Bagaimana Caranya Google Adsense Bisa Membayar?

Cara Kerja Google Adsense

Dasar-Dasar Google Adsense Google Adsense adalah salah satu cabang bisnis online yang digemari oleh banyak orang. Mengapa saya berani berkata seperti itu? Karena memang kebanyakan para pebisnis online pemula lebih suka berbisnis google adsense daripada yang lain, alasannya sederhana mereka ingin passive income tanpa usaha!

Apa iya bisnis Google Adsense itu semudah yang dikatakan orang? Saya dengan tegas menjawab tidak! Ada banyak sekali aspek-aspek yang harus dipenuhi supaya kita berhasil di bisnis Google Adsense. Aspek-aspek ini akan saya jelaskan dalam artikel selanjutnya. Dalam artikel ini saya akan fokus menjabarkan konsep kerja Google Adsense.

Artikel Terkait : Peluang Bisnis Google Adsense

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan memang secara garis besar tentang Google Adsense. Mulai dari zero hingga ke tips-tipsnya. Tapi, tidak ada salahnya jika saya kembali mengulasnya dengan lebih detail satu persatu. Kita mulai dulu dari, bagaimana cara kerja Google Adsense?

Cara Kerja Google Adsense

Google Adsense secara mudahnya memberikan wadah bagi paa pemilik situs blog / web untuk mendapatkan uang lewat konten (artikel, video, gambar, dll) yang mereka miliki di website tersebut. Google Adsense dengan kecerdasan yang dimilikinya akan mencocokkan iklan (baik gambar maupun teks) dengan konten yang ada di web kita agar iklan yang tampil menjadi relevan.

Logikanya seperti ini, jika kamu memiliki web/blog yang membahas tentang gadget maka Google Adsense akan menampilkan iklan seputar gadget, misalkan iklan dari toko-toko online yang menjual gadget. Sangat tidak efektif jika blog kamu membahas gadget tetapi iklan yang ditampilkan tentang travel, iya bukan? Itulah salah satu kelebihan algoritma yang dipunyai Google.

Lalu darimana Google mendapatkan iklan yang begitu besar? Jawabannya ya dari pengiklan atau advertiser. Pengiklan akan membayar sejumlah uang supaya iklan mereka ditampilkan lewat Google Adsense. Karena pengiklan membayar iklan itu tidak sama, artinya tiap jenis iklan (ukuran, tema iklan mislakan gadget, bisnis, fashion) maka jumlah pendapatan yang akan diterima oleh publisher (istilah yang menggunakan Google Adsense) tidak akan sama. Lebih jelasnya lihat bagan yang saya dapatkan dari situs resmi google dibawah ini :

Cara Kerja Google Adsense

3 Step Alur Kerja Google Adsense (Gambar : Google)

Dari gambar diatas ada 3 alur utama yang menjelaskan bagaimana Google Adsense membayar kita. Penjelasnya sebagai berikut :

1. Anda Menyediakan Ruang Iklan

Nah, yang pertama dan utama adalah kita harus menyediakan space atau ruang iklan. Untuk apa ini diperlukan? Ya, bagaimana bisa Google Adsense menampilkan iklan kalau spacenya aja tidak ada? Nah, space atau ruang kosong tadi adalah ruang yang akan menampilkan iklan-iklan yang sesuai dengan tema blog kita. Misalkan seperti gambar dibawah ini :

Contoh Iklan Google Adsense

Contoh Iklan Adsense Yang Tampil

Gambar diatas adalah salah satu contoh space yang disediakan untuk iklan Adsense. Blog maxmanroe memang sangat saya rekomendasikan bagi yang gemar membaca artikel seputar bisnis. Karena disana ada berbagai macam tips yang bisa Anda dapatkan.

Artikel Terkait : Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

Kembali lagi ke topik, disana ada 2 space iklan yang saya tampilkan. Paling tidak sudah memberikan gambaran yang jelas apa itu space iklan di website. Di web-web besar seperti kompas, detik, space iklan yang ada jauh lebih banyak dan lebih besar. Kalau tidak percaya silahkan kunjungi web tersebut maka akan ada banyak sekali iklan yang muncul, baik tulisan, gambar, pop up, dll.

2. Iklan Yang Membayar Paling Tinggi Akan Muncul di Situs Anda

Dengan algoritma tertentu Google Adsense akan menampilkan iklan dengan nilai BID yang paling besar. Apa maksudnya nilai BID itu? Pada dasarnya ada banyak pihak yang akan mengiklankan pada 1 buah niche (tema). Misalkan, tentang gadget maka tidak hanya ada 1 pengiklan saja yang mengiklankan. Karena itulah, dengan sebuah algoritma tertentu Googel Adsense akan menampilkan iklan yang nilainya paling besar alias pengiklan yang berani membayar lebih mahal.

Mengapa Google Adsense lebih memilih iklan yang mahal? Ya jawabannya simple, karena Google juga ingin mendapatkan uang yang lebih banyak. Perhitungannya adalah 68 : 32. Artinya apa? Kita akan mendapatkan revenue sharing sebesar 68% dari setiap pendapatan iklan, dan Google akan mendapatkan 32%nya.

Artikel Terkait : Cara Memilih Domain Untuk Google Adsense

Jelasnya begini, jika pengiklan membayar $1 untuk iklan, maka kita akan mendapatkan 0,68 dollar sedangkan Google akan mendapatkan 0,32 dollar. Kok sedikit banget? Eiitsss jangan salah, itu nilai dari 1 buah klik. Ya hanya 1 klik saja. Tetapi, tidak mungkin nilainya akan sebesar itu. Kalau untuk web indo paling hanya 0.0x atau lebih kejam lagi hanya 0.00x dollar saja tiap klik.

3. Anda Dibayar

Nah step terakhir adalah menerima pembayaran dari Google Adsense. Tahap inilah yang dinantikan oleh semua publisher Google Adsense. Setelah kita memasang iklan dan mendapatkan bayaran setiap harinya maka kita akan bisa mencairkan uang tersebut.

Lalu kapan kita bisa mencairkan gajian Google Adsense? Pengalaman saya, gaji dalam 1 bulan akan diakumulasikan di akhir bulan. Misalkan gaji bulan Januari akan dikumpulkan dan diakumulasikan di tanggal 31 Januari. Tetapi, agar uang itu bisa dicairkan maka kita harus menunggu tanggal 21 atau 22 Februari.

Kalau dalam perusahaan, akhir bulan itu sebagai tutup buku. Artinya tiap tanggal terakhir di suatu bulan Google Adsense akan menutup buku laporannya, dan diakumulasikan dengan bulan-bulan sebelumnya. Setelah mencapai minimal $100 Google Adsense akan mengirim pemberitahuan bahwa uang kita bisa dicairkan di tanggal 21 waktu Amerika, dan tanggal 22 di waktu Indonesia.

Mungkin itu saja ya yang dapat saya bahas masalah alur kerja Google Adsense. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Kedepannya akan saya perbanyak artikel-artikel yang membahas bisnis online khususnya Google Adsense.

Cari Artikel di Sini


Bagaimana Caranya Google Adsense Bisa Membayar? | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: