Cara Membuat Email Baru di Gmail, Yahoo, dan Hotmail (Kelebihan dan Kekurangan)

Cara Membuat Email – Email adalah kependekan dari electronic mail yang kalau di Indonesiakan menjadi surat elektronik.

Yaps, namanya juga surat elektronik jadi fungsi utama email yaitu untuk mengirim dan menerima surat. Kalau dulu kita saling kirim surat harus lewat kantor pos, dan itupun sangat lama tergantung jarak.

Sekarang dengan email kita bisa ngirim gratis, dimanapun dan kapanpun. Tapi, suratnya bukan dalam bentuk kertas ya, melainkan dalam bentuk digital seperti artikel yang sedang kamu baca ini.

Email sendiri diciptakan sekitar tahun 1960an, tetapi baru 20 tahun setelahnya email sudah bisa digunakan secara umum.

Penetrasi penggunaan email semakin meningkat setelah terciptanya sebuah jaringan yang bernama internet. Dulu penggunaan internet juga masih sangat terbatas hanya di instansi pemerintahan atau militer saja.

Penggunaan email mulai meningkat drastis di awal tahun 90an, dimana sudah mulai banyak perusahaan-perusahaan baru muncul yang menyediakan layanan email gratis. Pada waktu itu yang populer adalah AOL dan Yahoo!

Artikel Terkait : Cara Membuat Instagram Lewat Facebook

Penggunaan email mulai berkembang sangat dratis di awal tahun 2000an, hal ini dipengaruhi oleh penggunaan internet yang sudah mulai mengglobal. Hingga sampai saat ini internet sudah bagaikan menjadi “kebutuhan” bagi banyak orang.

Apa Saja Manfaat Memiliki Email ?

Mungkin ini yang menjadi pertanyaan untuk orang awam yang baru belajar internet. Manfaatnya apa memiliki email itu?

Eitssss

Jangan salah, email memiliki segudang manfaat, dengan email jarak dan waktu itu bukan lagi menjadi masalah. Lebih jelasnya berikut manfaat memiliki email :

1. Menembus Ruang dan Waktu

Dengan menggunakan email kita tidak perlu mikir lagi jika si penerima email kita ada di belahan bumi yang lain.

Meskipun kamu ada di kutub selatan, dan teman kamu di kutub utara itu sudah tak jadi masalah. Kamu bisa mengirim email, dan email itu bisa sampai ke tempat teman kamu dalam hitungan menit saja. Bahkan kalau koneksi internetnya bagus dalam hitungan detik sudah sampai.

Hebat bukan? Jadi, kita tidak perlu pusing lagi jika ada sesuatu yang mendadak terjadi, dengan email kita bisa memberi tahu saudara, teman, atau siapapun dengan cepat dan tepat.

2. Mudah Digunakan dan Tidak Ribet!

Selain cepat, penggunaan email juga sangatlah mudah. Mudah disini mulai dari proses pembuatan hingga proses penggunaanya juga sangatlah mudah.

Kalau menulis surat secara tradisional kita perlu kertas dan tinta, amplop untuk tempat berkirim surat, terakhir kita butuh perangko sebagai “tanda bayar” untuk ongkos kirim surat kita.

Dengan email kita tidak perlu itu semua, kita tinggal mengetik dengan komputer kita menggunakan software web browser seperti mozilla firefox, google chrome, atau yang lain.

3. 100% Gratis!

Seperti yang telah saya jelaskan, kalau berkirim surat secara tradisional kita perlu beli kertas, tinta dan juga perangko. Kalau menggunakan email kita tidak perlu keluar beaya apapun!

Kita hanya perlu seperangkat PC/Laptop beserta koneksi internet. Yaps, ada banyak sebenarnya penyedia email di dunia ini.

Tapi, di tutorial kali ini saya hanya akan menjelaskan cara membuat email di 3 situs website saja, karena ke 3 layanan ini yang paling populer di dunia. Dan tentunya gratis!

4. Bisa kirim foto, video, file, dll.

Kelebihan email kita bisa mengirim foto, video atau mengirim apapun dengan aman.

Kalau jaman dulu kirim video atau foto ya harus kirim foto yang sudah dicetak, atau dalam bentuk kaset. Kalau sekarang tinggal lampirkan file saja sudah gampang sekali.

Tentu saja ada limit (batasan) untuk ukuran setiap file, jika masih kecil dibawah 20MB masih bisa. Kalau lebih dari itu kita bisa menggunakan layanan cloud seperti dropbox ataupun google drive.

5. Bisa kirim ke banyak alamat

Kalau menggunakan surat kita hanya bisa kirim untuk 1 alamat saja, maksudnya 1 surat ya untuk 1 alamat. Tidak mungkin bukan? Kita kirim 1 surat tapi alamatnya lebih dari 1?

Kalau di Email kita bisa mengirim 1 email ke banyak orang, inilah kelebihannya. Jadi kita tidak perlu membuat email yang banyak, tinggal setting saja pengirimnya ke beberapa alamat email sekaligus.

Artikel Terkait : Cara Membuat Akun Google Plus (G+)

Tapi, jangan terlalu banyak dalam satu waktu. karena itu bisa dikira kita spamming.

Lalu… Apa kekurangan menggunakan Email?

Selain kelebihannya yang banyak, email juga memiliki kekurangan. Tapi, kekurangan ini tidak terlalu berdampak buruk untuk penggunaan biasa seperti kita ini.

Secara keseluruhan email memiliki manffat yang luar biasa untuk meningkatkan produktifitas. Adapun kekurangan email adalah sebagai berikut :

1. Harus Selalu Konek Internet

Ya, tanpa adanya koneksi internet email tidak bisa diakses. Ini salah satu kelemahannya.

Apalagi jika koneksi kita jelek, akan sangat sulit sekali untuk membuka email saja. Karena itulah, diperlukan internet yang cukup untuk mengakses sebuah email.

Normalnya, kita membutuhkan koneksi setidaknya 100kbps untuk lancar mengakses email.

2. Data bisa dipalsukan atau Data ganda

Ingat, pengguna internet itu ada banyak begitupun juga pengguna email. Karena itulah besar kemungkinan data kita dipalsukan.

Misalkan email kamu adalah namakamu12@yahoo.co.id, kemudian ada orang tak bertanggung jawab yang membuat email baru yaitu namakamu123@yahoo.co.id. Kemudian mengirimkan email palsu ke teman-teman kamu dengan atas nama kamu.

Tentu saja itu akan sangat merugikan kamu, karena itulah pastikan teman-teman kamu tahu alamat aslli email kamu untuk menghindari hal-hal tersebut.

3. Salah ketik alamat email = email gagal dikirim

Nah, ini salah satu kekurangan email. 1 email itu tidak mungkin sama dengan email yang lain. Yang punya email namakamu12@yahoo.co.id ya cuma kamu saja.

Tidak mungkin 1 alamat email itu dimiliki 2 orang. Karena itulah jika kamu kirim email ke alamat namakamu12@yahoo.co.id tapi salah ketik menjadi naamakamu12@yahoo.co.id,  email itu tidak akan terkirim!

Beda kalau kita salah tulis alamat di surat. Meskipun salah dikit tapi pak pos masih bisa tanya-tanya disekitaran alamat tersebut.

4. Menjadi Target SPAM

Ini berkaitan dengan kekurangan nomor 2, jika alamat email kita sudah tersebar maka kemungkinan untuk dikirim email spam itu sangat tinggi!

Email SPAM itu apa? Email spam bisa dikatakan sebagai email sampah, penipuan. Kalau di SMS kita mengenal “mama minta pulsa”, “kejutan hadiah”. Nah Email SPAM ya mirip-mirip seperti itulah.

Jadi, jika kita mengirim email berupa hadiah, dll, ya jangan langsung percaya. Apalagi jika masuk di folder spam (ada di setiap layanan email) maka hampir 100% itu penipuan! Jadi berhati-hatilah yaaa

Nah mungkin itu saja sih kelebihan dan kekurangan email yang bisa saya berikan. Tentu saja kelebihannya lebih banyak daripada kekurangannya.

Karena saya sendiri sangat terbantu dengan layanan email yang ada. Lalu, bagaimana caranya membuat email? Yuk kita langsung bahas materi utamanya berikut ini :

Cara Membuat Email Gratis di Gmail (Google Mail)

Tutorial pertama saya akan membahas tentang bagaimana membuat email di google.

Layanan ini memang termasuk paling muda diantara yang lain, yahoo mail jauh lebih tua dibanding dengan gmail. Tapi… Sekarang pengguna gmail jauh lebih banyak dibanding dengan ymail.

Artikel Terkait : Cara Membuat Twitter Terbaru

Karena itulah gmail saya pilih untuk dibahas pertama, langsung saja berikut cara membuat elektronik mail di google :

1. Silahkan masuk ke halaman berikut Gmail

2. Kemudian klik pada tulisan “Create an account” atau “Buat akun” seperti yang saya lingkari di bawah ini.

gmail-1

Cara Lengkap Membuat Email Google, Yahoo dan Hotmail

3. Silahkkan isi data kamu pada kolom yang sudah di sediakan

  1. Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
  2. Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
  3. Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
  4. Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
  5. Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  6. Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
  7. Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
  8. Alamat email saat ini : kosongkan saja
  9. Buktikan bahwa Anda bukan robot: isi dengan kode yang muncul pada kolom kotak (angka/huruf)
  10. Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
  11. Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
  12. Klik tombol “Langkah berikutnya”
gmail-2

Cara Lengkap Membuat Email Google, Yahoo dan Hotmail

4. Dan akhirnya email kamu pun berhasil dibuat. Klik “Lanjutkan ke Gmail” ntuk masuk ke halaman email kamu.

gmail-3

Selamat Email Sudah Jadi

5. Dan inilah tampilan halaman email Gmail kamu.

gmail-4

Halaman Awal Gmail

Nah, itu tadi adalah tutorial membuat email di gmail. Langkahnya sangat mudah sekali bukan? Gratis pula.

Gmail memang menjadi layanan email primadona untuk saat ini, mengalahkan layanan-layanan email yang lainnya. Lantas apa saja kelebihan Gmail dibanding yang lain?

Kelebihan Menggunakan Email Google (Google Mail)

Seperti yang telah dijelaskan, gmail adalah layanan email terbesar di dunia. Tentu saja ada banyak kelebihan yang membuat gmail ini menjadi favorit banyak orang, lantas apa saja itu ?

  1. Gmail itu Simple! Sama seperti mesin pencari google, gmail juga mengadopsi kesederhanaan. Jadi, dari segi tampilan dan fungsionalitas gmail itu simple supaya mudah dipakai siapapun.
  2. Otomatis Penyaringan Email, kita menggunakan email untuk banyak keperluan. Misalkan untuk sosial media, tentu saja tiap hari ada email pemberitahuan dari sosmed. Nah, dengan gmail email dari sosmed ini otomatis masuk ke folder sosial. Begitu juga promo-promo dari toko online, maka masuk di folder promosi.
  3. Fungsi Label dan Star, nah dengan fitur ini kita bisa menandai email penting. Sehingga jika ingin membuka email lagi kita tinggal membuka menu starred saja.
  4. Integrasi dengan Google Drive, kadang kala kita harus melampirkan file dengan ukuran besar. Nah, dengan gmail kita bisa menggunakan fitur google drive yang dapat melampirkan file hingga 10GB!
  5. Integrasi dengan Semua Layanan Googleone for all & all for one. Mungkin prinsip ini yang dipakai google. Dengan gmail kita bisa menggunakan layanan google seperti Android, Youtube, Google Keep, Google Drive, dll.

Kekurangan Email Google (Google Mail)

Gmail memang memiliki fitur yang sangat bermanfaat, meskipun begitu produk gmail tetaplah tidak sempurna. Tentu saja ada beberapa kelemahan yang ia punyai.

Tapi, kelemahan yang dimiliki Gmail tidaklah terlalu berdampak serius bagi user biasa seperti kita ini. Secara keseluruhan layanan gmail cukup baik dan sangat membantu.

Berikut ini beberapa kekurangan dari gmail :

  1. Email for Ads, tidak bisa dipungkiri google hidup karena iklan. Karena itulah google membuat kebijakan baru yang memperbolehkan google untuk menscan isi email pengguna untuk menampilkan iklan yang cocok dengan isi email tersebut.
  2. Mengapus email agak ribet, meskipun secara keseluruhan gmail itu simple. Tapi, ketika kita harus menghapus email maka kita harus mengklik (centang) email tersebut lalu klik icon delete. Tidak seperti yahoo ketika kita sorot ke email maka ada icon delete.
  3. Tampilan Terlalu Simple, ini mungkin berlaku bagi orang yang tidak terlalu suka desain yang simple. Untuk mengkustom sesuai selera memang agak susah di gmail.

Nah, mungkin itu saja ya kelebihan dan kekurangan gmail. Tapi secara keseluruhan saya cukup puas menggunakan layanan  gmail ini. Skor 9 dari 10 lah.

Cara Membuat Email di Yahoo Mail!

Kita lanjut ke tutorial ke dua yaitu cara membuat email di yahoo.

Dulunya orang mengenal layanan email itu ya cuma Yahoo! Karena memang bisa dikatakan yahoo ini sebagai pelopor utama untuk layanan email.

Jadi, sebelum orang tahu gmail pasti tahunya yahoo dulu. Sayapun saat membuat email pertama kali ya menggunakan layanan ymail. Saya ingat waktu itu masih SMP kelas 1, buat di warnet sekitar tahun 2007-2008an.

Artikel Terkait : Cara Membuat Blog di Blogger

Setelah lama browsing maka ketemulah layanan gmail, sehingga yahoo mulai ditinggalkan. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang masih menggunakan yahoo sebagai layanan utama untuk email mereka.

Nah,, langsung saja berikut ini adalah tutorial membuat email di Yahoo :

1. Silahkan masuk ke halaman berikut Yahoo.com

2. Kemudian klik pada “Mail” yang berada di pojok kanan atas.

yahoo-1

Halaman awal Yahoo!

3. klik pada “Daftar untuk account baru”.

yahoo-2

Halaman Login Yahoo Mail.

4. Silahkan isi data kamu pada form pendaftar yahoo mail yang telah disediakan, yaitu :

  1. Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
  2. Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan. Pilih juga akan menggunakan domain yahoo.co.id atau yahoo.com.
  3. Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
  4. Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
  5. Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  6. Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
  7. Untuk Nomor pemlihan dikosongi saja
  8. Klik tombol “Buat Account”
yahoo-3

Halaman Registrasi Yahoo Mail

5. Maka akan muncul halaman verifikasi nomor handphone. Klik “Kirim SMS”.

yahoo-4

Halaman Verifikasi Yahoo Mail

6. Tunggu beberapa menit sampai nomor anda mendapat SMS kode verifikasi yang dikirimkan oleh pihak Yahoo. Setelah it maskkkan kode tersebut di kolom yang sudah disediakan. Klik “Kirim Kode“.

yahoo-5

Halaman Verifikasi Kode Yahoo Mail

7. Dan Selamat, Account Email Yahoo kamu sudah berhasil di buat. Klik tombol “Persiapan Awal” untuk masuk ke halaman email kamu.

yahoo-6

Halaman Selamat dari Yahoo

8. Dan inilah tampilan halaman email Yahoo kamu.

yahoo-7

Halaman Email Yahoo

Sangat mudah juga kan membuat email di Yahoo ?

Sekilas memang tampilan di ymail ini lebih “elegan” dibanding dengan gmail. Tampilannyapun juga cukup simple dan sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan dari Yahoo Mail!

Meskipun yahoo mail sudah mulai ditinggalkan tapi fitur-fitur yang diberikan oleh yahoo ini juga tak kalah menarik, paling tidak berikut ini beberapa kelebihan dari yahoo mail :

  1. Tampilan Elegant, tidak seperti gmail yang tampil simple yahoo memiliki tampilan yang lebih elegan. Mulai dari kombinasi warna dll, kalau di gmail kan cuma flat putih saja meskipun bisa dikustomise.
  2. Drag and Drop, kita bisa dengan mudah memindahkan email-email kita di folder yang lain hanya dengan drag (tarik) and drop (lepaskan).
  3. Integrasi Layanan Yahoo Messenger, meskipun YM sudah tidak banyak yang menggunakan tapi layanan ini cukup masih diminati terutama bagi yang sudah lama mengenal internet (termasuk saya). Di Ymail kita bisa mengakses yahoo messenger dengan mudah.

Nah mungkin itu saja beberapa kelebihan yang bisa saya sampaikan, untuk kekurangan yahoo mail sebagai berikut :

  1. Tidak bisa auto filter, kalau di gmail sudah auto filter mana email sosial, email promosi. Kalau di yahoo semua email itu masuk dalam 1 kolom sehingga menjadi sulit untuk kita menemukan email mana yang penting.
  2. Terlalu banyak iklan, ya sama seperti gmail yahoo juga hidup dari layanan iklan mereka. Sehingga tak heran jika email kita banyak disisipi iklan oleh mereka.
  3. Loading yang lebih lambat, gmail itu simple sehingga ringan untuk diakses. Kalau yahoo lebih berat sedikit dibanding gmail. Kalau koneksi kamu normal mungkin tak terlalu terasa, tapi kalau koneksi lambat maka akan terlihat perbedaanya.

Cara Membuat Email di Hotmail/Outlook (Microsoft Email)

Nah, kita sudah belajar cara membuat email di yahoo dan google. Di Indonesia sendiri kedua layanan email itulah yang paling populer.

Ada layanan Email yang lain adalah hotmail, layanan ini adalah layanan email gratis dari microsoft. Sekarang ini ada banyak nama pengganti yaitu live mail, dan outlook (dibaca : utluk). Langsung saja berikut ini tutorial membuat email di hotmail:

1. Silahkan masuk ke halaman berikut Hotmail

2. klik pada “Sign up now”.

hotmail-1

Halaman Login Outlook

3. Silahkan isi data kamu pada kolom pendaftar email hotmail yang sudah di sediakan

  1. Name: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
  2. User name: isi dengan alamat email yang Anda inginkan. Pilih juga akan menggunakan domain hotmail.com atau outlook.com
  3. Password: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
  4. Reenter password: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
  5. Contry: pilih sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
  6. Birthdate: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  7. Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
  8. Country code: pilih sesuai dengan negara tempat Anda tinggal.
  9. Phone number: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan. Pengisian nomor handphone tidak menyertakan angka ‘0’ diawal nomor.
  10. Alternate email address: isi dengan email Gmail ata Yahoo yang sudah dibuat.
  11. Enter the characters you see: isi dengan kode yang muncul pada kolom kotak (angka/huruf)
  12. Kolom “Send me promotional offers from Microsoft. You can unsubscribe at any time” boleh di centang atau pun tidak.
  13. Klik tombol “Create Account”.
hotmail-2

Halaman Registrasi Email Microsoft Outlook

4. Maka akan muntul tombol “Send Code“. Klik tombol tersebut.

hotmail-3

Halaman Kirim Verifikasi Email Microsoft

5. Tunggu beberapa menit dan kamu akan menerima pesan Code Verifikasi. Masukkan Code Verifikasinya pada kolom yang sudah disediakan. klik tombol “Create Account”.

hotmail-4

Halaman Verifikasi Email Microsoft

6. Dan Selamat, Account Email Hotmail kamu sudah berhasil di buat. Berikut tampilan email Hotmail kam yang sdah selesai dibuat.

hotmail-5

Halaman Email Microsoft Outlook

Nah itu tadi adalah cara membuat email di hotmail, cukup mudah bukan? Pada dasarnya kalau kita sudah terbiasa menggunakan internet membuat email itu bukanlah hal yang sulit apalagi mengoperasikannya.

Kelebihan dan Kekurangan Hotmail

Karena secara pribadi saya tidak pernah menggunakan hotmail maka secara khusus saya tidak terlalu tau kelebihan dan kekurangan dari layanan ini.

Yang jelas hotmail memiliki fungsi yang sama dengan gmail dan ymail yaitu untuk mengirim dan menerima email.

Artikel Terkait : Cara Membuat Blog di WordPress.com

Kita bisa mengirim email dari gmail ke yahoo, yahoo ke hotmail, atau ke layanan manapun. Sehingga kita tak perlu khawatir jika email yang kita tuju itu tidak sama layanannya dengan kita.

Yang jelas, karena hotmail (outlook) itu miliknya microsoft otomatis disupport penuh oleh Microsoft sehingga dari segi keamanan dan layanan juga bisa terjamin.

Nah, tidak kerasa sudah sampai dipenghujung kata. Cukup mudah bukan untuk membuat email di ketiga layanan tersebut?

Biasanya setiap orang memiliki lebih dari satu alamat email, saya pribadi punya banyak email di google, dan beberapa di yahoo dan outlook. Kamu bisa menggunakan email tersebut untuk mendaftar facebook (baca : tutorial membuat facebook).

Saran saya, pisahkan email berdasarkan kebutuhan. Misalkan, untuk toko online, kuliah, dan kantor. Dengan manajemen email yang baik maka hidup kamu lebih tertata. Mungkin itu saja tutorial membuat email lengkap yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat bagi kamu, terimakasih.

Cari Artikel di Sini


Cara Membuat Email Baru di Gmail, Yahoo, dan Hotmail (Kelebihan dan Kekurangan) | Admin | 4.5
%d bloggers like this: