3 Langkah Mudah Membuat Blog di Blogger (Kelebihan dan Kekurangan)

Cara Membuat Blog di Blogspot – Aktifitas bloging adalah aktivitas yang nampaknya semakin di gemari oleh masyarakat indonesia. Terutama oleh anak-anak muda. Dengan memiliki blog kamu bisa berbagi semua hal yang ingin kamu bagi. Saran saya, jika kamu ingin membuat blog tentukan dulu tema apa yang akan kamu buat.

Sebab dengan menentukan tema terlebih dahulu( apalagi tema tersebut sesuai dengan bidang kita ) akan memudahkanmu untuk selalu aktif menulis. Jika kamu bisa benar-benar merawat blogmu, kedepannya kamu bisa memonetize blog tsb. Sehingga selain anda shara hal-hal yang anda suka, anda juga akan di bayar.. uenak to…

Sebenarnya untuk membuat blog, ada beberapa platform yang bisa kamu gunakan seperti  Blogspot, Jombla, Blogdetik, WordPress, Tumblr, Blogger, Webly dll.  Nah biasanya yang biasa di gunakan oleh para blogger atau para pebisnis online indonesia yaitu kalau gak wordpress ya blogspot. Nah pada kesempatan kali ini saya akan share, bagaimana kaidah-kaidah yang benar dalam membuat blog khususnya di platform blogspot.

Tutorial ini saya share khusus bagi teman-teman yang memang sama sekali belum tahu cara membuat blog. Nah bagi temen-temen yang sudah bisa, kamu tidak perlu baca tutorial bagian ini. Silahkan baca tutorial-tutorial yang lain saja hehe

Bagaimana Cara Membuat Blog di Blogspot ??

Untuk membuat blog di blogspot, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Ya untuk biaya kuota itu wajar sih.. Maksut saya anda tidak perlu membayar di blogspot untuk bisa membuka blog baru.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang blogging, yang perlu kamu pahami bahwa membuat blog itu konsepnya mirip dengan kita membuka toko. Maksutnya, di sini di perlukan proses agar nantinya blog yang kamu tulis bisa menghasilkan profit.

Artikel Terkait Cara Membuat Blog Dummy

Jadi jangan harap, begitu kamu membuka blog dan memposting tulisan maka sejak itu pula kamu bisa mendapat income dari blog. Sekali kali Jangan !!

Ada tahap-tahap yang perlu kamu lalui dahulu sebelum kamu bisa sampai ketahap itu, salah satunya ya tentang cara membuat blog ini.

Apa Kelebihan Membuat Blog di Blogger.com ?

Nah, kalau tadi masih sebatas “pengantar” saja ya. Sebelum kita ke masalah teknis kita bahas dulu, mengapa sih harus membuat blog di blogger.com?

Tentu saja ada alasan khusus mengapa saya merekomendasikan kamu membuat blog di blogger.com.

Untuk level “gratisan” menurut saya pribadi blogger tetaplah yang terbaik! Tidak ada CMS (Content Management System) yang gratis dengan fitur lengkap dan sebaik blogger.com.

Lantas apa saja kelebihan blogger dibanding dengan platform blog lainnya?

1. Blogger.COM itu milik Google!

Salah satu alasan kuat mengapa saya merekomendasikan blogger adalah karena blogger itu miliknya google.

Ya, blogger.com dulu memang bukan buatan google. Google mengakuisisi blogger di awal tahun 2000an yang lalu. Semenjak itu blogger mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Artikel Terkait 44 Peluang Bisnis Online

Meskipun kita mengaksesnya melalui alamat blogger.com tapi url blog yang kita dapatkan adalah blogspot.com. Karena itulah bisa saya katakan blogger = blogspot.

Tapi, jangan salah sangka ya. Seorang blogger itu tidak berarti dia punya blog di blogger.com / blogspot. Blogger adalah sebutan bagi orang yang memiliki aktivitas/pekerjaan ngeblog. Seperti yang kita tahu, pekerjaan/aktivitas orang dalam bahasa inggris sering menggunakan akhir “er” atau “ist”.

Lantas kalau blogger itu milik google apa istimewanya? Lihat statistik dibawah ini :

Market Share Pengguna Google

Market Share Pengguna Google di Seluruh Dunia

Kita fokus untuk pasar Indonesia saja, di Indonesia Google menang telak dari semua lawanya dengan menguasai 96% pasar mesin pencari. Sedangkan jumlah pengguna internet di Indonesia itu lebih dari 80 juta orang!

Bisa terbayang? Tentu saja ada 70 juta orang lebih bukan yang menggunakan google? Karena jumlah pengguna yang luar biasa banyak, tentu saja google adalah salah satu tempat mendulang visitor nomor 1 bagi para blogger.

Nah, karena blogger.com adalah miliknya google maka otomatis blogger.com telah dioptimisasi oleh Google supaya “friendly” bagi si empunya ini.

Apa buktinya bahwa blogger itu lebih friendly dibanding CMS gratisan lainnya?

Bukti paling sederhana adalah adanya integrasi semua layanan pendukung blogger. Misalkan adalah google analystic untuk mengetahui statistik pengunjung blog lengkap dengan jumlah, kata kunci, negara visitor. Google adsense untuk menguangkan blog, dan feedburner untuk mengoptimalkan sitemap.

Paling tidak ada 3 fitur itu yang membuat Google memang mendukung penuh blogger.com.

Selain itu juga ada fitur-fitur on page lain yang di sedikan google untuk mengoptimalkan kinerja blogger.com supaya lebih bersahabat di mata mesin pencari.

Masih meragukan keampuhan blogspot? Meskipun gratisan tapi tidak bisa diremehkan ya!

2. Blogger.COM itu User Friendly

Dibanding platform lain memang blogger itu termasuk yang paling mudah digunakan oleh para pengguna, meskipun orang awam.

Buktinya apa?

Cukup menggunakan email dari google kita bisa membuat blog gratis! Tidak perlu registrasi macem-macem seperti platform blog lailn seperti wordpress atau weebly.

Karena blogspot ini user friendly maka kita akan dipermudah untuk membuat dan merawatnya. Kita bisa mengotak-atik semau kita apalagi jika kita memiliki pengetahuan yang cukup untuk pemrograman web (html, css, xml).

3. Gampang Di Modifikasi

Kelanjutan dari fitur kedua tadi, blogger itu gampang sekali di modifikasi. Kita bisa membuat web modal apapun menggunakan blogger. Selama web itu berbentuk portal.

Maksudnya adalah, selama web itu “hanya” memuat informasi seperti artikel, gambar, video kita bisa membuatnya lewat blogger.

Artikel Terkait 11 Kriteria Menjadi Eksekutif yang Sukses

Misal, ingin buat toko online? Kita bisa buat lewat blogger! Ada buanyak sekali template-template blogger yang di buat khusus untuk toko online. Lengkap dengan fitur harga, add to chart, diskon, hingga ke proses checkoutnya.

Ingin buat portal berita? Nah ini lebih gampang lagi! Ada banyak sekali template-template yang di desain khusus untuk portal berita. Bisanya tipe ini disebut dengan “Magazine Blogger Template”

Blogspot Mudah Di Kustom Sesuai Dengan Kebutuhan

Blogspot Mudah Di Kustom Sesuai Dengan Kebutuhan

Ingin buat gallery foto? Blog Wallpaper? Ini juga bisa! Tidak sedikit para template maker yang membuat template untuk di optimasi menampilkan konten foto. Jadi, kita bisa membuat photo gallery di blog kita.

Tentu saja masih ada banyak sekali tipe-tipe web yang bisa kita buat dengan menggunakan blogger.com.

Karena itulah saya bisa katakan blogger.com itu platform gratis terbaik untuk blogging. Tidak ada yang bisa ngalahin blogspot dari segi fitur apapun! Kecuali blog self host saya tetap rekomendasi wordpress, ingat wordpress self host itu beda dengan wordpress.com ya!

4. Setting TLD Domain Gampang!

Kelebihan lainnya adalah kita bisa dengan amat mudah mengganti alamat blogger.com dengan domain kita sendiri.

Misal, alamat blog kita adalah namablog.blogspot.com kita bisa dengan mudah mengganti nama domain menjadi namablog.com.

Kita tinggal membeli domain sesuai dengan yang kita inginkan di penjual domain (baca: panduan lengkap membeli domain dan hosting).

5. 100% Gratis!

Nah ini yang paling enak, semua fitur itu bisa kita dapatkan gratis!

Loh? Kalau gratis mengapa domain harus beli ? Mengapa template ada yang berbayar?

Ingat domain, template premium itu bukan dari blogger.com, tapi dari pihak ke tiga. Karena itulah template-template yang bagus memang rata-rata berbayar.

Tapi, jika kebutuhan kita tidak mendesak alias blogger sewajarnya saja menggunakan layanan dari blogger itu sudah sangat lebih dari cukup.

Kita lupakan saja teknik SEO yang ribet itu. Cukup membuat konten yang berkualitas dan memanfaatkan fitur 100% gratis blogspot sudah lebih dari cukup.

Artikel Terkait : Cara Membuat Artikel yang Menarik Ribuan Visitor!

Nah itu tadi adalah 5 kelebihan yang kita dapat dari blogger.com. Meskipun memiliki segudang kelebihan tetapi blogspot memang tidaklah sempurna.

Tentu saja layanan andalan google ini memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan blogspot itu? Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki blogger :

1. Karena milik Google maka kita harus “tunduk” dengan aturan Google

Nah,, ini juga yang jadi tidak enaknya. Karena ini layanan milik google maka mau tidak mau kita harus ikut dengan aturan yang dibuat oleh google.

Karena itulah kita benar-benar dibatasi oleh google disini. Meskipun sebenarnya google memberikan akses yang banyak untuk kita.

Selain itu, google dengan mudah menghapus blog kita tanpa ada pemberitahuan apapun. Alias asal hapus aja, kalau sudah terhapus baru dikasih email pemberitahuan.

2. Ribet untuk memasang Plugin

Kalau kita menggunakan wordpress self host maka kita tinggal pilih, dan install plugin yang kita mau. Kalu tidak kita tinggal upload aja file plugin yang kita punya.

Nah, kalau di blogspot kita mau tak mau harus membongkar script template blogger untuk menginstall suatu plugin.

Misal, kita ingin memasang related content di bawah artikel. Kalau di wordpress kita tinggal upload aja plugin, setting dah selesai. Kalau diblogspot? Kita harus manual memasukkan kode related content tersebut.

Untuk SEO juga, kalau di wordpress self host kita bisa mengoptimasi SEO secara maksimal. Kita bisa memberikan deskripsi lengkap untuk tiap tag ataupun kategori.

Kalau di blogspot? Sekali lagi kita harus manual! Mengisi meta content dari setiap kategori itu sendiri.

Nah, pada dasarnya hanya 2 itu saja sih kekurangan blogspot. Tapi, hal itu bisa saya anggap wajar juga. Karena blogger ini 100% gratisan, jadi jangan harap kita mendapatkan fitur yang maksimal.

Tapi secara keseluruhan blogger tetap sangat rekomended. Skornya ya 8 dari 10 lah menurut saya, hehe.

Langkah Membuat Blog di Blogspot

Kita sudah membahas panjang lebar mengenai kelebihan dan kekurangan blogspot. Sehingga setelah membaca kelebihan dan kekurangan tersebut saya nyatakan kalau kamu mantap ingin membuat blog di blogspot.

Lantas bagaimana membuat blog?

Sebelum saya membahas ke teknis pembuatan blog, saya ingin menekankan satu hal. Apa itu?

Tentukan dulu tujuan kamu membuat blog itu sendiri!

Maksudnya seperti ini, kamu ingin buat blog di blogspot untuk apa? Untuk membuat toko online? Membuat blog dummy? Atau hanya ingin membuat “diary online” saja?

Nah kalau sudah menentukan “tujuan” pembuatan blog kita lalu tentukan tema dari blog kita.

Misal, saya ingin membuat blog ini menjadi portal berita. Tapi… Portal berita seperti apa? Mau portal berita olahraga? Teknologi? Otomotif? Atau gado-gado ? Gado-gado adalah istilah umum yang digunakan untuk web/blog yang membahas semua topik.

Artikel Terkait Peluang Bisnis Affiliate Marketing!

Saya sarankan untuk membahas topik yang sangat-sangat spesifik! Mengapa saya katakan seperti itu? Karena lebih spesifik topik yang kita bahas maka semakin FOKUS kita dalam menulis.

Saya bisa katakan 100% orang yang membuat blog gado-gado itu susah fokus! Kecuali dibantu oleh content writer.

Hampir semua blog gado-gado itu artikelnya copas! Tapi ada juga yang menulis ulang dari berbagai sumber.

Nah, akan jauh lebih mudah jika kita hanya membahas 1 buah topik saja. Misalkan membuat blog yang hanya membahas fotografi saja.

Bagaimana memilih topik untuk ngeblog?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pilihlah 1 topik pembahasan saja di blog kita. Jangan ngelantur, kecuali blog pribadi yang bebas mau berkata apapun.

Jika tujuan kita ngeblog untuk mencari uang maka kita wajib untuk fokus dalam 1 topik.

Salah satu cara menentukan topik blog adalah dengan melakukan research atau riset.

Riset pertama adalah riset pada diri sendiri. Lhoh? Maksudnya begini, topik apa yang menjadi passion kamu?

Cara gampangnya, topik apa yang jika kita menulis tentang topik itu bisa sampai ribuan kata? Nah itu adalah topik yang pantas diambil!

Misal, kamu senang tentang fotografi dan tahu semua seluk-beluk fotografi. Nah, niche (topik) tentang fotografi ini layak dijadikan topik blog.

Konten adalah "raja"

Content is “King” (Gambar : brandlearning.com)

Langkah kedua adalah melakukan riset dengan google keyword planner. Jika memiliki modal yang lebih, kita bisa menggunakan google keyword planner untuk mencari topik blog kita.

Dengan menggunakan tools tersebut kita bisa tahu seberapa banyak orang yang berminat dengan topik yang akan kita bahas. Dengan mengetahui jumlah calon pengunjung maka kita bisa lebih spesifik menyediakan konten yang bermanfaat untuk pengunjung.

Langkah selanjutnya ya kita tinggal menulis sesuai dengan topik yang kita pilih tadi..

Untuk awal-awal jangan terlalu pusing memikirkan jumlah artikel yang di publish. Tapi utamaka kualitas dibanding kuantitas. Lebih baik 1 artikel yang lengkap daripada 10 artikel abal-abal.

Lalu.. Bagaimana Membuat Blog di blogger.com?

Setelah membahas panjang lebar tentang hal-hal yang perlu di perhatikan dalam membuat blog, kita tiba pada hal teknis untuk membuat blog di blogger.com.

Lebih jelasnya silahkan ikuti petunjuk dibawah ini :

1 . Langkah pertama

Syarat pertama sebelum kamu membuat blog di blogspot, kamu harus memilik sebuah akun email yang platformnya gmail ya, bukan yang lain. Sebab si blogspot ini tidak mau menerima kalau pakai platform lain. U Know lah blogspot kan miliknya google, sehingga wajib hukumnya untuk mendaftar di blogspot kamu harus punya akun gmail

Baca Juga : Cara Membuat Email

Jika sudah punya email, silahkan masuk ke sini 

Masuk Ke Blogger

Masuk Ke Blogger

Setelah login kita dapat memilih profil Google plus atau menggunakan profil Blogspot.

Langsung tekan tombol ” Lanjutkan ke Blogger “.

Klik Lanjutkan ke Blogger

Klik Lanjutkan ke Blogger

2. Langkah kedua

Silahkan klik tombol ” Blog Baru “.

KLIK Buat Blog Baru

3. Langkah ketiga

Setelah kamu meng-klik menu “Blog Baru”, maka langkah selanjutnya adalah memberi nama dan alamat Blog di Blogspot. Ini akan menjadi URL dan Judul Blog kamu.

Isi Nama dan Almaat blog

Isi Nama dan Almaat blog

Keterangan :

Nomor 1  : Isikan Judul Blog kamu.

Nomor 2 : Tuliskan alamat atau URL blog kamu. Jika tujuannya untuk branding buatlah URL  yang Unik dan Mudah di Ingat. Kalau tujuannya buat jualan saran saya gunakanlah kata kunci. Silahkan di sesuaikan dengan tujuan kamu

Nomer 3 : Pastikan terdapat tulisan ” Alamat Blog Ini Tersedia”. Ini menandakan anda masih bisa membuat blog dengan alamat tersebut

Nomor 4 : Silahkan pilih thema bawaan oleh Blogger. Pilih saja salah satu, nanti jika kamu belum puas, kamu masih bisa mengantinya dengan tema yang lainnya.

Nomor 5 : Klik Buat Blog. Maka blog kamu sudah di dafarkan ke Blogspot dan siap untuk kamu gunakan

Maka tampilannya akan seperti ini

Tampilah menu di Blogspot

Tampilah menu di Blogspot

Untuk melihat blog kita, kamu bisa klik tulisan ” Lihat Blog” dan untuk melakukan posting silahkan klik tulisan Entri Baru atau simbol  pensil di pojok kanan atas.

Blog kamu sudah jadi

Blog kamu sudah jadi

Secara mudahnya blogspot kamu sudah selesai dibuat. Mudah sekali bukan? Hanya tinggal klik, klik, dan klik.

Tapi…

Meskipun sudah selesai tapi tampilan blog kita masih “standard” sekali. Bagaimana caranya memoles blogspot ini menjadi lebih baik? Mari kita bahas satu persatu :

1. Halaman Depan Blogspot

Halaman Overview Blogger

Halaman Overview Blogger

Nah, yang pertama kita harus tau dulu halaman depan dari blogspot. Halaman ini cukup penting karena menunjukkan progress perkembangan blog kita.

Disebelah kiri adalah menu-menu utama, disana ada menu yaitu :

  1. Overview adalah halaman yang menunjukkan statistik secara umum
  2. Posts adalah halaman untuk membuat dan mengedit posts (artikel) di blog
  3. Pages adalah halaman untuk membuat dan mengedit page (halaman) di blog
  4. Comments adalah halaman untuk mengecek komentar, baik mengaprove ataupun menjawab komentar di post/page yang telah kita publish
  5. Google+ adalah halaman untuk menyambungkan blog ke akun google+ kita, dengan fitur ini kita bisa membuat submit otomatis setiap artikel kita publish
  6. Stats adalah halaman yang menunjukkan statistik lengkap blog kita, baik jumlah perhari, perbulan, pertahun. Lokasi asal visitor, OS apa yang digunakan, dan sumber mereka datang ke artikel kita
  7. Earnings adalah halaman untuk menghubungkan blog dengan google adsense
  8. Campaigns adalah halaman untuk menhubungkan blog dengan layanan google adwords (promosi)
  9. Layout adalah halaman ini digunakan untuk memodifikasi gadget yang tampil di blog
  10. Template adalah halaman ini untuk mengedit total tampilan blog (harus bisa bahasa pemrograman web)
  11. Settings adalah untuk menyetting pengaturan blog secara umum

2. Cara Membuat Pages/Halaman di Blogspot

Membuat Page / Halaman di Blogger

Membuat Page / Halaman di Blogger

Untuk membuat halaman di blogspot cukup gampang yaitu tinggal klik pages -> new page.

Lalu… apa bedanya page dengan post?

Page itu digunakan untuk memberikan informasi yang tidak berubah-ubah. Misalkan kontak, about us, dll.

Kalau post itu kontennya, jadi kalau kita ingin mengupdate artikel menu yang kita pilih bukan page tapi post.

Dulu fitur pages ini belum ada di blogspot, pada saat saya awal-awal belajar ngeblog sekitar tahun 2007-2008an fitur ini belum ada.

Tapi sekitar tahun 2009an fitur ini dibuat oleh Google, mungkin untuk menyaingi fitur yang diberikan oleh wordpress.com.

Mengapa fitur ini begitu penting? Fitur page ini adalah fitur utama untuk menampilkan “identitas” blog kita. Karena informasi-informasi krusial tentang blog/web kita itu ditampilkan menggunakan fitur ini.

Lantas, apa saja page yang perlu dibuat? Setidaknya ada 4 page yang harus dibuat di blog kita, yaitu :

  1. About, menampilkan informasi tentang profil blog kita.
  2. Disclaimermenampilkan pernyataan bahwa segala informasi yang dibuat itu hanya sebatas informasi semata, dan penulis tidak bertanggung jawab atas kekurangan informasi yang diberikan. Meskipun, sebisa mungkin informasi yang disampaikan itu lengkap.
  3. Privacy Policyhalaman ini seperti halaman disclaimer namun lebih mendetail. Menyangkut segala bentuk pasal-pasal ataupun license yang ada di blog
  4. Contact Us, halaman ini biasanya berisi informasi kontak yang bisa dihubungi ataupun berupa formulir.

3. Cara Membuat Post/Artikel di Blogspot

Membuat Artikel di Blogspot

Membuat Artikel di Blogspot

Nah, setelah itu ini adalah yang paling penting yaitu mengupdate konten!

Ingat “konten adalah raja”, jadi jika ingin blog kita ramai dikunjungi oleh banyak orang maka artikel yang kita tulis itu harus berkualitas.

Quality is better than Quantity

Utamakan kualitas konten daripada kuantitas konten. Saran saya buatlah artikel dengan perbandingan 1:3.

Misal begini, kamu buat 1 artikel yang puanjang dan super lengkap, lalu diimbangi dengan 3 artikel yang tidak terlalu panjang. Gunanya apa? 1 artikel itu untuk “menjaring ikan besar” sedangkan artikel yang pendek-pendek itu untuk “menjaring ikan kecil”.

Dalam rocket manajemen ini juga saya terapkan. Saya memiliki banyak tim penulis disini, nah saya pribadi itu membuat artikel dengan kualitas diatas tim writer lain.

Artikel yang saya tulis rata-rata panjang diatas 1000 kata, tetapi yang tim lain tulis rata-rata hanya 300-500 kata.

Nah, artikel yang kami tulis itu bersifat “Long Tail Keyword” artinya keyword-keyword yang kami bidik itu jangka panjang.

Itupun masih kami pilah lagi, artikel dengan jumlah pencarian banyak (diatas 10.000) biasanya kualitas konten 10x daripada artikel dengan jumlah pencarian sedikit (dibawah 1000).

Lalu bagaimana cara menulis artikel di blogger itu?

Cara Menulis Artikel

Cara Menulis Artikel

Secara umum tampilannya seperti itu untuk membuat artikel di blogspot.

Nomor 1 adalah field untuk mengisi judul artikel. Gunakan judul yang menarik, judul panjang tidak masalah asal bahasanya tidak boros kata.

Misal, judul artikel ini adalah “3 Langkah Mudah Membuat Blog di Blogger (Kelebihan dan Kekurangan)” judulnya panjang memang, tapi lebih menarik daripada judulnya hanya “panduan lengkap membuat blogger”.

Lo, itu kan judulnya 3 langkah saja, tapi kok panjang banget? Nah, 3 langkah kan membuat blognya bukan? Saya jamin jika sudah lancar hanya perlu waktu 1 menit untuk membuat 1 blog.

Mengapa artikel ini begitu panjang? Karena saya anggap pembaca ini masih orang awam jadi saya memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya. Sehingga informasi yang saya berikan itu tidak setengah-setengah.

Nomor 2 adalah bagian untuk mengisi konten itu sendiri. Jadi kita bisa menulis semau kita di form tersebut.

Tidak ada batasan seberapa panjang artikel yang dapat kita tulis, jadi kita bisa menulis meski 1 kata saja, atau mau nulis 10.000 kata juga tidak masalah. Kita diberi kebebasan penuh oleh blogger untuk mengisi konten blog kita sendiri.

Tapi, salah satu kelemahan blogger adalah text editornya masih terbatas. Jadi tidak selengkap wordpress apalagi microsoft office. Kita hanya bisa melakukan editing standard html saja, seperti bold, rata kanan-kiri, dll.

Nomor 3 adalah pengaturan konten. Di paling atas ada field labels jadi kita bisa membuat kategori untuk tiap-tiap artikel yang dipublish. Apa manfaat label ini?

Jadi, misal di rocket manajemen ini tidak hanya membahas 1 topik saja. Jadi, artikel tentang manajemen saya beri label manajemen, tentang bisnis online saya pasang kategori bisnis online. Tujuannya supaya mudah manajemen dan mencari konten.

Schedule berfungsi untuk menjadwal publikasi artikel kita. Misal, hari ini kita sedang semangat untuk membuat 10 artikel. Daripada kita submit 10 artikel secara langsung maka lebih baik kita jadwal publikasi 10 artikel itu untuk 10 hari kedepan.

Jadi, meskipun kita tidak menulis tapi blog kita tetap update.

Permalink nah disini yang cukup penting untuk search engine optimization jika masih bingung apa itu permalink contohnya seperti ini. Alamat untuk artikel ini adalah http://rocketmanajemen.com/cara-membuat-blog-di-blogspot/ nah yang saya bold itu adalah permalinknya.

Jadi, kita bisa mengedit permalink ini sesuai dengan keinginan kita. Saya sarankan permalink ini berisi kata kunci yang dibidik, sehingga lebih mudah untuk merangking di google.

Location fitur ini tidak terlalu penting juga, jadi kita bisa mensetting lokasi dimana artikel kita ini dipublikasikan.

Pengaturan Artikel di Blogger

Pengaturan Artikel di Blogger

Reader Comments adalah pengaturan untuk memperbolehkan atau tidak pengunjung untuk berkomentar. Allow untuk mengijinkan dan Don’t Allow untuk tidak mengijinkan pembaca berkomentar.

Show HTML literally untuk menampilkan hasil tampilan kode html, misalkan jika kita tulis <b>tebal</b> maka outputnya adalah tebal, tapi jika Interpret typed HTML jadi kita menampilkan kode asli htmlnya yaitu <b>tebal</b>.

Use <br> tag jadi kita menggunakan kode <br> untuk membuat baris yang baru, sedangkan Press “Enter” for line breaks kita cukup enter saja untuk membuat baris/paragraf yang baru.

Mana settingan yang terbaik? Yang terbaik ya sesuai dengan selera kamu sih. Tidak ada aturan pasti untuk mensettingnya.

Nah, mungkin itu saja ya yang bisa saya bahas di artikel kali ini. Kalau saya bahas semua tentang blogspot dalam 1 artikel ini saya yakin akan sangat panjang sekali.

Mungkin kedepannya saya akan membahas lebih banyak hal-hal teknis untuk blogspot ini. Semoga bermanfaat!


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: