6 Tips Mendaftar Google Adsense Biar Bisa Cepat Di Terima

Tips Sukses Google Adsense

Google Adsense adalah sebuah program PPC (Pay Per Click) yang banyak digemari oleh para IMers (Sebutan orang yang berbisnis online) publisher Indonesia untuk memonetize (mengkomersialisasikan) situs yang dimiliki.

Semenjak Google Adsense mendukung website berbahasa Indonesia pada tahun 2012 yang lalu , sudah banyak sekali blogger Indonesia yang telah mendaftarkan blog milik mereka ke Google Adsense. Walaupun demikian yang perlu kita ingat bahwa menjadi member dan memperoleh penghasilan dari Google Adsense bukan perkara yang mudah.

Bahkan ada beberapa orang yangmengalami kesulitan dalam mendaftar Google Adsense, padahal dalam mendaftar di program PPC Google ini tak terlalu sulit.

Sudah banyak sekali para blogger yang mendaftar, akan tetapi tak semua yang mendaftar akan diterima menjadi publisher di Google Adsense. Hal ini kemungkinan karena website ataupun blog kita daftarkan tak sesuai dengan ketentuan yang diharapkan oleh pihak Google.

Pihak Google Andsense menginginkan webesite ataupun blog yang nantinya menjadi publiher mereka adalah situs yang mempunyai kualitas baik serta memenuhi aturan (TOS) dari mereka.

Dulu dalam mendaftar Google Adsense terbilang mudah, akan tetapi dengan berkembangnya internet Google Adsense telah banyak melakukan perubahan dari segala layanan serta disesuaikan dengan perkembangan yang ada. Membuat sebuah blog dan kita isi dengan konten atau materi yang sangat “dangkal” dan mendaftarkannya di Google Adsense adalah sebuah tindakan yang sia-sia karena pasti tidak akan diterima.

Saya sendiri tahu Google Adsen sudah sejak tahun 2008an, ketika itu masih SMP kelas 2 kalau tidak salah. Waktu itu kata para mastah masa mudah-mudahnya daftar dan dapetin uang dari Google Adsense. Tapi, bagi saya yang dulu masih SMP, tidak ada tentor lagi mendaftar GA sangatlah susah. Baru di tahun 2013 saya iseng-iseng daftar dan baru diterima.

Lalu bagaimana cara agar mendaftaran ke Google Adsense agar cepat diterima? Keunikan, nilai jual serta originalitas dari sebuah blog adalah menjadi sebuah syarat mutlak agar diterima oleh Google Adsense.

PPC ini adalah sebuah program periklanan yang sama halnya dengan program periklanan lainnya. Mereka tentunya akan menginginkan website yang mampu memberikan promosi maupun pemasarn yang baik para pengiklan.

Sebenarnya dalam proses pendaftarannya sangat mudah, walaupun demikian untuk bisa diterima pada program PPC Google ini kita harus memperhatikan beberapa hal yang penting.

Sebelum kita mendaftar, sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal penting agar peluang diterima di Google Adsense lebih besar. Secara umum tips agar diterima oleh Google Adsense adalah sebagai berikut :

  1. Blog berisikan konten (artikel/video/gambar) yang unik (topik spesifik)
  2. Konten tidak sedikit (minimal 30)
  3. Perhatikan umur web
  4. Lengkapi halaman pelengkap situs (about, privacy, disclaimer)
  5. Gunakan produk google (blogger/youtube)
  6. Template minimalis

1. Isi blog / website itu unik alias tidak duplicate (copas)

Seperti yang telah kita sebutkan tadi originalitas dari konten di dalam website kita adalah nilai yang sangat penting bagi Google Adsense. Mereka akan sangat memperhatikan apakah konten yang ada dalam sebuah website akan mempunyai manfaat bagi orang lain atau tidak.

Bila kita lihat sebenarnya konten-konten yang ada di internet banyak membahas topik yang sama. Akan tetapi cara penyajiannya mapun penulisannya saja yang berbeda.

Misalkan saja saat kita menulis tentang “Pengertian dan Contoh Surat Dinas”, tentunya sudah banyak sekali situs-situs yang membahas topik ini. Akan tetapi cara menulis konten serta cara penyajiannya dalam blog kita akan berbeda dengan yang ada di blog lain.

Untuk itu pastikan konten yang ditulis bukan hasil dari copy paste dari sumber lain, karena kalo copy paste kemungkinan situs kita tak akan disetujui untuk  mengikuti program PPC Google Adesnse.

Menurut pengalaman saya blog dengan spesifik konten lebih cepat dan kemungkinan besar diterima, karena apa? Karena semakin spesifik konten Anda maka semakin berkualitas dan tepat pula iklan yang akan ditampilkan google. Jadi silahkan buat blog dengan tema spesifik, misalkan manajemen, bisnis, sepak bola, baju pengantin, dll.

2. Perbanyak konten berkualitas sebelum daftar

Jumlah konten juga merupakan salah satu faktor penting agar blog kita diterima di Google Adsense. Tapi belum ada jumlah pasti isi konten dari sebuah blog agar diterima di Googel Adsense. Walaupun demikian akan lebih baik bila blog kita mempunyai minimal 30 konten (kalau bisa 60) sebelum kita mendaftarkannya ke Google Adsense.

Nah untuk situs yang berbentuk blog, akan lebih baik kita rajin untuk meng-update isi konten yang ada di dalam blog kita. Karena hal ini juga akan mempengaruhi penilaian dari pihak Google. Blog yang sering kita update tentu mempunyai peluang lebih besar diterima oleh Google Adsense dibandingkan dengan blog yang jarang di update.

Tidak hanya banyak saja ya, tapi juga harus berkualitas. Pastikan setiap artikel itu ada imagenya. Karena, jika hanya teks saja maka kurang menarik, karena kurang menarik maka kemungkinan diterima google itu juga semakin kecil.

Perkaya konten Anda dengan video, gambar, infografik, audio, dll. Buatlah semenarik mungkin.

3. Perhatikan umur web / blog

Sebaiknya kita jangan terlalu terburu-buru untuk mendaftarkan blog kita untuk Google Adsense. Pasalnya pihak Google Adsense akan memperhatikan umur website, jumlah konten yang ada, jumlah pengunjung, page view, serta hal-hal yang lain.

Jika kita saat ini telah mempunyai blog yang telah berumur paling tidak 1 bulan (idealnya 6 bulan), sudah berisi banyak konten, serta telah mempunyai unique visitor yang stabil, hal ini dapat menyakinkan pihak Google Adsense bahwa blog yang kita miliki adalah sebuah tempat yang baik untuk memasang iklan.

Ada juga yang menyarankan menggunakan aged domain (domain berumur) tetapi menurut saya menggunakan fresh domain tidak masalah.

4. Lengkapi halaman pelengkap situs

Akan lebih baik situs yang kita miliki dilengkapi dengan halaman informasi pendukung, sebagai contoh halaman About, Privacy Policy, Kontak, serta TOS. Ini akan membuat situs kita telihat lebih serius serta memperhatikan pengunjung blog kepemilikan kita.

Untuk para blogger pemula halaman-halaman tersebut sering dilupakan, karena menurut mereka itu tidak penting. Anggapan itu sangat tidak tepat, sebuah situs profesional pasti ada halaman-halaman tadi. Dan jika situs blog Anda tidak ada informasit tersebut maka google menganggap situs Anda tidak profesional.

Karena tidak profesional maka situs Anda kemungkinan besar ditolak

5. Gunakan Blogger.com maupun YouTube.com

Ini juga hal yang harus kita perhatikan. Bila kita sudah mempunyai domain serta hosting sendiri, hal ini membuat peluang untuk diterima oleh pihak Google Adsense akan lebih besar, tentunya juga masih memperhatikan beberapa poin sebelumnya. Sedikit tips bagi kita yang masih menggunakan domain serta hosting gratis, dan kita berkeinginan untuk menjadi publisher, maka sebaiknya kita menggunakan Blogger.com.

Karena Google Adsense tak dapat kita pasang pada blog yang dibuat dengan WordPress.com, entah itu subdomain di WordPress maupun domain sendiri yang menggunakan free hosting di WordPress. Ini merupakan salah satu kebijakan (TOS) dari pihak WordPress.com sendiri.

Solusinya dengan menggunakan Blogger.com adalah sebuah layanan blog gratis yang diberikan oleh pihak Google. Tentunya hal ini keuntungan tersendiri bagi mereka yang menggnakannya. Karena selama ini pihak Google selalu memberikan kesempatan bagi merka pengguna Blogger.com untuk memonetize blog mereka dengan program Google Adsense.

Bila kita tak ingin membuat blog,  masih ada cara lainnya yakni dengan YouTube.com. Tentunya kita harus membuat beberapa konten video original yang harus kita upload di YouTube.com. Dan tentunya video ini harus mempunyai views yang cukup banyak agar dapat diterima pada program Google Adsense.

6. Gunakan template yang minimalis

Pada saat mendaftar google adsense lebih baik gunakan situs yang minimalis, cukup tampilan sederhana 2 kolom saja. 1 kolom artikel 1 kolom sidebar.

Karena dengan tampilan minimalis ini memiliki kesan bahwa situs Anda mengedepankan konten daripada tampilannya. Selain itu pula dengan tampilan minimalis tentu akan meningkatkan CTR (nilai klik) iklan yang akan ditampilkan google.

Saya pada saat mendaftar google adsen juga menggunakan template sederhana 2 kolom, dan ternyata diterima.

Konten yang kita buat tak harus “wah atau luar biasa” agar diterima oleh pihak Google Adsense. Hal yang terpenting adalah menyajikan konten-konten yang mempunyai manfaat bagi orang lain serta tentunya kita tulis dengan cara yang unik dan hasil pagliat (copy paste) konten kepunyaan orang lain.

Sudah ada banyak orang (blogger) yang mempunyai penghasilan tetap dari Google Adsense dengan blog mereka, mulai dari ratusan bahkan sampai dengan ribuan dollar perbulannya. Bila kita ingin memonitize website atau blog kita dengan cara memasang iklan, Google Adesense adalah salah satu program PPC yang harus kita pertimbangkan.

Cari Artikel di Sini


6 Tips Mendaftar Google Adsense Biar Bisa Cepat Di Terima | Admin | 4.5
%d bloggers like this: