7 Bisnis Dengan Prospek Masa Depan yang Sangat Menjanjikan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa jenis bisnis yang masih mempunyai peluang bagus. Pastinya dalam menjalankan sebuah bisnis bukan hanya akan kita lakukan 1 atau dua bulan saja, melainkan kita lakukan seterusnya.

Untuk itu kita harus dapat memilih peluang usaha yang mempunyai masa depan yang cerah sampai dengan beberapa tahun kedepan. Karena tak semua jenis bisnis dapat bertahan dan terus menerus menghasilkan. Untuk penting bagi kita melihat peluang bisnis mana yang akan menjanjikan.

Paling tidak ada 7 jenis bisnis yang menjanjikan dan mempunyai peluang bagus kedepannya. Nah berikut ketiga jenis tersebut beserta dengan penjelasannya :

1. Peluang Bisnis Kuliner

Biaya makan yang dikeluarkan tiap bulan tentu sangat banyak, untuk itu gaya hidup sehat dapat mengontrol biaya yang harus dikeluarkan untuk makan sehari-hari

Pastinya dari kita berfikiran sekarang sudah banyak yang terjun kedalam bisnis kuliner ini dan juga persaingannya yang begitu berat.

Tapi yang harus kita ingat adalah setiap bisnis pastinya akan mempunyai pesaing. Untuk itu jangan pernah kita melihat suatu persaingan bisnis sebagai sesuatu yang harus kita hindari. Akan tetapi kita pandang sebagai tantang yang harus kita jalani dan ketika kita berhasil menghadapinya maka bisnis kita pasti berhasil atau sukses.

Bisnis kuliner sampai saat ini masih cukup menggiurkan untuk dijalankan. Bisnis yang sering dianggap orang dengan margin keuntungan yang mencapai 100% ini sebenarnya tak sulit untuk dikerjaakan dan mempunyai segeman yang begitu banyak. Mulai dari makan biasa ala warteg, kemudian kantin, cafe, warung pinggir jalan, warung angkringan dan masih banyak lagi.

Baca juga : Peluang Usaha Kuliner Makanan dan Minuman Rumahan dengan Modal Kecil

Selain hal itu beragamnya jenis makanan yang ada di Indonesia akan membuat kita lebih leluasa lagi untuk menyasar kuliner yang mana. Apakah memilih makana modern maupun kuliner tradisional, bahkan kita juga dapat mengombinasikannya.

Sebagai contoh adalah “Cendol”. Minuman yang satu ini mungkin salah satu minuman yang sudah sangat familiar bagi kita, nah apabila kita modernkan minuman ini akan menjadi suatu yang sangat berbeda dan tentunya akan disukai oleh banyak orang.

2. Bisnis Retail atau Kelontongan

Buka Warung Kelontong

Membuka warung kecil-kecilan menjual bahan-bahan pokok / bahan-bahan sehari-hari (Gambar : bisnisUKM.com)

Kelihatannya menjual barang-barang kecil, makanan ringan, dan yang lainnya seperti hal yang sepele. Namun siapa yang menyangka bahwa keuntungan yang akan kita dapatkan cukup menggiurkan.

Pastinya kita sering pergi supermarket maupun minimarket, dan tentunya memperhatikan beberapa barang yang dijual disana. Nah umumnya barang yang dijual disana mulai dari barang harian (kebutuhan sehari-hari) sampai dengan barang-barang elektronik. Mungkin keuntungan yang kita dapat paling hanya Rp. 500,00 saja.

Baca juga : 8 Peluang Bisnis 2017 yang Mempunyai Peluang Untung Besar

Akan tetapi harus kita ingat bahwa barang-barang yang dijual adalah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan oleh semua orang. Seperti menjual telur, beras, roti, susu, mie instan, dan masih banyak lagi tentunya. Dan hampir semua barang tersebut akan dibutuhkan oleh manusia setiap hari.

Bila memang kita tak memiliki modal yang cukup besar untuk membuka minimarket, ada baiknya kita memulainya dangan sederhana. Kita bisa membuka di tempat kita berada atau tinggal.

Kita juga dapat memberikan beberapa kemudahan untuk pelanggan kita, seperti dapat berhutang dengan syarat tempo satu minggu. Dengan demikian akan banyak yang tertarik dan berbelanja di toko kita.

Dan yang perlu ingat bahwa toko ataupun usaha retail ini adalah sebuah bisnis yang sangat menjanjikan bahkan sampai kapanpun. Kerena setiap kebutuhan dari manusia dijual didalamnya. Jadi bila kita tertarik untuk membuka bisnis ini, kita dapat memulainya dengan menabung untuk modal dikemudian hari. Akan tetapi bila kita berbicara tentang modal, tak ada yang ukuran fix-nya. Untuk itu jangan mudah pernah menyerah saat kita menghadapi hambatan serta rintangan, kita harus tetap mencari jalan keluarnya agar terus maju.

3. Peluang Bisnis Travel / Paket Wisata

Bisnis Travel

Makin banyak orang yang suka travelling, karena semakin stress di pekerjaan mengakibatkan orang-orang pada “kurang piknik”

Pada akhir tahun 2015 yang lalu sudah mulai diberlakukan AFTA (Asean Free Trade Area), hal ini menyebabkan melonjaknya orang yang ingin berpergian dengan cepat antar negara ASEAN dengan menggunakan pesawat. Hal ini tentunya akan membuat bisnis penjualan tiket akan semakin booming dari tahun 2015 keatas bahkan sampai beberapa tahun kedepan.

Selain itu juga tinggi permintaan orang untuk tour juga menjadikan bisnis travel sangatlah diminati, dan ditambah pula dengan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Baca juga : 5 Peluang Bisnis Musiman Saat Hari Lebaran Idul Fitri

Misalkan saja komisi untuk satu paket tour yang terjual dapat mencapai 200rb sampai dengan 300rb per orang. Hal inilah yang menyebabkan orang-orang tertarik untuk menggeluti bisnis travel.

Selain itu, Anda bisa membuat paket-paket wisata daerah. Artinya, silahkan eksplore daerah Anda masing-masing. Dan coba cari potensi wisata yang ada di daerah tersebut. Karena ini Indonesia, tentunya wisata alam dan budaya menjadi magnet tersendiri.

Seperti di Jogja dan Bali, yang sangat mengandalkan wisata alam dan budayanya. Bahkan orang luar negeri lebih mengenal Jogja dan Bali daripada Indonesia.

Ini akan menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menggiurkan bagi Anda.

4. Peluang bisnis industri kreatif

Bisnis Industri Kreatif Semakin Lama Semakin Menjanjikan (Gambar ; sculptingfearlessness.com)

Sekarang ini era modern yang sangat dinamis, ditambah lagi dengan penetrasi internet yang sangat luar biasa. Bisa dikatakan sebagai dunia kedua setelah dunia real ini.

Karena zaman sekarang sangat dinamis, maka kita dituntut untuk berfikir super kreatif untuk bisa bertahan hidup. Nah, peluang bisnis di bidang industri kreatif ini juga sangat terbuka lebar.

Industri kreatif ini sangat luas ya, mulai dari industri kerajinan hingga teknologi. Jadi, jika Anda punya ide-ide kreatif segera eksekusi saja.

Baca juga : 4 Peluang Usaha Sampingan Berdasar Hobi yang Menjanjikan

Misalkan, punya ide kreatif untuk membuat aplikasi yang bisa memberitahukan sebuah gunung akan meletus atau meteor akan datang. Atau, dalam bidang makanan yaitu membuat makanan yang unik, dengan mengkombinasikan masakan daerah dengan masakan modern.

Jadi, namanya juga kreatif. Anda tidak harus berpegang teguh pada “pakem” aturan yang berlaku sekarang. Asal, tidak melanggar norma kesopanan dan tata krama di Negeri tercinta ini ya tidak apa-apa, silahkan eksplor perasaan dan pikiran Anda seluas-luasnya.

5. Peluang Bisnis Online / Internet Marketing

Macam-Macam Bisnis Online

8 Model Bisnis Online yang Bisa Anda Pilih

Jumlah pengguna internet di Indonesia ini cenderung meningkat pesat. Bahkan bagi sebagian orang internet ini menjadi dunia kedua. Sehari tidak buka internet itu kok rasanya ada yang kurang, bahkan bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer keempat setelah rumah, makan, dan pakaian.

Baca juga : 8 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Melihat jumlah pengguna internet yang begitu besar, tentu membuka peluang bisnis dengan memanfaat internet menjadi semakin terbuka lebar.

Saat ini banyak sekali orang yang mulai berbisnis online, terutama anak-anak muda. Yang menggunakan instagram atau sosial media sebagai lahan utama untuk berjualan.

Selain berjualan, kita juga bisa membuat sebuah perusahaan rintisan/startup company yang tentunya menjadikan internet sebagai “nyawa”nya.

Baca juga : 6 Elemen Penting Agar Startup Sukses

Seperti yang kita tahu, perusahaan-perusahaan paling bernilai di dunia itu perusahaan teknologi. Termasuk didalamnya google, facebook, dan amazon yang notabene menggunakan internet sebagai “nyawa” bisnis mereka. Kalau tidak ada internet, mereka tidak mungkin bisa menghasilkan uang ratusan trilyun rupiah dalam setahun.

6. Peluang Bisnis di Bidang Jasa / Pelayanan

Bisnis itu sebenarnya ada 2 bila dilihat dari yang dijual. Pertama dalam bentuk barang, kedua dalam bentuk pelayanan. Kalau 5 peluang bisnis awal tadi berupa barang. Sedangkan yang sekarang berupa jasa / pelayanan.

Bidang jasa ini juga menjadi peluang bisnis yang masih berpotensi besar, jika Anda mempunyai bakat sesuatu bisa dibuat peluang bisnis. Misalkan bisnis potong rambut, jasa makelar tanah, dll.

Baca juga : 5 Klasifikasi Usaha di Bidang Jasa

Yang penting Anda kreatif-kreatif saja menemukan peluang jasa apa yang bisa diuangkan.

7. Peluang Usaha Di Bidang Seni (Baik Seni Modern / Seni Murni)

Dunia seni itu juga seakan tidak ada matinya, mulai dari seni grafis hingga seni musik. Jika Anda punya bakat seni lebih baik asah terus keahlian Anda.

Jika punya bakat menggambar dan melukis ya asah terus saja sampai Anda mahir, dan tentunya karya Anda akan dihargai tinggi oleh para penikmat seni.

Nah itu tadi tujuh jenis bisnis yang mempunyai peluang sukses besar bukan hanya beberapa bulan saja, tapi juga sampai dengan beberapa tahun mendatang. Untuk itu jangan pernah lepaskan kesempatan untuk membuka bisnis, dan kita harus cermat dalam membaca setiap peluang bisnis.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: