9 Bidang Spesialisasi Akuntansi

Bidang Akuntansi – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa akuntansi adalah cabang bagian dari ilmu ekonomi. Meskipun bagian dari ekonomi bukan berarti akuntansi adalah ilmu yang sempit. Justru sebaliknya akuntansi memiliki bidang ilmu yang luas.

Akuntansi tidak hanya membahas tentang keuangan tetapi juga menyinggung berbagai bidang ilmu yang lain seperti manjemen, hukum, bisnis dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa bidang akuntansi yang ada.

Bidang-bidang Akuntansi

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan melibatkan pencatatan dan mengklasifikasikan transaksi bisnis, dan penyusunan dan penyajian laporan keuangan yang akan digunakan oleh pengguna internal dan eksternal.

Dalam penyusunan laporan keuangan, kepatuhan yang ketat dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum atau GAAP diamati. Akuntansi keuangan terutama berkaitan dalam pengolahan data historis.

Artikel Terkait : 10 Contoh Laporan Keuangan Lengkap

2. Akuntansi Manajerial

Manajerial atau manajemen akuntansi berfokus pada penyediaan informasi untuk digunakan oleh pengguna internal, manajemen. Ini cabang penawaran dengan kebutuhan manajemen daripada ketat sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Akuntansi manajerial melibatkan analisis keuangan, penganggaran dan peramalan, analisis biaya, evaluasi keputusan bisnis, dan kawasan serupa.

3. Akuntansi Biaya

Kadang-kadang dianggap sebagai bagian dari akuntansi manajemen, akuntansi biaya mengacu pada rekaman, presentasi, dan analisis biaya produksi. akuntansi biaya sangat berguna dalam pembuatan bisnis karena mereka memiliki proses biaya yang paling rumit.

akuntan biaya juga menganalisis biaya aktual dan standar untuk membantu manajer menentukan program masa depan tindakan mengenai operasi perusahaan.

4. Akuntansi Audit

audit eksternal mengacu pada pemeriksaan laporan keuangan oleh pihak independen dengan tujuan menyampaikan pendapat untuk kewajaran penyajian dan kepatuhan GAAP. Audit internal berfokus pada evaluasi kecukupan struktur pengendalian internal perusahaan dengan menguji pemisahan tugas, kebijakan dan prosedur, derajat otorisasi, dan kontrol lainnya dilaksanakan oleh manajemen.

Artikel Terkait : Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Finansial)

5. Akuntansi Pajak

akuntansi pajak membantu klien mengikuti aturan yang ditetapkan oleh otoritas pajak. Ini termasuk perencanaan pajak dan persiapan pajak. Hal ini juga melibatkan penentuan pajak penghasilan dan pajak lainnya, jasa konsultasi pajak seperti cara untuk meminimalkan pajak secara legal, evaluasi konsekuensi dari keputusan pajak, dan hal-hal yang berhubungan dengan pajak lainnya.

6. Sistem Akuntansi

sistem akuntansi melibatkan pengembangan, instalasi, implementasi, dan monitoring prosedur akuntansi dan sistem yang digunakan dalam proses akuntansi. Ini termasuk kerja dengan bentuk bisnis, akuntansi arah personel, dan manajemen software.

7. Akuntansi Fidusia

akuntansi fidusia melibatkan penanganan akun yang dikelola oleh orang yang dipercayakan dengan tahanan dan pengelolaan properti atau untuk kepentingan orang lain.

Contoh akuntansi fidusia meliputi akuntansi kepercayaan, kurator, dan akuntansi real.

8. Akuntansi Forensik

akuntansi forensik melibatkan pengadilan dan litigasi kasus, penyelidikan penipuan, klaim dan penyelesaian sengketa, dan daerah lainnya yang melibatkan masalah hukum. Ini adalah salah satu tren populer dalam akuntansi saat ini.

9. Akuntansi Pemerintahan

Payung istilah akuntansi pemerintah mengacu pada jenis penggunaan akuntansi untuk menjaga dan memeriksa catatan keuangan instansi pemerintah dan untuk mengaudit perusahaan swasta dan individu yang terlibat dalam kegiatan tunduk pada peraturan pemerintah atau perpajakan.

Artikel Terkait : Akuntan Pemerintah

Dengan demikian, akuntansi pemerintah dapat mencakup metode akuntansi keuangan, akuntansi pajak, atau jenis lain dari akuntansi.instansi pemerintah kadang-kadang menggunakan akuntansi dana, yang merupakan cara untuk memisahkan sumber daya ke dalam kategori untuk melacak sumber dan penggunaan dana tersebut.

akuntansi dana digunakan sebagai cara untuk lembaga pemerintah atau divisi menjadi transparan dan bertanggung jawab dalam manajemen mereka dari uang pajak digunakan untuk mendanai lembaga atau divisi. akuntansi dana juga sering digunakan oleh organisasi non-profit.

Berfokus Pada Sebuah Spesialisasi

Jika Anda ingin fokus pada spesialisasi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan memperoleh sertifikasi akuntansi di bidang pilihan Anda. Ini akan memberi Anda keunggulan atas orang-orang yang tidak bersertifikat. Karena meningkatnya populasi dan permintaan untuk profesional yang kompetitif, Anda perlu langkah itu sedikit untuk mendapatkan diakui.

Beberapa sertifikasi yang paling terkenal termasuk Akuntan Publik Bersertifikat (BPA), Certified Management Accountant (CMA), Certified Internal Auditor (CIA), Certified Financial Planner (CFP), dan Sistem Informasi Bersertifikat Auditor (CISA).
(Dikutip dari accountingverse.com)

Nah itulah tadi 9 bidang spesialisasi dari akuntansi yang ternyata tidak hanya mengurus tentang bidang ekonomi saja tetapi juga bidang-bidang yang lain. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini


9 Bidang Spesialisasi Akuntansi | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: