Cara Membuat & Mengatur Widget di WordPress

Cara Mengatur Widget Wordpress

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian wordress dan kelebihannya. Salah satu kelebihan wordpress yang tidak ada pada CMS lainnya adalah kemudahan untuk mengkustomisasinya.

Kita bisa membuat website apa saja dengan menggunakan wordpress, mulai dari landing page, toko online, bahkan blog pribadi yang simple wordpress juga bisa. Nah, untuk membuat tampilan yang sesuai kehendak kita ada satu bagian penting yang tak boleh kita lewatkan, yaitu widget.

Apa itu Widget pada WordPress?

Ingat ya ini widget, bukan gadget. Widget adalah salah satu fitur utama dalam wordpress untuk membuat tampilan website menjadi lebih baik. Fungsi widget ini adalah untuk membuat pernak-pernik website, sehingga website terasa lebih hidup.

Contoh Wireframe Website

Contoh Simple Wireframe, Sebelah Kiri adalah Sidebar Area yang Berisi Widget / Aksesoris (Gambar : onextrapixel)

Nah, pada intinya website itu ada 2 bagian. Yaitu bagian konten (isi) dan bagian widget atau aksesoris website. Nah, bagian yang berisi bermacam-macam widget ini dinamakan sidebar. Posisi sidebar itu bervariasi tergantung designernya.

Apa saja aksesoris yang bisa dipasang di WordPress?

Ada banyak sekali aksesoris yang bisa kita gunakan, misalkan aksesoris yang menampilkan artikel terbaru, artikel populer, atau kotak fans facebook juga bisa kita pasang di website kita.

Jadi, jumlah widget yang dapat kita pasang itu tak terbatas. Tergantung dengan kebutuhan kita, tapi jangan asal pasang widget yang banyak. Karena jelas itu akan memberatkan kinerja website.

Cara Mengatur Widget di WordPress

Untuk mengatur widget sangatlah mudah, yang pertama Anda harus login dulu di website wordpress Anda. Kemudian masuklah ke dashboard website Anda.

Di bagian menu kiri terdapat menu Appereance -> Widgets. Dalam halaman itu kita bisa mengatur widget apa saja yang kita tampilkan di website kita. Jumlah sidebar itu tergantung pada template yang kita gunakan.

Ada 1 template yang ada banyak sekali lokasi sidebar, di atas, samping, bawah, dll. Kalau dalam sample saya dibawah ini hanya ada 1 sidebar, yaitu di samping saja.

Mengatur Widget WordPress

Halaman Untuk Mengatur Widget WordPress

Dan untuk Available Widgets juga tergantung template serta plugin yang Anda gunakan. Semakin kompleks template yang Anda gunakan maka semakin banyak opsi widget yang dapat digunakan.

Sama juga, semakin banyak plugin yang Anda install maka semakin banyak pula available widget yang tersedia.

Cara Menambah Widget di WordPress

Untuk menambah widget itu sangat mudah, silahkan lihat di bagian available widgets nah setelah itu klik widget yang Anda inginkan. Nanti akan keluar pilihan seperti yang saya kotaki merah. Kata Sidebar adalah lokasi yang widget mau ditempatkan di mana.

Jika sidebar/tempat widget di template Anda lebih dari satu maka akan muncul lebih banyak opsi lokasinya.

Menambahkan Widget WordPress

Menambahkan Widget WordPress

Setelah memilih lokasi mana yang widget mau ditempatkan, langkah selanjutnya tinggal klik add widget. Maka widget akan terpasang di sidebar/tempat yang Anda inginkan.

Mengatur Widget yang Terpasang di WordPress

Setelah widget terpasang, jika kita ingin menggeser entah ke atas atau ke bawah juga sangat mudah. Yaitu tinggal klik dan tekan kemudian geser di tempat yang Anda inginkan.

Menggeser Widget di Wordpess

Menggeser Widget di Wordpess

Mengedit Tampilan Widget di WordPress

Untuk mengedit atau mengkustom widget yang ingin ditampilkan, kita hanya perlu klik widget yang ingin di edit. Nah, biasanya disana ada title yaitu judul widget yang ingin ditampilkan. Kemudian dibawahnya ada pengaturan widget yang bisa kita atur.

Mengedit Tampilan Widget di WordPress

Mengedit Tampilan Widget di WordPress

Kesimpulan Fitur Widget di WordPress

Nah kita sudah di akhir pembahasan, jika Anda sudah praktik tentu saja akan sangat mudah mengatur widget di wordpress. Karena semua fitur tersebut sudah disediakan oleh para pakar developer wordpress untuk memudahkan penggunanya dalam mengatur website sesuai dengan keinginannya.

Saran, jangan terlalu banyak memasang widget yang tidak perlu misalkan jam, kalender, perkiraan cuaca. Karena itu tidaklah terlalu penting dan malah memberatkan website. Pasang widget yang standard dan bermanfaat bagi user, seperti widget kotak pencarian, artikel terbaru, artikel populer.

Cari Artikel di Sini


Cara Membuat & Mengatur Widget di WordPress | Admin | 4.5
%d bloggers like this: