Cara Memilih Domain untuk Adsense

Cara Memilih Domain untuk Blog Adsense – Memilih nama domain yang tepat memang menjadi salah satu hal terpenting. Tidak sedikit aspek yang harus diperhatikan untuk seseorang sebelum memutuskan membeli sebuah alamat domain, karena jika kita sudah membeli sebuah alamat domain tentu saja kita tidak bisa mengganti nama tersebut, solusinya ya beli baru lagi.

Dalam penentuan nama domain kita harus merujuk pada kebutuhan utama kita untuk membeli domain tersebut. Misalkan, membeli domain untuk blog adsense berbeda dengan membeli domain untuk toko online. Membeli domain yang menargetkan kata kunci atau keyword sangat berbeda dengan membeli domain yang menargetkan branding.

Lantas, bagaimana jika membeli domain untuk bisnis Adsense ?

Dalam berbisnis Adsense ada 1 langkah awal yang mutlak harus kita lakukan, yaitu riset kata kunci atau bahasa kerennya adalah keyword research. Bisa saya katakan riset kata kunci adalah “nyawa” dari bisnis online, mengapa? Karena jika dari awal kita sudah salah riset bisa dikatakan kedepannya bisnis tidak akan lancar.

Domain untuk Bisnis Adsense

Domain untuk Bisnis Adsense (Sumber : Google)

Hal ini juga berlaku dengan adsense, sebelum memutuskan memilih nama domain yang kita ambil kita wajib untuk meriset kata kunci itu sendiri. Misal, kita ingin membidik kata kunci otomotif, nah kita bisa membuat turunan kata kunci dari otomotif misalkan modifikasi montor, info motor, motor keren, digital otomotif, dll.

Explore ide kamu sedalam-dalamnya untuk menentukan kata kunci yang tepat. Dalam artikel ini saya tidak akan menjelaskan secara detail cara meriset kata kunci, tetapi saya hanya akan menjelaskan secara general saja. Setelah kamu menentukan kata kunci apa yang akan kamu ambil, langkah selanjutnya kamu bisa memutuskan nama domain apa yang akan diambil.

Misal, kamu memilih kata modifikasi. Maka kamu bisa membeli domain modifikasi.com, jika sudah ada maka kamu bisa mengotak-atik dengan menambahkan kata-kata pendukung misal modifikasi-unik.com, modifikasi-keren.com, dimodif.com, dll.

Dalam menentukan nama domain ini kamu bisa mengkombinasikan kata kunci dengan nama brand web kamu. Misal, alamat web ini adalah rocketmanajemen.com. Pada awalnya saya ingin web ini membahas tentang manajemen saja dan topik-topik lain yang terkait. Nah, lantas saya juga memikirkan sebuah nama brand untuk web ini kedepannya. Karena, saya tidak ingin nama domainnya hanya cantik di kata kunci tetapi jelek di branding.

Maka, terlintas nama rocket manajemen untuk nama domain. Nama rocket manajemen ini juga menjadi nama branding yang cantik. Meskipun nama branding, tetapi tetap menargetkan kata kunci yang saya ambil.

Jika kesulitan, kamu bisa menggunakan alternatif lain. Misal, nama domain modifikasi.com sudah diambil, maka kamu bisa mengambil modifikasi.co.id, jika masih diambil kamu bisa membeli modifikasi.id, dll.

Satu hal yang tidak boleh kamu lupakan, meskipun nama domain itu cantik di mata mesin pencari. Tapi, jangan lupakan yang membaca artikel kamu itu manusia ya. Jadi, buatlah nama domain yang singkat, tepat, jelas.

Itu tadi adalah artikel singkat cara memilih nama domain untuk bisnis google adsense. Semoga artikel singkat ini dapat memberikan inspirasi bagi kamu yang baru awal belajar google adsense. Di artikel-artikel berikutnya Inshaa Allah saya akan membahas tips-tips seputar bisnis online lainnya. Jadi, tetap di rocketmanajemen.com ya…

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: