Buzzer SOSMED – Peluang Usaha Baru Bagi Para Akun Hits

Saat ini media sosial adalah yang paling dinamis, bukan hanya menggunakan konsep lama sebagai jembatan komunikasi antar manusia di dunia maya, tapi untuk sekarang ini sudah berubah dengan berbagai fungsi lainnya.

Banyak orang yang menggunakan sosial media untuk memenuhi segala kebutuhannya, mulai dari untuk media mengekspresikan diri, penggalangan dukungan, hingga digunakan untuk mencari penghasilan lewat berbagai cara tentunya.

Dan salah satu celah penghasilan yang dapat kita gunakan dari berkembangnya media sosial ini adalah lewat Twitter Buzzer. Twitter Buzzer adalah salah peluang untuk untuk memperoleh penghasilan dari media sosial khususnya dengan Twitter.

Media sosial ini yang bukan hanya menawarkan kesenangan, tapi juga menawarkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Kita cukup memanfaatkan akun Twitter kita dan men-tweet sebuah informasi saja, maka kita akan memperoleh bayaran ratusan ribu bahkan bisa sampai dengan jutaan rupiah. Menarik bukan?

Apakah itu Twitter Buzzer?

Bila kita berbicara tentang Twitter Buzzer maka tak akan lepas dengan istilah “Buzzer”. Menurut Jeff Staple, pengamat media sosial mendefinisikan “Buzzer (Influencer) adalah seseorang yang akan didengarkan setiap opininya, dipercayai dan membuat orang lain akan bereaksi setelahnya”.

Maka sederhananya, seorang Twitter Buzzer adalah pengguna dari Twitter yang bisa memberikan pengaruh terhadap orang lain dengan hanya melalui tweet yang dia tuliskan.

Hal ini lah yang menjadi ciri atau identitas utama dari seorang buzzer, karena pada dasarnya buzzer haruslah memiliki kemampuan influence ( untuk mempengaruhi orang lain). Karena itulah ada juga yang menyebut seorang buzzer dengan istilah influencer. Tapi kita ingat bahwa kedua istilah tersebut mempunyai makna yang sama.

Tugas utama dari seorang Twitter Buzzer adalah menuliskan beberapa tweet yang isinya tentang informasi maupun rekomendasi dari sebuah event maupun produk dari penyewa jasa Twitter Buzzer tersebut. Para penyewa jasa Twitter Buzzer ini kebanyakan adalah perusahaan besar maupun juga pemilik (owner) usaha yang menginginkan usahanya lebih dikenal lagi oleh banyak orang di dunia maya.

Tapi bukan hanya di dunia bisnis lagi, penyewa dari jasa Twitter Buzzer ini juga datang dari organisasi maupun kelompok. Mereka yang menggunakan jasa dari Twitter Buzzer untuk memperkenalkan sebuah event maupun juga sebuah pesan sosial bagi banyak masyarakat.

Bahkan peluang kreatif ini telah banyak di lirik oleh para pelaku dunia politik. Apakah tujuannya? Tak lain dan tak bukan tentu masih urusan pencitraan.

Ingat juga bahwa tugas dari seorang Twitter Buzzer terkadang bukan hanya untuk memposting sebuah tweet saja, tapi juga tak jarang menjalankan campaign maupun rangkaian informasi lebih lanjut kepada para followernya.

Mungkin bisa disimpulkan bahwa tugas dari Twitter Buzzer ini seperti menjadi brand ambassador dari penyewa jasanya. Untuk itulah seorang Twitter Buzzer harus benar-benar mengetahui (paham) akan apa yang dia sebarkan di media sosial.

Bagaimana Syarat Menjadi Seorang Twitter Buzzer?

Ada beberapa syarat bila kita ingin menjadi Twitter Buzzer, seperti :

1. Aktif dan Kreatif

Mungkin beberapa orang akan perfikiran bahwa yang menjadi seorang Twitter Buzzer ini hanya dari kalangan artis (seleb) saja, tapi hal ini salah besar. Setiap orang dapat menjadi seorang Twitter Buzzer, yang terpenting kita menjadi sebuah pribadi yang aktif ditambah dengan kreatif.

Aktif disini artinya kita terbiasa menggunakan akun Twitternya dengan rutin dan juga dapat memanage akun yang kita miliki. Maka tak heran seorang Twitter Buzzer harus mampu selalu online dalam waktu yang teratur. Karena biasanya para follower dari seorang Twitter Buzzer akan selalu menunggu-nunggu tweet baru.

Maka dari sini kita juga harus belajar untuk berkomunikasi dengan baik kepada para follower kita. Hal ini agar para follower kita nyaman dan selalu memperhatikan “gerak-gerik” atau aktivitas kita di dunia maya. Selain itu kita harus mempunyai kemampuan berpromosi lewat tweet, agar para follower kita dapat tertarik untuk segala sesuatu yang informasi yang kita berikan.

Nah yang tak kalah pentingnya adalah kreatif. Bila kita bukan seorang seleb (artis) maka satu jalan yang dapat kita tempuh dengan mempunyai suatu keahlian dalam suatu bidang. Disini ahli dapat mempunyai makna yang luas. Ahli ini bisa dari berbagai bidang, misalkan saja ahli medis, pendidikan, bisnis maupun yang lainnya.

Namun disini ahli juga dapat menjurus dalam hal-hal yang kreatif seperti ahli pantun, puisi, hingga ahli lelucon. Dalam industri seperti ini kreatifitas mutlak akan kita perlukan agar yang kita sampaikan mempunyai nilai komersil bagi setiap pihak yang membutuhkan jasa buzzer.

2. Potensi Menjadi Twitter Buzzer

Semakin banyak yang meminati sosial media sebagai salah satu lahan promosi oleh beberapa pihak maka hal ini tentu akan menjadikan potensi dari Twitter Buzzer ini masih sangat besar. Beberapa informasi yang beredar bayaran dari seorang Twitter Buzzer mulai dari ratusan ribu hingga ada yang jutaan rupiah hanya sekali twwet saja.

Memang nominal yang cukup fantastis apabila kita fikir secara logis, namun itu adalah salah satu kekuatan dari media sosial. Walaupun hanya deretan kata-kata biasa, bila diucapkan oleh orang yang tepat maka efeknya juga akan sangat menguntungkan bagi beberapa pihak. Hal inilah yang mempengaruhi para penyewa jasa Twitter Buzzer berani untuk membayar mahal.

3. Populer

Untuk menjadi seorang Twitter Buzzer sudah mutlak kita harus populer dikalangan pengguna Twitter secara khusus, maupun umum di media sosial. Salah satu indikator kita populer adalah dari jumlah follower, semakin banyak jumlah follower kita maka akan semakin bagus.

Tapi yang perlu kita ingat bahwa tak selamanya banyak follower akan populer. Karena bukan menjadi rahasia umum kagi bila kita mudah mendapatkan follower banyak, seperti dengan membeli follower. Dan bukan “populer” yang seperti ini yang disyaratkan menjadi seorang Twitter Buzzer.

Bila kita memperhatikan akun dari seorang artis maupun seorang yang dianggap ahli (pakar) dalam sebuah bidang. Pasti mereka akan mempunyai follower yang banyak, dan yang lebih penting lagi mereka dapat kita katakan benar-benar populer. Hal ini karena mereka mendapatkan banyak follower disebabkan mereka memiliki “sesuatu hal” yang dapat menarik perhatian orang lain.

Nah apabila kita sudah menarik perhatian dari orang banyak, maka tak jarang apa yang kita katakan lewat sebuah tweet akan dapat mempengaruhi orang lain. Misalkan saja, saat artis A men-tweet informasi, “ abis nongkrong ni di Cafe X, bareng temen-temen”, maka banyak dari fans dia (follower) akan penasaran dan pastinya ingin tahu tentang cafe tersbeut. Hasilnya? Tentunya ada poin plus untuk cafe yang telah “didompleng’ oleh artis tersebut.

Itu tadi penjelasan singkat Twitter Buzzer yang mendatangkan pundi-pendi penghasilan dari media sosial. Karena di dunia yang semakin maju ini, tak akan lepas dari namanya internet. Dan di internet pula akan menciptakan banyak peluang bisnis yang dapat kita jalankan, asalkan kita kreatif dan pandai melihat peluang pasti dapat menemukan kesuksesan.

Catatan : Buzzer ini tidak hanya di twitter saja, tetapi di semua sosial media ada yang namanya buzzer, misalkan instagram, facebook, line, dll. Jadi Buzzer tidak terbatas pada twitter, tapi di semua sosial media.

Referensi : maxmanroe


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: