Cara Membuat Blog di WordPress.com

Cara Membuat Blog di WordPress – Di era sekarang ini, fungsi sebuah  blog sangatlah penting. Dari yang pada mulanya hanyalah sebuah tempat atau wadah online untuk menulis dan berbagi cerita.

Namun kini blog sudah mulai banyak yang menjadikannya sebagai sarana promosi yang ampuh dan juga bisa menjadi sumber pendapatan uang yang berlimpah, yaitu dengan cara memasang iklan dan juga cara lainnya.

Jika pada artikel sebelumnya, saya membahas cara membuat blog di Blogspot. Maka pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara membuat blog di WordPress

Tutorial ini akan membahasa bagaiamana cara membuat blog yang versi gratisan alias wordpress hosted Sebab wordpress sendiri menawarkan 2 pilihan yaitu mau yang wordpress hosted ( versi gratis ) atau wordpres self-hosting ( versi berbayar).

Nah sebelum anda mengunakan yang berbayar silahkan simak dulu bagaimana cara membuat blog di wordpress yang versi gratisan terlebih dahulu. Baru nanti kita lanjut ke versi yang berbayar…

Langkah-Langkah Membuat Website dengan WordPress untuk Pemula

1 . Langkah pertama

Silahkan buka situs WordPress, klik atau buka URL ini di browser kamu id.wordpress.com

2. Langkah kedua

Setelah halaman WordPress terbuka, silahkan klik tombol “ Create Website ”. Lihat gambar di bawah ini:

Klik Create Website

Klik Create Website

3. Langkah ketiga

Setelah kamu meng-klik tulisan Create Website maka kamu akan di bawa ke halaman pilihan thema. Disini kamu bisa memilih thema yang kamu sukai. Caranya gerakan kursor ke arah thema yang akan kamu pilih selanjutnya tinggal klik kanan aja.

Silahkan pilih thema untuk blog kamu

Silahkan pilih thema untuk blog kamu

4. Lagkah keempat

Pada langkah ini, silahkan tulis nama URL kamu di nomor 1. Tulis dengan huruf kecil semua dan di sambung. Jika anda ingin memberikan spasi silahkan di kasih tanda strip (-). Sebab ini akan menjadi alamat web kamu. Di mana kita tahu bahwa kaidah penulisaanya tidak akan dibolehkan menulis alamat web dengan spasi

Baca : Cara Membeli Domain dan Hosting

Jika sudah silahkan klik tulisan “Pilih” di paling atas. Sebab kita akan membuat blog wordpress yang versi gratisan

Tulis alamat URL kamu

Tulis alamat URL kamu

lalu silahkan pilih paket gratis

Memilih Paket WordPress

Silahkan pilih paket blog yang Anda inginkan, pilih Gratis jika Anda ingin paket yang gratis

5.  Langkah kelima

Silahkan isi semua form di bawah ini. Mulai dari email, nama penguna dan juga password. jangan lupa untuk menyimpan nama pengguna dan password anda. Seab nanti kan kmau gunakan untuk login ke akun wordpress ini.

Isi semua form ini

Isi semua form ini

Kemudian jangan lupa klik Buat Akun Saya.

6. Langkah keenam

Blog anda sudah jadi. Setelah itu kamu akan di arahkan  menuju halaman dashboard di WordPress.com . Untuk melakukan pengaturan lebih lanjut, jangan lupa untuk aktivasi akun terlebih dahulu. Caranya yaitu silahkan masuk ke email yang kamu dafarkan tadi.

Silahkan kamu jelajahi halaman dashboard ini, saran saya arahkan dulu kebahasa indonesia sehingga sangat mudah untuk dipahami ( optional aja sih..) Disini kita dapat mengubah tema blog (desain), menulis post dan halaman, menambahkan pengguna, merevisi profil pengguna dan masih banyak lagi.

Blog di WordPress sudah jadi

Blog di WordPress sudah jadi

Sekian tutorial membuat blog di wordpress. Setelah blog jadi mulia rajinlah posting hal-hal yang sesuai dengan tema. Sebelum menulis, buatlah list terlebih dahulu judul-judul yang nantinya akan kamu buat. Ini akan mempermudah kamu dalam me-manage blog kamu. Semoga artikel ini bermanfaat.


Cari Artikel di Sini


2 Comments

  1. Veni 16 July 2016

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: