Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet? Apa Benar Bisa?

Mencari Uang di Internet

Apa benar bisa berbisnis online? Apa iya internet bisa menghasilkan uang? Apa iya sih cuma nulis terus dapat duit? Apa bener? Masak sih? Dan masih ada banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang berkeliaran di kepala…

Nah, bagi Anda pemula di bisnis online pasti bertanya-tanya bukan seperti pertanyaan diatas? Yang intinya adalah apa iya kita bisa dapat duit dari internet?

Sebelum kita membahas lebih lanjut saya ingin memberikan pencerahan terlebih dahulu kepada Anda.

Ada satu hal salah kaprah yang diyakini hingga sekarang yaitu mencari uang di internet itu gampang. Sebenarnya mencari uang di internet itu tidak semudah kata orang, tidak semudah kata motivator seminar. Semuanya butuh proses.

Pasti kita banyak temui orang-orang yang bilang bahwa nyari uang di internet itu mudah kan? Halah tinggal klik, daftar, transfer! Ingat itu sama sekali tidak benar, tingkat kesulitannya itu sama dengan berbisnis real di dunia offline.

Ya, memang mencari uang di internet itu sama susahnya mencari uang di dunia nyata. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ya karena internet itu hanya sebagai medianya saja, bukan lumbung emas yang selalu bisa dipanen setiap hari.

Logikanya seperti ini, kalau dalam dunia offline kita misalkan membuat sebuah usaha katakanlah distro baju lah. Nah, kalau ingin mendapatkan untung tentu saja kita harus keluar modal bukan? Ya kalau mau buat distro ya harus keluar modal untuk nyetak baju, nyewa ruko, mbayar karyawan, dan uang untuk promosi. Benar bukan?

Nah, untuk dapat uang di internetpun sama. Cuman, biayanya bisa diminimalkan. Biaya apa yang diminimalkan? Lebih tepatnya biaya promosi. Kalau tidak menggunakan internet maka untuk memperkenalkan usaha kita, kita menggunakan brosur, pamflet, atau ngiklan di radio.

Nah, dengan menggunakan internet kita bisa meminimalisir biaya pembuatan brosur, dll dengan sangat efektif. Misal, biaya cetak brosur Rp 1.000.000 untuk 1000 brosur. Maka kita “hanya” bisa membagikan maksimal ke 1000 orang bukan?

Dengan menggunakan internet, modal uang pemasaran Rp 1.000.000 dapat menjangkau 50.000 orang atau lebih malah dengan target yang bisa dispesifikasi. Maksutnya spesifikasi? jadi begini, kita tidak mungkin kan menjual kaos distro ke bapak-bapak atau kakek-nenek? Pastilah anak-anak muda yang jadi target kita.

Kalau di offline maka kita membagikan brosur di lingkungan kampus atau anak sekolahan. Nah, di internet kita bisa menargetkan kepada siapa saja iklan kita dilihat. Bahkan lokasinya, usianya, jenis kelamin, bahkan hobinyapun bisa kita spesifikasi.

Contoh, jika kita ingin menjual kaos distro bertema Anime maka kita akan menjual kepada orang-orang yang hobi manga/anime bukan? Tidak mungkin menjual kaos Anime kepada orang yang hobi bermain bola misalkan.

Nah, jadi seperti itulah. Internet itu hanya sebagai media saja bukan lahan yang siap panen. Jadi, yang dimaksut dengan mencari uang di internet ya kita tetap harus berjualan cuman berjualan dengan cara modern yang menggunakan internet sebagai media utamanya.

Apa saja yang perlu dipelajari dan persiapkan untuk bisnis online tanpa modal?

Saya katakan dari awal ya, kalau mencari uang di internet itu sama dengan berbisnis. Ya, sama dengan bisnis offline pada umumnya tentu saja ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum benar-benar menggelutinya.

Seperti yang telah saya jelaskan diawal bahwa bisnis online itu susah enggak gampang, dan hanya orang yang bermental bajalah yang mampu bertahan di bisnis online ini. Kalau Anda sudah siap, yuk mari kia bahas satu persatu :

1. Tentukan Passion Anda, apakah sudah siap apa belum?

Yang pertama dan utama adalah apakah kita memiliki passion di bisnis online apa tidak? Sangat sulit menjalankan sesuatu jika kita tidak mempunyai passion didalamnya, apalagi hal itu tidak menghasilkan uang.

Ingat, jangan harap Anda bisa menghasilkan uang dari internet dalam waktu 1-6 bulan pertama. Kecuali jika Anda menemukan mentor yang tepat serta mempunyai budget uang yang cukup.

Tetapi, jika modal Anda hanyalah tekat saja jangan harap bisa langsung mendapatkan uang. Pada masa awal-awal biasanya pencarian passion, artinya tipe bisnis apa sih yang cocok dengan kita? Karena tidak semua bisnis online bsia kita kerjakan.

Baca : 4 Modal Penting untuk Berbisnis Online

Nah, yang paling enak adalah tentukan hobi Anda terlebih dahulu. Jika hobi nulis maka bisa membuat blog atau membuka jasa menulis artikel, jika hobi bermain musik bisa membuat video lipsing / cover lalu di unggah di Youtube. Jangan menjadi orang yang ikut-ikutan, kalau si A dapat duit dari bisnis A maka ikut-ikutan, eh baru action 2 minggu sudah merasa bosan.

2. Tentukan bisnis online seperti apa yang ingin ditekuni

Saya telah membahas tuntas tentang 44 peluang bisnis online yang dapat Anda tekuni. Silahkan baca artikel tersebut sebelum Anda memutuskan bisnis online apa yang ingin Anda tekuni.

Saran saya, pilihlah satu bisnis saja kemudian dalamin itu. Jangan habiskan untuk berpindah dari satu bisnis ke bisnis lain sebelum bisnis itu stabil. Kecuali memang Anda tidak mempunya bakat dan minat di bisnis tersebut.

Banyak orang yang gagal dalam IM (Singkatan dari Internet Marketing) karena tidak bisa fokus dan selalu bergonta-ganti bisnis. Ya itu, karena hanya setengah-setengah saja maka hasilnyapun setengah-setengah atau malah tidak menghasilkan apa-apa.

3. Berapa besar modal yang Anda punya?

Seperti penjelasan saya diatas, tidak ada bisnis tanpa modal semua pasti modal ya minimal modal dengkul (kata om Bob Sadino). Modal disini saya bagi menjadi 2 yaitu modal internal dan eksternal.

Modal internal itu berupa semangat juang untuk bisa berubah. Berbisnis itu tidak mudah, apalagi 1-6 bulan pertama kita seperti melakukan hal yang sia-sia. Karena itulah jika Anda tidak memiliki modal tekat yang kuat maka jangan harap bisa berbisnis online dengan lancar apalagi sukses.

Modal kedua adalah modal eksternal, berupa ilmu pengetahuan dan modal uang. Nah, saya punya prinsip selagi punya uang maka belilah waktu. Maksudnya seperti ini, daripada Anda menghabiskan waktu untuk belajar dan trial error sendiri maka lebih baik Anda ikut kursus yang professional.

Banyak kok parah tentor-tentor yang berkompeten, meskipun mahal tetapi sebanding dengan apa yang didapat. Tidak ada kursus gratis, kalaupun ada maka itupun tidak mungkin 100% semuanya dijabarkan disana.

Logika saja, sekolah / kuliah saja bayar mahal apalagi kursus untuk berbisnis?

4. Pelajari hal-hal teknis berbau teknologi terlebih teknologi berhubungan dengan internet

Jika Anda memutuskan untuk berbisnis online maka otomatis Anda wajib belajar tools-tools yang dapat menunjang produktivitas Anda.

Ada banyak sekali teknologi yang harus dipelajari. Misalkan untuk membangun website kita harus mengenal domain dan hosting, cara menginstall wordpress, dll.

Kita harus mengenal payment gateway atau gampangnya alat pembayaran sah yang dilakukan dengan internet sebagai perantaranya. Logikanya, bagaimana Anda bisa mendapatkan uang kalau bentuk uangnya saja tidak tau?

Uang yang ada di internet ini bersifat virtual, artinya tidak nyata tetapi memiliki nilai untuk bertransaksi. Sama seperti Anda punya rekening Bank, Anda punya uang tapi dalam bentuk tulisan angka saja, tetapi angka itu bernilai jual.

Nah, mungkin 4 hal itu yang harus Anda pelajari sebelum terjun di bisnis online. Ingat, mencari uang di internet itu tidak mudah seperti kata orang. Banyak sekali hal-hal yang harus kita pelajari, banyak halangan rintangan yang harus kita lewati. Karena itulah, jagalah semangat Anda supaya tidak semangat diawal saja ya.

Cari Artikel di Sini


Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet? Apa Benar Bisa? | Admin | 4.5
%d bloggers like this: