Cara Membuat Blog Dummy

Cara Membuat Blog Dummy – Jika kamu ingin bermain SEO tentu membuat blog dummy tentu tidak boleh kamu lupakan. Dengan membuat blog dummy kita bisa mendapatkan link yang mengarah ke website utama sehingga nanti inilah yang biasa kita sebut dengan backlink.

Jika suatu website mendapat banyak banyak backlink apalagi berkualitas, maka nantinya akan sangat membantu  menentukan posisi web kita di mesin pencari Google.

Menurut saya  membuat blog dummy satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas. Saya katakan terbaik, karena memang kita yang mempunyai kendali penuh atas backlink tersebut.

Artikel Terkait : Cara Membuat Blog di Weebly

Dengan membuat backlink kita bebas mau meletakkan backlink di bagian mana saja, termasuk di dalam konten / artikel.

Kenapa sih Backlink itu penting buat SEO?

Dalam dunia per-SEO-an, backlink boleh dikatakan adalah sebuah pondasinya jika kamu mau bermain SEO. Secara sederhana, backlink bisa dikatakan yaitu blog lain rekomendasikan website kita, sehingga di mata mesin pencari website kita bisa dipercaya (kredibel).

Nah tentu Google akan memberikan lebih banyak “vote” untuk website yang memiliki backlink berkualitas apalagi berjumlah berjumlah banyak. Backlink yang berkualitas adalah backlink yang muncul pada website/blog  yang terpercaya dan relevan ( se-niche)  serta merujuk ke website yang relevan pula.

Nah pada tutorial kali ini saya akan share apa itu blog dummy dan bagaiaman penerapannya yang baik dan benar

Mas saya belum tahu apa itu blog dummy?

Simple. Blog dummy adalah sebuat blog yang SENGAJA kita ciptakan, yang tugasnya memberikan link ke blog utama.

Backlink untuk menaikan Pange Rank ( Sumber : Google.com)

Backlink untuk menaikan Pange Rank ( Sumber : Google.com)

… atau bisa juga kita katakan bahwa peranan blog dummy yaitu menguatkan blog utama, caranya ialah dengan menautkan backlink ke blog utama.

Contoh sederhannya gini..
Anggap kamu punya website yang membahas tentang pengertian Manajemen dan Bisnis Online. Lalu, kamu pun membuat beberapa postingan yang tentu membahas hal yang sama dengan blog utama di blog dummy anda.

Artikel Terkait : Cara Membuat Blog di WordPress.com

Dari postingan tersebut, lalu kamu menautkan menautkankan backlink yang mengarah ke blog utama. Tentunya dengan kata kunci yang kita tuju.

Coba silahkan kamu klik tulisan ” Bisnis Online” yang saya Bold di atas. Itulah yang disebut sebagai anchor text atau kata kunci yang kita bidik dan mengarah ke blog/ webiste utama kita.

Kamu bisa saja mengarahkan anchor text tsb, ke artikel juga. Jadi bukan hanya ke halaman home saja…

Cara Membuat Blog Dummy

Saya anggap kamu sudah paham ya..

Lanjut sekarang ke langkah-langkah cara membuatnya. Langkah membuatnya sebenarnya sangat sederhana sebab, kita hanya membuat beberapa blog di platform gratisan seperti :

blogger.com
blogdetik.com
wordpress.com
webbly.com
dagdigdug.com
dll

Ketika kamu membuat blog lakukan dengan natural ya. Usahakan juga membuat blog dummy dengan akun email yang berbeda dengan email blog utama. Intinya kita harus menghindari membuat banyak blog dalam satu akun.

Maksutnya gimana mas??

Misalnya, di blogger.com kamu sudah  membuat 5 buah blog dummy dan di dalam akun tersebut  semuanya manautkan link ke blog utama kita yang akun emailnya pun sama dengan email akun utama.

Kenapa hal seperti ini mesti kita hindari?

Sebab tentu hal seperti ini dapat menimbulkan kecurigaan pada si Mbah Google. Nah misal nih kamu sudah membuat 5 blog dummy dalam satu akun email, maka usahakan juga memasang linknya di kombinasikan.

Artikel Terkait : Cara Membuat Blog di Blogspot

Kok ribet sih ?? Tenang ini belum seberapa. Jika kamu bermain SEO akan lebih kompleks lagi nanti. Lanjut…

Cara Dapat Backlink Lewat dummy

Untuk mendapatkan backlink dari blog dummy, caranya gampang. Kamu tinggal memberikan link di blog dummy kamu dan arahkan ke blog/website utama. Usahakan untuk melakukan kombinasi link ya.

Jadi maksutnya koombinasi seperti ini. Misal di Blog Dummy A kita mentautkan link ke website utama di bagian artikelnya. Blog Dummy B, kita pasang link di bagian header ( menu di atas ). Blog dummy C kita pasang link di bagian kanan

Intinya silahkan kombinasikan sesuai selera kamu. Ini pengalaman yang pernah saya lakukan, tujuannya yaitu lagi-lagi agar si Mbah Google gak curiga dengan blog dummy kita.

Usahakan juga buat kasih waktu kira-kira seminggu setelah blog dummy berhasil di buat. Jangan baru buat blog dummy langsung kita tanam backlink -_-

Cara Gampang Posting untuk Dummy

Setelah selesai membuat blog, maka langkah selanjutnya adalah membuat artikel. Usahakan jangan COPAS !!

Capek dong ?

Hehe ya emang.. Jadi kamu harus membuat artikle se unik mungkin. Lah kalau copas apa gunanya kita membuat blog dummy. Nantinya malah akan membuat blog utama kita menjadi jelek.

Contoh sederhanayan gini, misal nih di daerah kamu lagi ada pemilihan calon Bupati atau Lurah. Kemudian ada 2 calon. Calon satu di rekomendasikan/ di usung oleh sekumpulan  tokoh agama dan calon satunya di rekomendasikan/ di usung oleh sekumpulan preman. Nah kira-kira jika kamu suruh milih kamu bakal milih yang mana??

Artikel Terkait : 44 Ide Peluang Usaha Online Modal Kecil

Google pun demikian. Google kan mesin pencari yang sangat populer saat ini, bahkan boleh di katakan telah memonopoli di banyak negara.

Bayangkan jika google menampilkan hasil pencarian yang tidak sesuai dan memuaskan orang yang mencarinya. Maka bisa jadi orang jadi males untuk mengunakan google.

Makanya google berupaya sebaik mungkin membuat algoritma yang akan menampilkan hasil pencarian yang memuaskan.

Intinya jangan COPAS !!

Jika kamu belum bisa membuat artikel sendiri, silahkan re-writte artikel dari blog lain. Tapi jika itu sangat memakan waktu kamu, aku punya cara yang lebih simple. Mungkin cara ini juga di pakai oleh para pemain SEO juga, khususnya yang ternak blog.

Caranya seperti ini

  1. Cari artikel
  2. Copas
  3. Translate
  4. Pasang

Untuk translate silahkan di translate minimal di 3 bahasa. Misal dari bahasa Indonesia -> Bahasa Inggris -> Bahasa Spanyol – Bahasa Arab -> Bahasa Indonesia

Dijamin artikel anda unik dan tidak ada yang menyamai. Ya mungkin nantinya artikel tersebut tidak bisa kita pahami. Namanya juga blog dummy atau blog bayangan…

Untuk lebih yakin, anda bisa check ke aslian artikle tersebut di sini

Selain mengunkan Blog yang versi gratisan ( Blog dummy), ada istilah lain yang sebenarnya mirip banget dengan vlog dummy yaitu Private Blog Network ( PBN )

Gampangannya adalag jika blog dummy itu versi gratisan kalau PBN itu blog dummy yang versi berbayar. Sebab PBN ini adalah sebuah blog yang sudah ber-akhiran .com, .net, .co.id dll

Untuk cara pengunaanya sama dengan blog dummy. Perbedaan hanya pada versinya saja ( Gratisan  dan Berbayar )

Skema Baclink Blog Dummy

 

Bagian ini sering banyak yang salah dalam pengerjaannya. Banyak yang hanya mengarahkan 1 link ke website utama. Jika punya sepuluh blog dummy semuanya di arahkan di 1 link yaitu ke website utama. Menurut saya ini kurang benar, karena lagi-lagi nantinya si Mbah Google akan curiga

Skema backlink blog Dummy ( Sumber : www.google.com )

Skema di atas menurut saya skema yang bagus.  Web 2.0 ( Blog dummy ) selain mengarah ke blog utama ( Your site) juga mengarah ke blog dummy lainnya. Artinya ini saling menguatkan satu sama lain.

Untuk mengarahkan backlink dari blog dummy ke blog utama, pasang di bagian menu blog ya. Terserah mau bagian atas, samping atau bawah.

Artikel Terkait : 7 Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

Nah setelah memasang link di tubuh blog dummy. Kita juga bisa memasang link di artikel. Di dalam artikle ini silahkan di tanam 3 link saja. 1 link ke artikle itu sendiri, 1 lagi ke blog utama dan satu lagi ke halaman awal blog dummy

Sekian artikel bagaimana cara membuat blog dummy dan pemanfaatannya bagi website kita. Tapi sebelum membuat blog dummy, kualitas blog utama harus kamu perhatikan.

Jangan sampai kamu capek-capek sudah membuat ratusan blog dummy tapi kualitas artikel di blog utama masih acak-acakan. Saran saya, buat artikel se unik dan semenarik mungkin.  Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya

Cari Artikel di Sini


Cara Membuat Blog Dummy | Admin | 4.5
%d bloggers like this: