Profil dan Kode Bank BII Maybank Indonesia, Jaringan Luas Bank Internasional

Profil dan Sejarah BII Maybank Indonesia – Dari artikel sebelumnya kita telah mengetahui beberapa bank dengan aset terbesar di Indonesia. Bank-bank tersebut sebagian besar dikelola dan dimiliki oleh orang-orang dari Indonesia. Jarang sekali bank yang dikelola pihak asing bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Namun tidak sedikit juga bank asing yang mampu mematahkan anggapan tersebut salah satunya adalah Maybank Indonesia.

Bank ini merupakan bagian dari Malayan Banking Berhad (Maybank), salah satu penyedia layanan perbankan terbesar di ASEAN yang berpusat di Malaysia. Bagaimana bank yang dikelola Malaysia bisa berkembang di Indonesia? Ini tidak lepas dari sejarah Maybank Indonesia yang sebelumnya bernama Bank Internasional Indonesia atau lebih dikenal dengan BII. Untuk lebih jelasnya mari kita simak sejarah dan profil mengenai Maybank berikut ini.

Sejarah Maybank Indonesia

Bank Internasional Indonesia (BII)

Maybank Indonesia pada awalnya adalah Bank Internasional Indonesia. Bank Internasional Indonesia sendiri berdiri pada tanggal 15 Mei 1959 dan berpusat di Jakarta. BII merupakan bank terbesar keenam di Indonesia pada masanya dan dimiliki oleh keluarga Eka Tjipta Widjaja.

Bank Internasional Indonesia menawarkan berbagai produk seperti deposito, investasi perbankan, asuransi, broker sekuritas dan jasa keuangan terkait, menyediakan layanan kartu kredit, dan aplikasi untuk transfer dana elektronik. Karena termasuk bank besar di Indonesia, BII memiliki enam puluh kantor cabang dan 122 kantor cabang pembantu.

Artikel Lain : Inilah Strategi Marketing Bank BRI

Pada tahun 1988 Bank Internasional Indonesia mendapatkan izinnya untuk menjadi bank devisa. Di tahun 1989 bank ini mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (saat ini dikenal Bursa Efek Indonesia) dan menjadi perusahaan terbuka.

Pada tahun 1998 Bank Internasionl Indonesia tersandung batu yang cukup besar yaitu krisis keuangan yang melanda Indonesia. Akibatnya BII mengalami kerugian sebesar 9.700.000.000 USD atau sekitar 12.61 triliun sehingga harus diambil alih dan direkapitalisasi oleh pemerintah.

Diakhir tahun 2003 pemerintah menjual 56,8 persen dari saham BII ke Sorak Financial Holdings yang dipimpin Asia Financial Holdings. Kemudian pada tahun 2008 BII diakuisisi sepenuhnya oleh Maybank Offshore Corporate Services (Labuan) Sdn. Bhd. (MOCS) dan Sorak Financial Holdings Pte. Ltd. (Sorak) sehingga menjadi bagian dari Maybank.

Bank Maybank Indonesia

Setelah diakuisisi sepenuhnya oleh Maybank Offshore Corporate Services, BII menjadi anak perusahaan dari Maybank grup. Baru pada tanggal 23 September 2015 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan persetujuan untuk merubah nama BII menjadi Bank Maybank Indonesia.

Maybank Indonesia langsung bergerak cepat untuk bangkit dari keterpurukan sebelumnya. Dengan memanfaatkan koneksi jaringan regional dan internasional grup Maybank, Maybank Indonesia telah mampu menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia dengan aset sekitar 143,3 Triliun rupiah.

Artikel Lain : Konsep sederhan Manajemen Syariah dalam Islam

Profil Maybank Indonesia

Visi dan Misi Maybank Indonesia

Maybank Indonesia memiliki visi : Menjadi penyedia layanan keuangan terkemuka di Indonesia, yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkomitmen penuh dan inovatif unuk menciptakan nilai dan melayani komunitas.

Sedangkan misi Maybank adalah :

Humanising Financial Services

  • Menyediakan akses yang nyaman bagi masyarakat untuk mendapatkan produk dan layanan perbankan
  • Memberikan persyaratan dan harga yang wajar
  • Memberikan advice kepada nasabah berdasarkan kebutuhan
  • Berada di tengah komunitas

Penghargaan Maybank Indonesia

Meskipun terhitung tidak terlalu lama berdiri dengan nama baru, namun Maybank telah mendapatkan banyak penghargaan sejak tahun 2008. Diantaranya adalah tiga penghargaan yang mereka dapat di tahun 2015 yaitu

  • Platinum Award untuk kategori Pemberdayaan Perempuan dalam Global CSR Award 2015 dari Pinaccle Group International.
  • The Winner of Enterprise Transformation category through CoOLPay & Kartu Maybank Indonesia Sinergi dalam Financial Insight Innovation Award 2015 dari IDC Financial Insights.
  • Peringkat 3 kategori Regular Domestic Banking dan predikat “Excellent” dalam Excellent Service Experience (ESE) Award 2015 dari Carre-Center for Customer Satisfaction Loyalty (Carre-CCSL) dan harian Bisnis Indonesia.

Artikel Lain : Mengenal Marketing Environment

Selain itu per 31 Desember 2014 Maybank Indonesia memiliki 455 cabang termasuk cabang syariah dan kantor fungsional mikro yang tersebar di Indonesia serta dua cabang luar negeri (Mauritius dan Mumbai, India), 13 mobil kas keliling dan 1.530 ATM termasuk CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM Prima, ATM Bersama, ALTO, Cirrus dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura dan Malaysia melalui jaringan MEPS.

Kode ATM Bank BII Maybank

Semua jaringan tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi dari berbagai ATM hanya dengan memasukkan tiga digit kode ATM bersama dari Bank Maybank Indonesia atau BII yaitu 016 dan setiap transaksi dapat dilakukan dimanapun kapanpun kita mau.

Itulah sejarah singkat mengenai Maybank berikut dengan profil mereka. Apabila terdapat pertanyaan atau sesuatu yang kurang jelas dapat anda tanyakan melalui kotak komentar yang disediakan atau membuka website resmi bank. Untuk kesalahan yang terdapat dalam tulisan saya mohon maaf, semoga dapat bermanfaat sekian dan terima kasih.

Referansi Tulisan : 

https://de.wikipedia.org/wiki/Bank_Internasional_Indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Maybank_Indonesia
https://www.maybank.co.id/

Cari Artikel di Sini


Profil dan Kode Bank BII Maybank Indonesia, Jaringan Luas Bank Internasional | Admin | 4.5
%d bloggers like this: