5 Peluang Bisnis Musiman Saat Hari Lebaran Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri atau yang kita kenal dengan lebaran adalah suatu momen yang sangat penting yang sering ditunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Tak terkecuali di Negara Indonesia yang merupakan negera Islam terbesar di dunia. Maka berbagai macam peluang bisnis pun sangat terbuka lebar saat menjelang lebaran khusunya bagi kita yang mampu melihat peluang usaha tersebut.

Untuk membantu Anda dalam menemukan peluang bisnis yang tepat saat menjelang lebaran, maka dalam artikel ini akan kami hadirkan daftar-daftar peluang bisnis musisman lebaran. Sengaja kita akan berikan saat ini karena agar nantinya kita dapat mempersiapkannya sebelum pada hari H (sebelum hari Raya Idul Fitri tiba).

Pada artikel kali ini setidaknya akan memberikan informasi tentang 5 peluang bisnis musiaman yang mempunyai peluang sukses besar dan memperoleh keuntungan hingga jutaan rupiah saat musim lebaran.

Kelima bisnis yang akan kita bahas kali masing-masing membutuhkan modal yang berbeda-beda, dari yang hanya membutuhkan modal yang kecil sampai hingga membuthkan modal yang tidak sedikit. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan perhatikan penjelasan keempat bisnis musiman berikut ini :

1. Bisnis Jasa Rental Mobil

Illustrasi : thoughtfrontier.org/

Bisnis yang tentunya akan sangat mengalami kenaikkan omset pada saat menjelang lebaran adalah usaha travel. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada saat lebaran terjadi fenomena mudik yang telah menjadi suatu tradisi yang wajib yang harus dilakukan oleh sebagian kalangan masyarakat di Indonesia. Terutama bagi mereka masyarakat yang beragam Islam.

Nah dari sekian banyak pemudik tersebut, banyak dari mereka yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Dan untuk bagi pemudik yang belum mempunyai kendaraan pribadi umumnya akan menggunakan layanan transportasi umum, seperti menggunakan pesawat, kereta api, kapal atau bahkan bus.

Para pemudik yang menggunakan transportasi umum ini yang akan menjadi target pasar bagi usaha kita.

Tapi kita juga perlu ingat, bahwa sat kita ingin memulai sebuah usaha jasa rental mobil ini akan memakan (membutuhkan/menelan) modal yang tidak sedikit.

Untuk itu paling tidak kita harus dapat menyiapkan beberapa mobil yang siap untuk disewakan maupun dapat juga menjadi sebatas broker (penghubung). Tapi untuk broker ini mempunyai konsekuensi seperti keuntungan yang didapatkan akan dibagi menjadi dua dengan si pemilik jasa rental mobil.

2. Bisnis Sampingan Parsel Lebaran

Bisnis parsel yang cukup menggiurkan saat lebaran (gambar : Tribun Kaltim – Tribunnews.com)

Parsel atau bingkisan ini juga bisa dijadikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan, apalagi parsel ini tidak cuma rame saat lebaran saja tapi hampir di setiap acara-acara besar bisnis parsel ini cukup menjanjikan.

Biasanya isi parsel itu bermacam-macam tergantung pesanan,  tetapi parsel yang paling populer adalah parsel buah. Karena menemukannyapun cukup mudah, dan hampir semua toko buah menyediakan jasa kemas buah menjadi parsel.

Tetapi ada parsel-parsel unik lain, seperti parsel makanan, baik makanan camilan atau snack saja. Nah, ini tergantung dengan kreatifitas Anda ya.

3. Bisnis Busana Muslim

Usaha fashion atau busana muslim adalah sebuah bisnis musiman yang harus habis musimnya (stock barang), walaupun demikian kita juga masih dapat meneruskan penjualan. Jadi walaupun sudah bukan bulan puasa atau lebaran telah usai, bisnis busana muslim kita masih dapat kita jalankan dan masih mempunyai banyak peluang untuk memperoleh keuntungan yang berlimpah.

Tapi tentunya momen lebaran merupakan momen yang sangat pas dan tepat untuk dapat memasarkan beragam jenis busana muslim, entah itu untuk laki-laki maupun perempuan dengan segala usia.

Sama halnya dengan bisnis rental mobil tadi, kita dapat menjadi pemilik toko busana muslim maupun hanya sekedar menjadi dropshipper atau menjalankan bisnis Affiliate Marketing saja. Bila kita ingin memulai bisnis dengan modal yang relatif sedikit, maka akan lebih kita hanya menjadi dropshipper saja.

Bahkan boleh dibilang menjadi dropshipper ini tidak memerlukan modal, karena dalam proses promosi yang kita lakukan dapat menggunakan media sosial yang kita miliki, bahkan kita juga dapat menggunakan atau memasang di situs pasang iklan yang gratisseperti di OLX dan lain sebagainya.

4. Usaha Kue Kering

Bisnis kue kering, menjadi salah satu bisnis musiman paling laris saat lebaran tiba (gambar : dapurresepmasakan.com)

Kue kering ini seolah menjadi sebuah makanan yang harus ada dan disediakan pada saat lebaran. Umumnya mereka memilih kue kering dengan alasan harganya yang relatif murah dan juga rasanya yang enak. Jadi kita tak perlu heran bila banyak masyarakat yang membeli kue kering untuk menjadi sebuah hidangan pada saat lebaran.

Karena permintaan akan kue kering yang begitu banyak inilah yang akan menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan untuk mendapatkan keuntungan pada momen lebaran.

Karena biasanya jumlah permintaan ini terkadang tidak sebanding dengan stock yang ada dipasaran. Maka hal ini adalah sebuah kesempatan bagi Anda, terutama bagi ibu rumah tangga yang akan sangat mempunyai peranan di bisnis ini dengan cara membuat kue kering sendiri. Mengingat juga bahwa peluang kuliner masih mempunyai prospek yang begitu cerah, bukan hanya pada saat lebaran saja.

Walaupun dalam bisnis kue kering rumahan ini tergolong kedalam Bisnis UKM. Dalam memulai usaha kue kering ini tak memerlukan modal yang cukup besar. Karena dalam usaha rumahan kue kering ini termasuk juga kedalam jenis peluang bisnis dengan modal kecil. Maka kita mungkin taka akan terlalu sulit untuk mencari modal yang diperlukan. Sedangkan untuk proses pemasaran atau promosinya kita dapat menitipkannya ke warung-warung maupun dengan go-onlien maupun di media sosial yang kita miliki.

5. Usaha Pangkas Rambut

Para pemilik usaha pangkas  rambut juga mempunyai peluang besar untuk memperoleh kenaikan omset (keuntungan) yang cukup siginifikan pada saat menjelasang lebaran. Karena esensi dari harai Raya Idul Fitri ini adalah kembali ke fitrah, maka tidak heran banyak orang yang berbondong-bondong agar merapikan penampilan mereka tidak terkecuali dengan rambut kepala.

Jadi untuk penampilan diri pada saat lebaran haruslah bersih, rapi dan sopan. Hal ini juhga salah satu untuk menghargai anggota keluarga yang lain, saudara, teman, maupun tetangga yang akan kita temui pada saat silaturahmi. Usaha pangkas rambut juga merupakan salah satu usaha yang masuk kedalam daftar usaha menguntungkan. Pasalnya kita hanya cukup mengeluarkan modal sebanyak 1 kali saja pada saat kita membeli alat cukur.

Dari keempat peluang bisnis lebaran tersebut kemungkinan hanya sebagian kecil bisnis yang mengalami kenaikan keuntungan atau omset pada saat hari Raya Idul Fitri. Dengan kata lain masih cukup banyak bisnis yang akan mengalami kenaikkan omset jadi kita masih dapat mempertimbangan peluang bisnis lain yang dapat kita jalankan menjalang lebaran ini. Diantaranya bisnis parcel, jasa sewa infal, jasa penitipan hewan peliharaan dan tentunya usaha-usaha lainnya. Lalu apakah kita siap untuk memulai bisnis dan menjadi wirausaha yang sukses?

Cari Artikel di Sini


5 Peluang Bisnis Musiman Saat Hari Lebaran Idul Fitri | Admin | 4.5
%d bloggers like this: