Tips Cara Cepat dan Mudah Belajar Akuntansi

Belajar Akuntansi – Kebanyakan mata pelajaran yang melibatkan berhitung selalu menjadi hal yang mengerikan. Misalnya saja seperti matematika, kalau kita tanyakan kepada sembarang orang pasti sedikit sekali yang menyukai matematika. Begitu juga dengan akuntansi.

Banyak orang yang tidak menyukai akuntansi karena didalamnya melibatkan banyak sekali angka penting. Selain itu dalam akuntansi orang-orang dituntut untuk sangat teliti, karena jika ada bagian yang keliru maka semuanya juga akan ikut salah.

Tapi tidak selamanya yang susah itu tidak bisa diatasi. Jika kita menggunakan cara yang tepat akuntansi akan sangat mudah untuk dipahami. Nah dalam artikel kali ini kita akan sama-sama tahu tips cara mudah untuk belajar akuntansi berikut ini tipsnya.

Artikel Lain : Apa Itu Teori Akuntansi? Pengertian dan Perumusannya

Tips Belajar Akuntansi

Supaya kita bisa lebih mudah untuk belajar akuntansi ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Berikut ini tips yang bisa kita lakukan agar bisa belajar akuntansi secara cepat dan mudah.

Pahami Dasar Akuntansi

Seperti kata pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’. Bagaimana kita bisa mencintai seseorang tanpa mengenali orang tesebut lebih jauh.

Sebelum mencintai seseorang tentu diawali dengan berkenalan dan memahami barulah kita bisa mencintai. Itu juga berlaku untuk akuntansi lho. Kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja isi dalam akuntansi sehingga kita bisa kenal lebih jauh.

Artikel Lain : 6 Langkah Membuat Proposal Akuntansi

Sekarang bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, untuk mengenal akuntansi kita cukup mengetahui dan memahami dasar-dasar akuntansi. Dasar-dasar akuntansi ini meliputi berbagai istilah yang digunakan dalam akuntansi. Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut kita bisa lebih mudah mengerti akuntansi.

Learning by Doing

Cara selanjutnya agar lebih mudah belajar akuntansi adalah dengan learning by doing. Artinya kita harus aktif untuk belajar akuntansi, tidak hanya menuggu tapi juga mencari.

Jika biasanya kita hanya mendengar dari apa yang disampaikan guru atau dosen, kita juga harus mencari tambahan lain dari berbagai literatur. Apalagi sekarang banyak sekali buku-buku tentang akuntansi yang bisa membantu kita untuk belajar mandiri, mencari jawaban permasalahan sendiri.

Artikel Lain : Persamaan Dasar Akuntansi

Dengan melakukan hal tersebut, otak kita akan merekam pelajaran lebih mudah. Terlebih lagi ketika persoalan tersebut bisa kita pecahkan sendiri. Akan ada rasa bahagia dan tentu saja akan menjdai kebanggaan tersendiri.

Mulai Dari yang Paling Dasar

Dalam akuntansi terdapat banyak sekali persamaan yang digunakan. Belum lagi label dan nomor yang berbeda-beda tergantung akun yang dimasukan. Semakin membuat pusing jika belum terbiasa.

Karena itu kita harus memulai dari yang paling dasar atau paling mudah dan selalu digunakan. Contohnya rumus dasar akuntansi untuk debet dan kredit.

Artikel Lain : Artikel Pengantar Akuntansi Dasar

Dalam rumus tersebut ada akun harta, hutang, modal, pendapatan, dan beban. Setiap akun diberi nomor akun agar tidak tertukar. Seperti untuk akun harta nomor akun 1, hutang dengan nomor akun 2 dan seterusnya hingga akun beban dengan dengan nomor akun 5.

Tujuannya agar lebih mudah bermain pada logika penggunaan rumus. Selain itu kita juga harus mempelajari berbagai bagian dari akun-akun tadi.

Harta misalnya, yang masih terbagi lagi menjadi piutang dan kas yang termasuk dalam harta lancar. Dengan memahami hal ini kita akan semakin mudah memahami rumus-rumus dasar akuntansi lainnya.

Artikel Lain : 3 Dasar Paling Mendasar dalam Akuntansi

Perbanyak Latihan

Masih menyambung dengan tips kedua tadi, kita juga harus aktif untuk mengamalkan teori dengan bentuk latihan. Pilih berbagai soal sederhana yang ingin kita terapkan rumus didalamnya, atau soal yang lebih membantu pemahaman kita mengenai akuntansi.

Dengan begitu kita menjadi terbiasa menyelesaikan berbagai persoalan akuntansi dan tentu saja akan lebih paham. Ingat kata pepatah ‘alah bisa karena biasa’, semakin sering kita berlatih akan semakin lancar kita menjalankannya. ‘Because practice makes perfect’.

Jangan Berhenti

Saat menemui kebuntuan atau tidak menemukan solusi meskipun sudah dicek berkali-kali, jangan berhenti. Tapi tanyakanlah kepada orang yang lebih mengerti akuntansi dari kita. Misalnya guru atau teman sendiri yang memang lebih pintar. Tidak usah gengsi namanya juga belajar karena malu bertanya susah dijalan.

Artikel Lain : 4 Persamaan Dasar dalam Akuntansi

Nah itu tadi tips untuk mempelajari akauntansi lebih mudah. Tips ini juga bisa digunakan untuk belajar mata pelajaran susah lainnya agar lebih mudah. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih banyak, sampai jumpa pada artikel selanjunya.

Cari Artikel di Sini


Tips Cara Cepat dan Mudah Belajar Akuntansi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: