenang senang bersama keluarga dan beraktivitas bersama keluarga. Jika hal ini sudah sering anda lakukan, niscaya rumah tangga anda akan selalu bahagia.

9. Sabar terhadap buah hati

Ego yang tinggi biasanya akan membawa dampak buruk bagi anda dan keluarga. Ada baiknya segala macam ego dapat anda kendalikan dalam kehidupan berkeluarga. Misalnya saat anak anda nakal atau melakukan kesalahan, maka setidaknya anda harus dapat mengerem rasa kesal anda dan tetap sabar terhadap anak anda sendiri.

10. Jangan bertengkar

Terakhir, usahakan jangan pernah bertengkar hebat dalam hubungan rumah tangga. Saat terjadi hal hal yang tidak diinginkan, usahakan untuk selalu berunding baik baik mencari solusinya dibandingkan dengan bertengkar demi menciptakan kebahagiaan yang hakiki dalam keluarga.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: