Panduan Lengkap Membeli Domain dan Hosting

Beli Domain Hosting – Dalam dunia internet marketing memiliki sebuah web itu bisa dikatakan cukup wajib, kenapa? Ya simple, karena memang dunia online / internet itu identik dengan website.

Lho kenapa harus punya website sendiri? Kan bisa jualan lewat facebook, instagram, tokopedia, bukalapak, atau forum-forum lainnya?

Jualan lewat media-media itu tidak salah, tapi juga kurang tepat khususnya untuk jangka panjang. Jangka panjang bagaimana? Kita analogikan saja ya, kalau kita jualan di marketplace itu sama saja kita jualan di pasar, ya PASAR. Tau kan pasar? Artinya, ada buanyak sekali penjual-penjual lain yang berjualan di pasra tersebut.

Namanya juga marketplace jika kita indonesiakan artinya juga tempat berjualan bukan? Nah, tau sendiri kan? Kalau kita jualan di pasar? Selain pesaingnya banyak, entah bersaing soal harga, misal kita menjual barang yang sama tapi perang di harga.

Kalau kita menang bersaing sih tidak masalah, bagaimana kalau kita kalah? Misal, ada orang X mencari sebuah barang Y di marketplace sebut saja tokopedia lah, dia masukkan kata kunci untuk barang Y. Dan ternyata bukan produk kamu yang muncul di deretan teratas, melainkan barang orang lain. Lha otomatis pembeli itu akan lari ke penjual lain bukan?

Artikel Terkait : 8 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

Ya intinya, jualan di marketplace itu bagus, tapi memiliki website sendiri lebih baik. Memiliki website sendiri itu ibarat kita memiliki toko/ruko sendiri di pinggir jalan, tidak “numpang” di pasar ataupun di mall-mall lainnya. Meskipun kecil tapi itu tetap milik kita bukan?

Nah, dalam membuat sebuah website ada banyak hal yang harus kita perhatikan. Apa saja itu? Yang paling mendasar kamu harus tahu 2 hal, yaitu :

  1. Hosting
  2. Domain

Apa itu Hosting dan Domain?

Nah, itu yang menjadi pertanyaan bukan? Bagi orang yang sudah terbiasa berkecimpung di dunia internet marketing tentunya pasti tahu ini. Tapi, bagi orang awam masih banyak yang belum mengetahuinya.

Hosting adalah sebuah space / tempat virtual yang menampung semua file-file yang kita upload di internet. Logikanya, hosting itu kayak gudang/toko untuk menyimpan barang dagangan kita.

Sedangkan domain adalah alamat untuk mengakses website kita. Saya analogikan saja ya, jika kita punya sebuah ruko maka otomatis kita wajib memiliki bangunan dan alamat toko itu bukan?

Artikel Terkait : 7 Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Misal, kita punya ruko besar dengan ukuran sekian kali sekian meter, dan ruko itu terletak di jalan abu bakar km.17, nah ruko dengan ukuran sekian kali sekian meter inilah kalau dalam internet disebut dengan hosting, sedangkan alamat jalan abu bakar km,17 inilah yang disebut dengan domain.

Alamat domain itu pasti unik, ingat ya pasti unik tidak ada yang sama. Lho kan yang namanya jalan abu bakar itu gak cuma satu? Iya benar, tapi apa iya jalan abu bakar km,17, nomor X, di kaputen Y, provinsi Z, negara Indonesia ada lebih dari 1 sih? Pasti cuma satu bukan?

Sama halnya domain, tidak ada di dunia ini satu domain dengan pemilik 2 orang/instansi. Karena domain ini bersifat UNIK, beda satu karakter saja itu sudah beda alamat.

Lho kok ada .com, .net, .org, .info, .co.id, .id, dan dot dot dot lain? Nah, .com dan sejenisnya itu disebut dengan TLD atau Top Level Domain. Ada banyak sekali top level domain yang ada, terserah kita mau membeli yang mana. Tapi, umumnya memang orang lebih familiar dengan domain .com.

Jika kamu cinta Indonesia maka lebih baik menggunakan domain berekstensi .id, misal .web.id, .co.id, .or.id, atau .id lainnya. Jika gak cocok dengan itu maka kita bisa menggunakan anyting.idmisal namakamu.id, alamatwebkamu.id.

Memang harga domain .id itu lebih mahal daripada dengan domain lainnya, karena domain .id itu menjadi sebuah unique atau identitas bagi negara kita Indonesia. Beda lagi dengan malaysia dengan .my, amerika dengan .us, India dengan .in, dan masih banyak lagi.

Apa itu Shared Hosting, VPS, Cloud VPS?

Pernahkah kamu mendengera istilah shared hosting, Virtual Private Server (VPS), atau bahkan cloud VPS? Lho apa bedanya? Cek gambar berikut ini yang saya dapat dari website niagahoster.

Tipe-Tipe Hosting

Tipe-Tipe Hosting

Penjelasan :

Shared Hosting itu satu server tapi dipakai oleh banyak orang, dimana dari sekian banyak orang itu tidak menutup kemungkinan punya lebih dari 1 website. Jadi, ibarat kita punya rumah dan dikontrak bareng-bareng dengan teman-teman kita. Kemudian, satu orang itu bisa jadi bawa temen-temen yang lainnya.

VPS Biasa adalah satu server tapi dipakai oleh beberapa orang saja. Ya ibarat kita punya apartemen kita sendiri, sehingga kita bisa bebas mau ngapain aja nggunain apartemen itu. Yang membedakan vps dengan shared hosting biasa adalah dengan VPS kita bisa menginstall sistem operasi sesuai dengan kebutuhan kita. Bisa di install windows ataupun linux server.

Artikel Terkait : 7 Peluang Usaha untuk Karyawan

Cloud VPS adalah teknologi ini sangat berbeda dengan 2 tipe sebelumnya. Dengan teknologi Cloud VPS kita bisa membuat semacam CPU Virtual, kita bisa menggabungkan beberapa server menjadi satu. Pernah tau? Ada 1 web, tetapi file yang di upload itu berada di server yang berbeda-beda. Nah, itu adalah cloud vps. Ya ibarat seperti kita punya 1 lantai apartemen, kita bebas memilih kamar mana saja yang ingin dipakai.

Nah, mungkin sudah jelas ya apa itu hosting dan domain. Lalu, bagaimana membeli domain dan hosting itu?

Sistem pembelian domain hosting itu biasanya adalah sistem sewa. Kita bisa menyewa sesuai dengan waktu yang telah disepakati, bisa satu bulan, satu tahun, 5 tahun, atau terserah kita lah selama penyedia hosting itu menyediakan .

Bagaimana Memilih Penyedia Hosting yang Baik?

Ada banyak aspek yang harus kita perhatikan sebelum membeli sebuah hosting, tips berikut bukan berarti 100% benar, tetapi hanya memberikan gambaran saja. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli sebuah hosting?

Besar Space, space disini berarti seberapa besar media penyimpanan yang penyedia hosting berikan. Semakin besar semakin bagus, biasanya penyedia hosting yang menawarkan harga diatas 50ribu/bulan spacenya adalah unlimited. Tapi, bukan berarti 100% unlimited, karena pasti ada batasan tertentu. Yang jelas batasan itu jika dipakai untuk penggunaan normal maka akan lebih dari cukup.

Artikel Terkait : Peluang Kerja Sampingan Mahasiswa

Besar Bandwith (Data Transfer), selain besarnya space web yang ditawarkan besarnya bandwith bulanan juga perlu diperhatikan. Apa itu bandwith? Gampangnya jika kita mengakses sebuah halaman pada sebuah web maka akan ada data yang di unduh oleh setiap user, misal 1MB tiap halaman. Maka bandwith web kita telah berkurang 1 MB.

Besar Uptime, uptime adalah waktu dimana server kita bekerja. Misalnya begini, tidak mungkin web hosting itu akan berjalan 24 jam tanpa ada gangguan apapun. Pasti ada entah itu beberapa menit atau bahkan detik. Nah, saat web server itu down alias tidak bisa diakses maka itu dinamakan downtime sedangkan waktu web server berjalan normal dinamakan uptime. Semakin besar uptime maka semakin bagus, usahakan cari yang uptimenya mencapai 99% atau lebih.

Support, support ini sangatlah penting. Males banget bukan? Kalau server ada gangguan tapi service centernya lemot memberi tanggapan? Karena itulah, cari penyedia hosting yang memiliki support cepat dan handal.

Bagaimana Cara Membeli Web Hosting?

Oke, kita lanjut di tahap penting yaitu pembelian web hosting. Dalam tutorial kali ini saya memberikan tutorial membeli hosting di niagahoster. Mengapa niagahoster?

Dari sekian banyak web hosting yang pernah saya coba, niagahoster lah yang memuaskan saya. Dari space, bandwith memiliki ukuran yang cukup besar. Garansi uptime hingga 99% serta pelayanan yang cepat. Dan tentunya harga bersahabat. Langsung saja ya, berikut ini adalah tutorial membeli hosting di niagahoster :

1.  Silahkan kunjungi website niagahoster.

Halaman Depan Niagahoster

Halaman Depan Niagahoster

2. Dalam halaman depan tersebut kita bisa memilih paket-paket hosting yang tersedia. Ingat sesuaikan kebutuhan sebelum membeli. Jika hanya untuk company profile semata jangan pilih yang mahal, cukup paket terkecil. Karena jika kita membeli yang mahal, tapi penggunaannya cuma sedikit maka sayang uang yang telah kita keluarkan.

Paket Hosting Niagahoster

Paket Hosting Niagahoster

Seperti yang telah saya jelaskan, pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Untuk company profile kecil-kecilan cukup dengan paket bayi, tapi jika ingin membuat website portal berita bisa memilih minimal paket personal. Saya rasa untuk website sekolah/instansi pemerintah/profil umkm/ web personal sudah cukup untuk menggunakan paket bayi.

Perhatikan, di niagahoster berani memberikan jaminan uptime 99,98%, padahal pada penjelasan diawal saya menyarankan minimal 99% waktu uptime.  Nah kalau sudah silahkan klik tombol pilih sekarang untuk melanjutkan. Misalkan saya pilih paket bayi.

3. Setelah klik pilih sekarang maka kamu akan diarahkan ke halaman order selanjutnya. Dalam halaman ini kita bisa memilih durasi waktu penyewaan hosting. Lebih lama lebih murah!

Paket Bayi Niagahoster

Paket Bayi Niagahoster

4. Lalu setelah kita memilih paket yang kita beli maka klik selanjutnya.

Memilih Domain untuk Hosting

Memilih Domain untuk Hosting

Dalam tahap ini kita akan diminta memasukkan domain yang akan menggunakan hosting yang kita beli ini. Jika ingin membeli sekalian silahkan ketikkan nama domain yang kamu inginkan di kolom domain-baru kemudian pilih ekstensi TLD yang diinginkan, bisa .id, .com, atau yang lain. Jika sudah punya domain yang akan digunakan silahkan klik saya tidak ingin membeli domain karena sudah memilikinya. Saya asumsikan kita tidak memiliki domain, dan kita membeli yang baru.

Memilih Domain untuk Hosting

Memilih Domain untuk Hosting

5. Kemudian klik cari domain , maka pihak niagahoster akan mencari / mengecek nama domain yang kamu pilih ada atau tidak.

Membeli Domain Sekaligus Hosting

Membeli Domain Sekaligus Hosting

Silahkan klik tambah ke cart untuk memasukkan domain yang kita beli ke pembayaran. Selanjutnya klik Selanjutnya.

6. Lalu kita akan dialihkan ke halaman invoice, dalam halaman ini kamu bisa melihat berapa besar tagihan yang harus dibayarkan.

Invoice Niagahoster

Invoice Niagahoster

7. Nah, kalau sudah klik selanjutnya maka akan  muncul halaman detail pembayaran.

Halaman Detail Kontak

Halaman Detail Kontak

Silahkan isi sesuai dengan identitas asli Anda, ingat untuk pembelian domain khususnya ekstensi TLD .id ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.  Setelah centang saya setuju dengan Syarat dan KetentuanMaka silahkan klik checkout sekarang.

Halaman Terimakasih

Halaman Terimakasih

Silahkan bayar sebesar dengan tagihan yang telah diberikan, dan lakukan konfirmasi pembayaran dengan petunjuk yang telah dikirim ke email kamu.

Bagaimana Membeli Domain di Niagahoster?

Nah, hosting sudah kita beli (include domain). Lalu, bagaimana jika kita hanya ingin membeli domain saja?

1. Silahkan kunjungi kembali web niagahoster

Membeli Domain di Niagahoster

Membeli Domain di Niagahoster

Silahkan masukkan nama domain yang kamu inginkan lengkap dengan ekstensi TLD yang kamu  inginkan. Kemudian klik cek domain Anda.

2. Kalau sudah di cek dan tersedia maka akan ada halaman seperti gambar berikut :

Cek Domain di Niagahoster

Cek Domain di Niagahoster

Silahkan klik tambah ke cart lalu klik selanjutnya.

3. Kalau sudah maka kita akan dialihkan ke halaman tawaran apakah kita sekalian beli hosting atau tidak.

Beli Domain Niagahoster

Beli Domain Niagahoster

Jika tidak membeli hosting sekalian maka kita klik Order Tanpa Hosting. Lalu Klik Selanjutnya terus sampai dihalaman pengisian biodata untuk pembelian domain. Pada langkah ini kurang lebih sama dengan pembelian hosting di step nomor 7.

Baca : Cara Memilih Domain untuk Toko Online

Nah gampang bukan untuk membeli domain dan hosting di niagahoster? Ada tips pemilihan domain, supaya nama domain yang kita pilih itu memang benar-benar sesuai dengan kita. (Baca : Tips Memilih Domain untuk Adsense).

Semoga artikel tutorial lengkap ini bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar membuat website ya. Terimakasih.

Cari Artikel di Sini


Panduan Lengkap Membeli Domain dan Hosting | Admin | 4.5
%d bloggers like this: