Cara Kirim Pesan Broadcast via Whatsapp

Whatsapp adalah aplikasi chatting paling populer di dunia, yang membuat whatsapp memiliki semilyar pengguna adalah kemudahan yang mereka tawarkan. Sudah mudah, simple, gratis dan tanpa iklan pula. Sapa sih yang gak nyaman dengan fitur tersebut?

Ditambah lagi, selalu ada inovas-inovasi yang muncul seperti bisa mengirim dukumen pdf kepada teman dan juga sistem keamanan enkripsi chat data yang lebih aman. Nah, salah satu fitur whatsapp yang cukup penting adalah broadcast.

Ya, broadcast ini hampir dimiliki oleh semua layanan pesan mulai dari dulu SMS hingga sekarang BBM dan Whatsapp juga memiliki fitur tersebut seperti artikel yang telah saya bahas sebelumnya tentang cara broadcast bbm.

Broadcast fitur ini sangat penting untuk membagikan informasi kepada banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Bayangkan jika Anda harus mengirim pesan kepada 100 orang dengan menchat satu-satu, sangat capek bukan?

Cara Kirim Pesan Broadcast di Whatsapp

Nah, karena itulah dengan adanya fitur broadcast ini kita bisa mempermudah dan menyinkat waktu. Berikut ini adalah panduan broadcast message di whatsapp :

1. Buka dulu aplikasi Whatsapp Anda

2. Setelah dibuka maka klik icon di pojok kanan atas, dan silahkan pilih menu New Broadcast

Membuka Aplikasi Whatsapp

Gambar 1 : Buka terlebih dahulu aplikasi Whatsapp dan klik New Broadcast

3. Setelah klik new broadcast maka Anda diminta memilih nomor kontak yang ingin di broadcast, ingat whatsapp otomatis mendeteksi nomor yang menggunakan whatsapp dari daftar kontak di smartphone Anda. Pastikan nomor yang ingin Anda tuju itu sudah Anda simpan di smartphone.

Ketik Nomor yang Dituju

Gambar 2 : Ketik Kontak yang Ingin Anda Broadcast

4. Setelah itu silahkan centang kontak yang Ingin Anda broadcast pesan.

Pilih Nomor Broadcast Whatsapp

Gambar 3 : Silahkan centang / klik nomor yang ingin di broadcast dan klik done jika selesai

5. Kalau sudah klik DONE dan beri nama list broadcast tersebut, misal broadcast info beasiswa, dll.

Klik Done Setelah Memilih

Gambar 4 : Klik Create jika sudah diberi nama list broadcast

6. Jika sudah silahkan klik CREATE, maka Anda tinggal masukkan isi teks yang akan dibroadcast

Tulis Pesan Broadcast

Gambar 5 : Silahkan ketik pesan yang ingin Anda broadcast

7. Klik icon kirim maka otomatis pesan broadcast sudah terkirim di teman-teman Anda.

Broadcast Whatsapp Berhasil

Gambar 6 : Pesan sudah berhasil di broadcast ke kontak tujuan

Mudah bukan untuk membroacast pesan whatsapp? Tapi, Anda hanya bisa membroacast pesan jika nomor kontak yang Anda tuju juga menyimpan nomor Anda. Jika mereka tidak menyimpan nomor Anda maka pesan broadcast tidak akan sampai.

Hal ini dilakukan oleh whatsapp untuk mengantisipasi adanya spam broadcast dari nomor-nomor yang tidak dikenal. Jadi, manfaatkan fitur ini sebijak mungkin ya. Kalau ada orang yang asal mengirim pesan ke Anda maka blokir saja kontak tersebut, saya telah membahasnya pada tutorial cara blokir kontak di WA.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: