Cara Mudah & Gratis Jualan Lewat Facebook dalam 3 Langkah

Cara Jualan di FacebookPernahkan anda memperhatikan di beranda facebook Anda, jika anda memperhatikan maka anda akan menemukan  di sana orang-orang yang meng-update status. Bahasa kerenya adalah news feed.

Nah di news feed atau beranda anda akan melihat postingan teman anda di mana anda pernah melakukan like, komentar, berkirim pesan, mestion dan juga melakukan tag-in.

Jika anda jeli, maka ini adalah peluang kita untuk berbisnis online. Sebab facebook dengan market yang begitu besar baik dari kalangan bawah, midle dan juga kalangan atas kebanyakan masih sering mengunakan facebook. Dengan semua fitur gratis dari facebook maka anda sebenarnya sudah bisa membangun bisnis anda sendiri mulai dari sekarang.

Diluar sana  mungkin anda sering mendengar, bahwa jualan di facebook itu harus mengunakan facebook Ads. Facebook ads adalah layanan di facebook untuk berbisnis yang berbayar.

Bagi anda yang sedang belajar jualan online saya sarangkan anda tidak mencoba ini. Silahkan coba facebook ads kalau anda sudah paham denga pola berfikir di dunia internet marketing, seperti menentukan target, riset , maintence page dan juga banyak hal lainnya.

Silahkan anda coba facebook ads kalau anda sudah paham dengan itu semua dan juga bisnis anda sudah mulai jalan. Namun jika anda masih benar-benar belajar jualan online maka gunakanlah fasiltas gratisan dulu.

Bagaimana Caranya Jualan Laris di Facebook ?

1. Riset target market anda

Hal ini hukumnya adalah wajib. Anda berbisnis online tapi tanpa melakukan riset maka ibarat kata anda jualan vodka di depan masjid dan jualan tasbih di depan diskotik ! Paham kan maksud saya?

Jadi dengan melakukan riset maka kita akan tahu siapa market kita. Kata kunci apa yang sering di ketikan orang di google untuk mencari produk yang anda jual. Selain itu anda bisa tahu bulan-bulan atau periode dimana produk anda akan laris dan produk anda turun.

Nah hebatnya lagi anda bisa tahu negara dan kota mana saja yang paling banyak mencari produk anda. Jika anda tahu itu semua maka anda akan mudah untuk berjualan, sebab anda punya data-data tersebut.

Baca : Cara Riset Produk Jualan 

2. Buat Akun Facebook yang Tersegmen dan Tertarget

Setelah riset maka langkah selanjutnya adalah mengkonversi hasil riset tersebut menjadi nama akun facebook anda.

Saya sarankan gunakanlah kata kunci untuk nama faebook anda. Alasannya sederhana, sebab dengan cara ini orang-orang yang add anda secara sadar tahu anda sedang jualan dan ia tetap add facebook anda, maka si orang ini adalah orang yang punya ketertarikan dengan produk anda.

Jadi misal anda jualan parfum maka anda bisa mengunakan nama Jual Parfum Original, Grosir Parfum Murah, Toko Parfum Branded dll. Dengan nama nama tersebut anda akan mudah untuk mendapatkan teman yang tersegman dan tertarget.

Jadi hindari pengunaan nama nama yang tidak mengandung keyword seperti Kanza Store, AdeliaShop, DeeaShop dll. Apalagi anda mengunakan nama nama alay seperti adinda cayangk kamuh celamnaya poerever. Maka saya jamin anda tidak akan maksimal dengan akun tersebut.

Baca : Membuat Akun Facebook Khusus untuk Jualan

3. Bangun Kedekatan dengan Konsumen 

Dengan membangun kedekatan maka anda akan mendapat tempat di hati pelangan anda. Jadi mau anda jualan apapun jika anda sudah dipercaya maka anda bisa menjual apapun. Membangun kedekatan ini banyak cara yang anda bisa lakukan.

Anda bisa lakukan like dan komentar di status teman-teman facebook anda. Ucapkanlah selamat ulang tahun jika ada teman facebook anda yang berulang tahun. Hal- hal sederhana tersebut akan membuat anda mendapatkan tempat di hati para pelaangan.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah disamping posting status jualan, jangan lupa juga untuk sharing status lain seperti motivasi, doa, kisah inspiratif dan bisa juga tips tips yang berkaitan dengan produk anda.

Misal anda jualan parfum maka anda bisa share tips cara memakai parfum yang benar atau anda bisa share cara memilih parfum yang baik itu seperti apa. Intinya jangan hanya posting status yang berbau jualan yang hard selling.

Itu tadi cara jualan di facebook. Tentu saja 3 langkah tersebut adalah gambaran secara umum. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel pada kategori facebook marketing.

Cari Artikel di Sini


Cara Mudah & Gratis Jualan Lewat Facebook dalam 3 Langkah | Admin | 4.5
%d bloggers like this: