6 Tips Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Siapa orang yang tak mau mempunyai daya ingat yang baik? Pastilah semua orang menginginkannya, karena mempunyai ingatan yang baik tentunya akan memudahkan kita dalam segala sesuatunya. Bayangkan saja kita punya ingatan yang lemah, pastinya akan mengganggu belajar maupun bekerja kita. Terus bagaimana cara memaksimalkan daya ingat kita? Berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat membantu kita.

1. Tidur dengan Baik

Beberapa orang terlalu lama tidur yang menyebabkan otak terlalu lama tak digunakan untuk berpikir dalam waktu lama, maupun hal sebaliknya memaksakan untuk begadang dan menggunakan otak teralu lama dan tak beristirahat. Dengan tidur delapan jam sehari akan membuat otak beristrahat dan kembali segar untuk aktivitas dihari selanjutnya.

Tapi dengan dunia yang sibuk seperti sekarang ini terkadang kita tak punya waktu seperti itu, namun ada cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk mengistirahatkan otak dalam waktu yang cukup. Yaitu dengan meluangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan otak.

2. Bergaul dan Bersosialisasi

Bahkan dengan bergaul juga meningkatkan daya ingat kita. Dengan bergaul dan bersosialisasi akan mengasah otak kita untuk mengingat sebuah kejadian (momentum) serta orang-orang yang terlibat didalamnya. Kita perlu memanfaatkan konsep supel serta mudah bergaul dalam bergaul (bersosialisasi). Kita jangan menjadi orang yang anti sosial sebab kita akan menjadi orang yang tak tahu dunia. Bahkan kita juga tak dapat mencoba langsung seberapa hebat ingatan kita yang asli (sebenarnya).

3. Olahraga Teratur

Dengan berolahraga maka seleuruh tubuh kita akan bekerja dan terlatih sehingga tak akan mengalami ketumpulan fungsi. Bahkan dengan berolahraga secara teratur akan memperlancar aliran darah kita. Bukan hanya itu saja, berolahraga juga dapat meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. Kita cukup berolahraga selama 20 menit setiap harinya, bisa dengan cara berenang, lari ringan ataupun bersepeda tiap hari.

4. Jangan Berhanti Belajar dan Berusaha

Apa yang mau kita ingat bila kita tak pernah belajar atau mengulang kembali apa yang perlu kita ingat. Ini terutama bagi kita yang masih bersekolah atau kuliah, dengan membaca, mengikuti kuliah, program informasi di tv dan internet bisa sumber pendidikan berkelanjutan bagi otak kita. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita untuk perkembangan daya ingat otak kita.

Kita juga bisa sesering mungkin membaca, karena dengan banyak membaca akan membuat daya ingat kita semakin terasah. Seperti sistem yang ada di pisau semakin kita asah maka akan semakin tajam, begitu pula dengan otak akan ikut terasah bila semakin banyak membaca. Untuk itu luangkan sedikit waktu kita untuk membaca walau hanya sekitar membaca hal-hal kecil seperti artikel maupun berita sekilas yang ada di smartphone.

5. Memainkan Permainan

Sebenarnya perminan dibuat bukan hanya sekedar untuk menghibur dan mengisi waktu luang, karena dengan bermain ini dapat meningkatkan kinerja dari otak dan daya ingat. Bahkan mainan sekarang ini telah banyak dikategorikan untuk masing-masing bagian dari kinerja otak (konsentrasi, daya ingat, refleksi dan yang lainnya). Kita dapat menemukan macam-macam permainan otak didalam smartphone. Tapi yang perlu kita ingat jangan terlalu lama atau sering, karena hal ini malah bisa membuat kita kecanduan. Cukup 20 menit perharinya, dengan bermain juga bisa menghibur serta menyenangkan tubuh dari kesibukan kita.

6. Makanan yang Bernutrisi

Makanan dengan nutrisi baik adalah sumber energi serta nutrisi yang bisa menambah kinerja organ tubuh kita semakin baik. Menurut survei yang ada, bahwa makanan tertentu akan berkontribusi untuk peningkatan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat. Makanan yang dapat kita konsumsi adalah makanan jenis berserat, kaya antioksidan dan bervitamin. Dan untuk semua nutrisi tersebut terdapat dalam buah-buahan.

Gaya Hidup Sehat Kunci Daya Ingat Baik

Gaya hidup yang sehat bukan hanya menjadi kunci bagi tubuh yang sehat, melainkan juga dapat meningkatkan daya ingat. Untuk itu marilah kita terus menerapkan gaya hidup sehat karena akan sangat berguna bagi kita untuk kelancaran bekerja maupun belajar. Hal ini juga tentunya mempermudah serta memperlancar kita dalam mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cari Artikel di Sini


6 Tips Untuk Meningkatkan Daya Ingat | Admin | 4.5
%d bloggers like this: