Tutorial Membuat Video Slideshow dengan Windows Movie Maker

Pasti ada banyak alasan mengapa kita membuat sebuah video slideshow hanya bermodalkan beberapa gambar atau foto saja. Cara ini bisa kita gunakan untuk membuat video presentasi, video slideshow untuk adsesnse di Youtube, maupun hal lainnya. Membuat video dengan hanya bermodal gambar (foto) ini dapat kita lakukan dengan cepat dan yang pasti tanpa membutuhkan keahliah editing video. Kita tinggal memilih foto (gambar) yang akan dibuat video dan musik sebagai back song video kita (itupun kalau mau kita pake backsong).

Nah untuk kesempatakan kali ini kita akan memberikan sedikit tutorial membuat video slideshow dari gambar menggunakan Windows Movie Maker. Software ini adalah besutan dari Windows yang dikhususkan untuk membuat ataupun editing video. Di Software Windows Movie Maker ini sudah banyak menyediakan fitur yang terhitung basic, termasuk juga memilih animasi, efek visual, menambahkan audio, dan lain sebagainya.

Langkah-Langkah Membuat Video Slideshow Dengan Movie Maker

1. Pastikan kita mempunyai softwarenya, dan setelah kita punya buka software Windows Movie Maker tersebut. Maka tampilannya seperti gambar berikut ini.

Tampilan Windows Movie Maker

Tampilan Windows Movie Maker

2. Selanjutnya siapkan foto (gambar) yang akan kita jadikan slideshow, agat lebih mudah dalam proses pengambilannya kita bisa meletakkannya dalam satu folder.

3. Dan setelah membuka Windows Movie Maker kita klik Import pictures, maka jendela windows explore akan muncul. Nah disini kita dapat memilih foto (gambar) sesusai dengan keinginan kita. Caranya dengan memblok foto (gambar yang akan kita pilih).

4. Setelah kita menambahkan gambar dilist Windows Movie Maker, kita masih bisa memilih urutan gambar (foto) tersebut sesuai dengan keinginan kita. Yakni dengan memindahkan foto (gambar) yang ada di Collection ke bagian bawah atau di Show Storyboard. Disini kita juga masih bisa mengatur berapa lama kita akan memutar satu fotonya. Lihat gambar.

Gambar yang Dijadikan Slideshow

Gambar yang Dijadikan Slideshow

Gambar yang Dipilih5. Kita juga bisa memanfaatkan fitur yang ada didalam Windows Movie Maker ini, seperti Animation dan Visual agar memberikan sedikit efek animasi sederhana dalam transisi tapi hal ini bila perlu jangan sampai kita memberikan efek secara berlebihan, karena yang terpenting adalah isi video kita agar tetap terjaga dan tidak kalah dengan segala efek yang kita sajikan.

6. Kita juga dapat menambahkan lagu (audio) sebagai backsong, caranya klik Import audio or music. Dan pilih audio (musik) sesuai keinginan kita, setelah kita pilih seperti dalam langkah 4 kita masih perlu memindahkan lagu tersebut ke bagian Show Storyboard. Lihat gambar.

Penambahan audio sebagai backsong

Penambahan audio sebagai backsong

7. Pastikan kita telah mencocokan durasi video kita dengan durasi file musik yang kita pakai. Hal ini agar file musik mengikuti panjang durasi video, karena jika file musik lebih panjang dari video maka file musik kita akan terpotong dibagian akhir video. Untuk itu disini kita bisa melihat video kita sebelum kita simpan.

8. Setelah semua selesai kita buat, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan video tersebut dengan mengeklik File pilih Save Movie File dan akan muncul dropbox untuk memilih lokasi penyimpanan pilih saja My computer lalu klik next. Selanjutnya kita berinama dan lokasi penyimpan video setelahnya klik next. Terakhir akan muncul dropbox lagi beri tanda pada bagian Best quality for playback on my computer dan klik next. Maka video akan diproses penyimapanan. Terakhir klik finish.

9. Maka file video kita sudah dapat kita putar sesuai dengan keinginan kita.

Cara ini memang sangat sederhana dan tanpa butuh keahliah khusus dalam editing. Dan bisa kita lakukan dengan cepat, hanya tinggal membutuhkan file foto (gambar) dan audio atau musik (jika perlu). Mungkin dalam pembuatannya tak akan membutuhkan waktu lama, mungkin yang sedikit lama adalah pengaturan durasi setiap foto.

Cari Artikel di Sini


Tutorial Membuat Video Slideshow dengan Windows Movie Maker | Admin | 4.5
%d bloggers like this: