5 Bidang Bisnis UKM yang Prospek Masa Depannya Bagus

Saat ini bisnis UKM sedang di giatkan oleh pemerintah, bahkan ada banyak yang program-program yang mendukung program ini. Oh iya kita bahas sebentar tentang UKM, UKM (usaha kecil menengah) merupakan salah satu yang dapat menggerakkan perkonomian Indonesia. Bahkan di beberapa informasi menyebutkan bahwa UKM ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) bahkan juga dapat memberikan kesempatan kerja bagi banyak orang. Untuk itu bisnis UKM ini akan terus berkembangn dan tentunya memberikan peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Walaupun demikian ada beberapa orang yang mengalami kesulitan dalam memilih dan memulai bisnis. Salah satunya adalah cara memilih bisnis yang cocok. Untuk itu pada kesempatan pada kali ini kita akan membahas beberapa UKM yang cukup menguntungkan.

1. Bisnis UKM Bidang Kuliner

Bila berbicara kuliner (makanan) adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia (kebutuhan pokok), alasan tersebut adalah mengapa bisnis kuliner adalah bisnis yang cukup menguntungkan bahkan boleh dibilang bahwa bisnis yang tak lekang oleh waktu.

Dalam dunia bisnis kuliner ini kita juga dapat memilih segmen mana yang akan kita layani, misalkan saja kita bisnis makanan ringan (cemilan), makanan pokok (bisa saja makanan daerah, maupun yang lain), ataupun minuman. Untuk itu pastikan kita memilih jenis mana yang akan kita jalankan.

2. Bisnis UKM Bidang Fashion

Fashion (pakaian) juga termasuk juga dalam kebutuhan pokok manusia dan pastinya akan dibutuhkan serta dicari oleh banyak orang. Dengan alasan tersebut pastinya bisnis fashion ini akan sangat menjanjikan dan masih potensial untuk dilakukan.

Dibisnis ini juga akan mempunyai banyak segmen (kategori), seperti menurut jenis kelamin (pria atau wanita), umur (anak-anak, remaja dan dewasa), model atau jenis (muslim, casual, dll) dan masih banyak lagi bila kita gali lebih dalam. Dengan banyaknya kategori tersebut tentunya juga akan menambah potensialnya bisnis fashion ini.

Bahkan dalam bisnis ini juga kita juga dapat menggunakan modal yang cukup minimal. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sudah banyak suplier fashion yang memberikan penawaran untuk mereka yang ingin menjadi seorang reseller maupun juga dropship. Tapi yang perlu kita ingat bahwa terkadang fashion ini sering mengalami perubahan tren.

3. Bisnis UKM Bidang Otomotif

Kita lihat Indonesia sekarang ini? Pastinya kita dapat melihat bahwa perkembangan otomotif di Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal ini kita dapat lihat dari jumlah mobil maupun juga motor yang semakin banyak. Tentunya ini juga membuat peluang bisnis di bidang otomotif terbuka lebar.

Kita dapat memanfaatkan dengan banyaknya jumlah sepeda motor maupun mobil ini dengan membuka bengkel, jasa cuci mobil atau motor, toko spart part, maupun hal lain yang masih berhubungan dengan otomotif. Asalkan kita kreatif dalam memanfaatkan banyaknya kendaraan yang ada, maka akan banyak peluang bisnis disana.

4. Bisnis UKM di Bidang Agrobisnis

Untuk sekarang ini sudah banyak yang menyadari bahwa hidup sehat adalah suatu kebutuhan. Dan kita juga pasti sudah tahu di Indonesia adalah terkenal dengan kekayaan alam yang dimilikinya, baik itu tamanan, buah-buahan, rempah-rempah, dan tentunya masih banyak lagi. Cukup dengan dua alasan tersebut bisnis agrobisnis pada bidang pertanian masih sangat menguntungkan. Bukan hanya itu saja, saat ini di Indonesia stock akan kebutuhan pokok (beras, bawang merah, dll) terkadang masih tergantung dengan impor.

Bahkan bukan hanya di bidang pertaian saja, tapi juga ada di bidang peternakan. Disini juga masih sangat potensial untuk digeluti, mengingat semakin besarnya kebutuhan daging di Indonesia.

5. Bisnis UKM Bidang Teknologi Internet

Bukan rahasia umum lagi saat ini banyak peluang bisnis internet. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang selalu menggunakan internet bukan hanya sebagai mencari informasi saja, tapi juga untuk memenuhi kebutuhannya. Bisnis internet yang memang khusus dibangun untuk bisnis jangka panjang sering disebut dengan startup bisnis. Memang sudah ada banyak starup yang ada didirikan di Indonesia. Walaupun demikian masih banyak peluang yang ada di dunia internet ini.

Itu tadi beberapa bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang cukup menjanjikan yang mendatangkan keuntungan untuk saat ini bahkan untuk dimasa-masa mendatang. Walaupun demikian masih banyak lagi bisnis lain yang menjanjikan yang tak dapat dijelaskan satu per satu. Asalkan kita pandai untuk membaca setiap peluang maka bukan tak mungkin kesuksesan dalam berbisnis tinggal menunggu waktu saja.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: