6 Tips Cepat Kaya (Bisa Jadi Jutawan atau Milyarder)

Siapa yang tak ingin menjadi kaya? Setiap orang pasti ingin menjadi kaya raya. Eh tapi tunggu dulu, apakah Anda tahu definisi dari kaya? Sebenarnya definisi dari kaya itu tergantung dari dari kita sendiri, yang pasti kita sudah bisa bukan hanya untuk bertahan hidup tapi juga bisa menikmati hidup.

Bagaimana Cara Cepat Kaya?

Bila kita ingin jadi kaya, apakah hanya cukup menabung saja? Tentu jawabannya tidak. Tapi yang jelas orang kaya tak akan pernah melakukan hal-hal aneh seperti menggandakan uang, tapi mereka selalu berusaha keras untuk mendapatkannya. Berikut ini ada beberapa tips untuk kita yang ingin cepat kaya.

1. Bersyukur dan Bersedakah

Apapun kondisi kita sekarang ini, kita harus tetap bersyukur kepada Yang Maha Kuasa. Dengan rasa bersyukur ini akan membuat kita mudah mendapatkan hal-hal positif yang berada disekitar kita. Rasa bersyukur ini merupakan awal yang baik untuk memulai semua kegiatan yang akan kita lakukan.

Bukan hanya bersyukur saja, tapi juga bersedakah. Bersedekah adalah cara kita membantu orang lain yang lebih membutuhkan. Dalam bersedekah kita jangan menggunakan konsep memberi lalu memperoleh yang lebih besar. Dalam bersedekah konsepnya adalah merelakan yang kita miliki pada orag lain tanpa mengharapkan ada imbalan. Hal ini karena ada sebagian rejeki kita adalah milik orang lain, untuk itu rajin-rajinlah bersedekah.

2. Bijak, Bukan Gengsi

Terkadang saat kita punya uang banyak mempunyai pikiran mau kita “apakan atau buat beli apa uang kita?”. Tapi pikiran ini salah, karena ini hanya akan menghabiskan uang untuk membeli hal yang kurang bermanfaat. Untuk itu gunakan uang untuk hal-hal yang lebih penting, atau membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan kita saja.

3. Hindari Hutang yang Tak Menghasilkan

Kalau bisa kita harus menghindari berhutang, tapi memang terkadang keadaan yang memaksa kita untuk berhutang agar mendapatkan sesuatu yang benar-benar kita butuhkan. Nah pada saat berhutang kita harus bijak dalam menggunakan uang tersebut. Orang bijak akan menggunakan uang dari berhutang tersebut untuk mengembangkan atau membangun bisnis (investasi), bukan hanya untuk membeli barang-barang mewah yang tak bisa menghasilkan apa-apa. Untuk itu pikirkan baik-baik dalam menggunakan uang kita.

4. Terus Belajar

Cara menjadi kaya adalah belajar terus menerus, entah itu belajar sendiri ataupun dari pengalaman orang lain. Jadi bila kita ingin kaya jangan berhenti untuk belajar. Kita bisa menginvestasikan uang kita untuk belajar sebuah ilmu maupun pengetahuan dari orang lain. Hal ini agar bisa meningkatkan “nilai jual” kita dalam meraih karir yang lebih baik. Kita akan sangat membutuhkan ilmu yang berbeda, untuk itu kita harus memperluas pergaluan dan meninggalkan zona nyaman kita.

5. Tingkatkan Income, Bukan Jam Kerja

Semua mempunyai watu yang sama (24 jam perharinya), dan sebanarnya waktu itu tidak kurang. Untuk itu bayangkan pada saat kita lembur untuk jadi kaya, maka efeknya kita akan merasa jenuh atau bahkan sakit. Maka dari itu akan lebih baik kita meningkatkan nilai income (pendapatan) daripada jam kerja.

Dan salah satu yang dapat kita lakukan adalah mengambil peluang bisnis yang dapat kita kerjakan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama kita. Sebagai contohnya adalah bisnis online. Disini memang bisnis online memang membutuhkan proses agar bisa sukses. Jadi mulailah belajar, praktek untuk meningkatkan profit kita.

6. Investasi, Bukan Menabung

Beberapa orang ingin kaya dengan cara menabung, memang cara ini bisa kita lakukan tapi hal itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini karena nulai uang kita tak bertambah dan bahkan cenderung turun setiap tahun, yang bisa disebabkan inflasi atau faktor lain. Maka akan lebih efektif bila kita berinvestasi, misalkan ke bidang properti yang bisa mendatangkan penghasilan sekitar 15-50%, atau pun disektor lain. Saat kita berinvestasi dengan nilai semakin besar maka kekayaan kita juga akan bertambah dengan sendirinya.

Memang cara agar kaya tidak ada yang instan, tapi kita perlu usaha keras dan bisa kita mulai dari sekarang dengan mengatur segala sesuatu yang kita miliki secara baik dan efektif. Dan ingatlah menjadi kaya tujuannya bukan untuk dipandang orang lain, tapi yang terpenting adalah cara pandang kita terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dengan begitu kta kita bisa menggunakan uang dengan bijak, bukan hanya untuk ambisi sesaat atau sekedar mengejar gengsi yang seringkali bisa menjatuhkan seseorang.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: