9 Tips Memulai Bisnis Dropship – Bisnis Tanpa Modal Besar

Droship adalah sebuah bisnis online yang hanya bermodalkan sebuah toko online untuk berjualan atau dengan kata lain mempromosikan produk saja. Karena seorang dropshipper (orang yang melakukan bisnis dropship) hanya bekerja dengan cara menjualkan produk orang lain (supplier). Dan bisa dibilang bisnis yang satu ini nyaris tak menggunakan modal karena seorang dropshipper tak perlu menyetok barang.

Walaupun bisnis ini bisa dilakukan siapa saja karena tak membutuhkan modal banyak, tapi bisnis ini tak mudah dijalankan. Hal ini karena akan banyak tantangan yang mungkin akan hadir, misalkan saja pengiriman yang telat, atau bahkan barang yang tak sesuai dengan foto.

Tapi jangan khawatir, karena semua dapat kita atasi dengan bebeapa tips berikut ini. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan dengan baik-baik penjelasan berikut.

1. Hindari Mental Mudah Menyerah

Beberapa dropshipper punya mental yang mudah pasrah. Mental yang berarti saat produk terjual dia bersyukur tapi bila tidak pasrah saja. Mental inilah yang harus dibuang, dan membuat kita tak berkembang. Karena dalam berbisnis kita harus punya sebuah target.

2. Pikirkan Tentang Branding

Untuk lebih menyakinkan calon pembeli kita bisa melakukan berbagai cara, salah satunya membuat toko online. Dengan toko online akan meningkatkan kepercayaan dari pembeli, karena pembeli menganggap kita sudah profesional dan punya nama besar (brand). Jadi ada kesan bahwa kita tak main-main dalam berjualan.

3. Lakukan Produk Penetrasi

Sering kali kita terlena untuk melakukan penjualan berbagai barang sekaligus, tapi hal ini berdampak kurangnya fokus kita. Lebih baik kita menjual satu barang dahulu, dan tingkatkan branding pada produk itu agar orang semakin percaya kepada kita.

4. Berikan Pelayanan yang Cepat

Dalam memberikan pelayanan kepada konsumen harus cepat agar bisa memenangkan persaingan. Tapi bukan hanya sekedar cepat saja, tapi juga prima atau boleh dibilang kita harus memberikan pelayanan yang memuaskan. Bisa saja kita menyewa seorang Customer Service bila tak bisa menghandle masalah ini.

5. Gunakan Strategi Cross Selling

Strategi cross selling merupakan teknik untuk menjual dua barang dalam sewaktu waktu. Semisal kita dropshipper baju, nah disini kita bisa menerapkan strategi cross selling dengan menawarkan pula jaket, celana, dan produk-produk yang terkait dengan produk utama.

6. Temukan Supplier yang Tepat

Untuk menghindari sesuatu hal yang tak diinginkan, maka sebaiknya kita benar-benar dapat memilih supplier yang terpercaya. Pastikan supplier tersebut telah punya nama dan reputasi baik, karena nama baik kita juga sebagai taruhannya saat barang yang dipesan konsumen tak sesuai atau tak dipenuhi dengan baik.

Disini kita dapat melakukan test kecil terlebih dahlu kepada supplier, dengan cara menjadi seorang pembeli. Ini untuk memastikan supplier tersebut tepat kita jadikan partner atau tidak. Test ini juga bisa membantu kita mengetahui kualitas produknya.

7. Sampaikan ke Supplier Tentang Hak Kita Sebagai Dropshipper

Dalam bisnis dropship, kita sebagai seorang dropshipper punya beberapa hal yang harus dipenuhi oleh supplier. Semisal saja hak mencantumkan brand kita dalam nama pengiriman serta hak meminta garansi secara personal.

8. Minimalkan Risiko Rugi Waktu dengan Toko Online

Kita harus menuliskan diskripsi serinci mungkin tentang produk kita di toko online, hal ini untuk mengantisipasi pertanyaan yang sama terus berulang. Dengan ini kita akan menghemat waktu, karena tak harus menjawab pertanyaan yang sama terus menerus.

9. Tingkatkan Diri Menjadi Reseller

Banyak yang berfikiran bahwa reseller sama dengan dropshipper. Keduanya memang mirip, tapi seorang reseller punya peranan yang lebih besar dibanding dropshipper. Jika reseller punya stok barang digudang dan punya kendali quality control penuh, sebaliknya dropshipper tidak.

Itu tadi beberapa tips singkat yang bisa kami berikan kepada Anda. Semoga tips tadi bermanfaat dan bisa menjadikan Anda pebisnis yang sukses.

Cari Artikel di Sini


9 Tips Memulai Bisnis Dropship – Bisnis Tanpa Modal Besar | Admin | 4.5
%d bloggers like this: