10 Referensi Buku Akuntansi Terbaik

Buku Akuntansi Berurusan dengan angka saja sudah membuat pusing ditambah lagi harus mencari informasi yang ada dalam angka tersebut, otak serasa akan meledak. Kira-kira begitu yang dialami kebanyakan orang saat berhadapan dengan akuntansi.

Tapi lain ceritanya jika kita memiliki buku akuntansi berikut ini. Dengan bahasa yang mudah dipahami belajar akuntansi terasa lebih mudah. Tanpa basa-basi inilah 10 buku akuntansi terbaik sepanjang masa versi wallstreetmojo.com.

#1 – Accounting Made Simple ( Mike Piper)

Buku Akuntansi – Accounting Made Simple (Mike Piper) gambar : booktopia.com.au

Buku ini berjudul lengkap “Accounting Made Simple – Accounting Explained in 100 Pages or Less”. Dan sesuai dengan judulnya buku ini sangat sederhana namun lengkap.

Dengan buku ini kita akan terhindar dari ketakutan dan kebingungan istilah tinggi yang ada di akuntansi. Karena buku ini dibuat langsung to the point pada konsep tanpa ada basa-basi yang tidak perlu.

Selain itu dengan contoh praktis dan sederhana yang diberikan, pembaca akan lebih mudah memahami konsep. Konsep dasar akuntansi seperti persamaan akuntansi, cara membuat dan membaca laporan keuangan, serta dasar asumsi yang melatarbelakangi GAAP dijelaskan secara ringkas.

Artikel Lain : Contoh Soal Akuntansi Lengkap Dengan Pembahasannya

#2 – A Brief History of Economic Genius Paperback (Paul Strathern)

Buku Akuntansi – A Brief History of Economic Genius (Paul Strathern) gambar : amazon.com

Mendengar kata sejarah saja rasanya sudah mengantuk ditambah lagi sejarah tentang hitung-hitungan, bosan. Tapi tidak dengan buku ini, deskripisi sejarah yang diberikan serasa seperti gambar bergerak.

Strathern menggambarkan sejarah perkembangan matematika dan ekonomi dari masa ke masa. Semua teori dari berbagai ahli seperti Adam Smith dan Hume, Marx dan Hegel, Pareto, Veblen, Schumpeter, Keynes, hingga John Nash diselaraskan satu sama lain sehingga mudah dipahami.

Ia menyampaikan pengaruh matematis dari masing-masing pakar dalm teorinya dan memberikan kesimpulan dari berbagai hal tersebut. Sehingga sejarah yang membosankan dapat dikemas secara menarik sehingga mudah dipahami.

#3 – Accounting All-in-One For Dummies

Buku Akuntansi – Accounting All-in-One For Dummies gambar : amazon.in

Tentu saja hal yang mudah jika semua masalah bisa kita selesaikan dengan satu solusi. Nah buku ini juga menwarkan hal tersebut. Semua topik dalam akuntansi seperti cara untuk melaporkan laporan keuangan, bagaimana membuat keputusan bisnis yang cerdas, audit dan mendeteksi penipuan keuangan dibahas dengan mudah.

Selain itu dengan contoh dan skenario sederhana kantor kita bisa lebih memahami situasi dan bagaimana cara penanganannya. Buku ini dibuat oleh beberapa orang praktisi akutansi dan ditulis dengan bahasa yang muah dipahami.

#4 – Accounting Handbook (Barron’s Accounting Handbook)

Buku Akuntansi – Barrons’s Accounting Handbook gambar : amazon.in

Kelebihan buku ini terletak pada penjelasan pada berbagai meteri yang begitu rinci. Selain itu pengarangnya juga terdiri dari beberapa orang akuntan publik bersertifikat atau CPA. Sehingga tidak diragukan lagi bagaiman kuaitas dari buku ini.

Materi seperti akuntansi keuangan dijelaskan secara detail berikut dengan aturan-aturan adalam pembuatan laporan keuangan. Semua sesuai dengan GAAP dan IFRS yang berlaku. Kemudian tidak hanya itu hal lain yang berkatian seperti manajemen biaya dan perpajakan juga dibahas dalam buku ini.

Artikel Lain : 9 Langkah Mudah Siklus Akuntansi Untuk Perusahaan Dagang

#5 – The Tax and Legal Playbook (Mark J. Kohler)

Buku Akuntansi – The Tax & Legal Playbook (Mark J. Kohler) gambar : amazon.com

Pajak dan akuntansi sudah seperti kombinasi mengerikan, dimana kesalahan kecil akan memberikan dampak yang begitu besar. Tentu saja ini merupakan hal serius, tapi itu tidak terlihat dalam buku ini.

Kohler mampu mengemas pajak dan akuntansi dengan sangat menarik dan lucu. Sehingga buku ini akan sangat berbeda dari buku akuntansi atau pajak lainnya.

Selain itu buku ini juga memberikan informasi tentang bagaimana memanfaatkan akuntansi dan pajak untuk melindungi aset. Tentu saja dengan pemanfaatan pajak yang efektif.

#6 – Warren Buffett Accounting Book (Stig Brodersen & Preston Pysh)

Jika buku tadi menjelaskan bagaimana akuntansi dengan pajak,buku ini lebih berfokus pada investasi. Dengan buku ini pandangan kita dengan berbagai aturan investasi yang rumit akan hilang.

Buku ini juga memberikan pencerahan pada investor dalam mengenalisa laporan keuangan yang ditawarkan untuk investasi. Sehingga akan lebih jelas memilih dan memanfaatkan informasi yang tersedia dalam laporan keuangan.

#7 – A Random Walk Down Wall Street (Burton G. Malkiel)

Burton G. Malkiel adalah seorang pakar dalam bidang manajemen, salah satu bidang yang sangat memanfaatkan informasi dari akuntansi. Meskipun ditulis pada tahun 1973 tapi buku ini sudah menjadi pegangan wajib bagi mahasiwa di princeton.

Ditulis dalam gaya yang sederhana dan menarik, buku ini juga memberikan gagasan pengindeksan dalam pengambilan risiko didalam pasar saham. Dengan mengabungkan antara teori dan praktik pada dana pasar saham, kita bisa paham lebih mudah.

Artikel Lain : 8 Prinsip Etika Profesi Akuntansi

#8 – Financial Shenanigans (Howard Schilit & Jeremy Perler)

Judul lengkap buku ini adalah Financial Shenanigans: How to Detect Accounting Gimmicks & Fraud in Financial Reports. Berkat judul inilah buku ini mendapatkan julukan sebagai buku ‘Sherlock Holmes Akuntansi’ pada penghargaan Business Week.

Buku ini merupakan pegangan wajib bagi para investor ataupun orang awam untuk bisa mendeteksi informasi bohong yang ada dalam laporan. Didalamnya kita akan mengetahui trik-trik dan manipulasi apa saja yang mungkin dilakukan oleh petinggi yang tidak bertanggung jawab.

Buku ini akan memberikan kita beberapa informasi seperti :

  • Laba Manipulasi Shenanigans: Mempelajari trik terbaru yang digunakan perusahaan untuk membesar-besarkan pendapatan dan laba.
  • Arus Kas Shenanigans: Menemukan teknik-teknik baru yang dirancang oleh manajemen yang memungkinkan untuk memanipulasi arus kas semudah laba.
  • Kunci Metrik Shenanigans: Mampu melihat bagaimana perusahaan menggunakan menyesatkan “kunci” metrik untuk menipu investor tentang kinerja keuangan mereka.

Para penulis menjelaskan semua rincian informatif dengan mengungkapkan hal paling mengejutkan dalam penipuan dan penjahat keuangan di pasar global.

#9 – Freakonomics: A Rogue Economist Explores the Hidden Side of Everything Paperback (Steven D. Levitt & Stephen J. Dubner)

Buku akuntansi berikut ini sangat berbeda karena mengambil konsep fiksi untuk menjelaskan akuntansi dan keuangan. Namun dengan begitu kita akan mendapatkan wawasan baru tentang bagaimana cara kerja ekonomi dari akarnya dengan menganalisis perkembangan sosiologis dalam cara yang hidup.

Data-data dan informasi teknis dalam pengelolaan keuangan sehari-hari disampaikan melalui dialog atau argumen menarik. Sehingga pembaca akan mudah menangkap alur dan juga informasi yang diberikan.

#10 – Intermediate Accounting (Donald E. Kieso, Jerry J. Weygandt, & Terry D. Warfield)

Buku ini merupakan buku pegangan wajib bagi para pelajar akuntansi. Kenapa? karena didalamnya Kieso memberikan informasi tidak hanya teori tapi juga prakteknya dalam penggunaan software wajib akuntansi . Dengan begitu kita akan lebih terbiasa dalam menggunakan alat-alat pendukung akuntansi.

Artikel Lain : Kumpulan Jurnal Akuntansi Lengkap

Selain itu buku ini juga memberikan informasi tentang apa itu GAAP dan bagaimaa penerapannnya. Ditambah lagi dengan tips-tips penyelesaian masalah yang rinci dan perisapan untuk mendapatkan CPA menjadikan buku ini buku yang tidak bisa ditinggalkan bagi calon akuntan.

Nah itulah buku-buku yang dirasa merupakan buku akuntansi terbaik untuk setiap kalangan lebih mudah mempelajari akuntansi. Cukup sekian semoga dapat bermanfaat. Terima kasih banyak dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Cari Artikel di Sini


10 Referensi Buku Akuntansi Terbaik | Admin | 4.5
%d bloggers like this: