6 Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Memang untuk membuat blog adalah hal mudah, akan tetapi bagaimana cara kita menghasilkan uang dari blog? Memang untuk hal tersebut belum banyak orang yang belum tahu caranya. Terkadang ada orang yang membuat blog hanya untuk menyalurkan hobi menulisnya, tapi ada juga yang memang serius membuat blog untuk memperoleh penghasilan.

Nah berikut ini ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari blog yang kita bangun :

1. Menjadi Publisher Google Adesense

Salah satu cara mendapatkan uang paling populer bagi kalangan blogger adalah dengan memasang iklan Google Adsense. Dengan GA ini kita hanya perlu memasang script dari google, maka iklan akan muncul secara otomatis.

Namun cara yang satu ini memang agak sulit, karana untuk mendapatkan uang dari Google Adsense kita harus memiliki website atau blog yang mempunyai trafik yang tinggi. Penghasilan kita didapatkan dari klik valid iklan Adsense yang ada di website atau blog kita.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal dengan Google Adsense

2. Menulis Artikel Tentang Bisnis/ Website Orang Lain / Content Review

Biasanya kegiatan ini disebut juga dengan Paid for Review. Akan ada banyak perusahaan yang ingin bisnis mereka diulas (review) oleh website lain.

Disini akan terdapat perusahaan yang bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review. Tapi untuk mendapatkan Advertiser yang mau membayar artikel review ini tak akan mudah.

3. Menjadi Affiliate Marketing

Untuk bergabung dalam program affiliasi ini akan lebih baik bila sesuai dengan blog yang kita bangun. Sebagai contohnya apabila blog kita mempunyai topik tentang manajemen, maka program affiliasi yang harus kita ikuti adalah yang berhubungan dengan topik tersebut.

Baca : Apa itu Bisnis Affiliate? Peluang BIsnis Tanpa Modal

Dan hal yang wajib kita ketahui adalah konten yang ada diblog kita haruslah mempunyai value dan bermanfaat bagi setiap audiens. Semakin baik konten yang kita miliki, maka besar kemungkinan akan semakin tinggi pula konversi penjual dari blog kita. Dari program ini kita bisa meraup penghasilan mulai dari puluhan hingga ribuan dollar.

4. Menjual Slot Space Iklan

Sebuah blog yang punya trafik tinggi umumnya akan lebih sukses memperoleh pengiklanan yang potensial. Tapi kita juga harus memperhatikan produk maupun website yang kita akan iklankan harus sesuai dengan topik dari website maupun blog yang kita punya.

Maka akan lebih baik tak menerima iklan yang mempromosikan produk maupun website yang tak ada hubungannya sama sekali dengan topik website kita. Karena hal ini tentunya akan sangat membingungkan audiens (pengunjung website) dan umumnya konversinya jelek.

5. Menjual Blog Anda

Cara lainnya untuk mendapatkan uang adalah menjual blog kita. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk menjual blog yang susah payah kita bangun, tapi bila memang sudah tak ada waktu untuk mengurusnya akan lebih baik kita jual.

6. Memasarkan Jasa atau Produk Anda Sendiri

Hal ini artinya kita memiliki sebuah bisnis yang memang akan kita tawarkan kepada para audiens kita. Pasti kita pernah menjumpai beberapa blog atau website yang bertemakan kegiatan sehari-hari, hobi maupun juga keahlian dalam suatu bidang tertentu.

Disini bisa saja pemilik website menjual produk, hobi maupun juga jasanya kepada orang lain (pembaca websitenya). Dengan begitu bukan hanya menambah teman blogger tapi juga akan mendapat pundi-pundi penghasilan dengan jual keahlian (jasa) maupun juga produk yang ada di blog.

Tadi adalah beberapa cara untuk mendapatkan uang dari blog maupun website yang kita miliki. Memang semua itu butuh perjuangan dan tentunya keuletan dalam mendapatkan uang. Tapi setidaknya kita memilih salah satu yang kita paham maupun yang akan lakukan.

Cari Artikel di Sini


6 Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog | Admin | 4.5
%d bloggers like this: