Tips Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Samsat Online

Di era serba digital sekarang ini, masyarakat semakin dimudahkan untuk melakukan aktivitas. Sebagai warga Negara yang baik ada satu kewajiban yang harus dilaksanakan yang cukup memakan waktu dan tenaga, yaitu membayar pajak kendaraan bermotor. Jika dulu masyarakat diwajibkan datang mengantri dan mengorbankan waktunya mendatangi kantor Samsat untuk membayar pajak kendaraan bermotor, sekarang pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan dengan transaksi elektronik atau online.

Inovasi Pemerintah dalam menyediakan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan transaksi elektronik atau dikenal Samsat Online ini menyediakan beberapa layanan yang diperuntukkan bagi :

  1. Kendaraan bermotor keadaan pengesahan STNK 1 tahun.
  2. Kendaraan bermotor keadaan tidak ganti STNK.
  3. Kendaraan bermotor disertai BPKB, KTP pemilik asli, dan STNK.
  4. Kendaran bermotor keadaan tidak terlambat lebih dari 1 tahun.
  5. Kendaraan bermotor tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, kecelakaan, dan kriminal.

Selain efisiensi dan efektivitas waktu, kehadiran samsat online juga dirasa akan memberi banyak sekali manfaat baik bagi Samsat sendiri maupun bagi warga masyarakat. Adanya samsat online juga bisa mengurangi presentase penggunaan jasa calo bagi masyarakat yang tidak mempunyai waktu luang untuk mengurus pembayaran pajak ke Kantor Samsat langsung. Jauh sebelum dikenalkannya layanan samsat online, ada beberapa daerah di Pulau Jawa yang sudah menerapkan sistem perpanjangan dan pembayaran pajak STNK secara online, seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Layanan samsat online juga menyediakan fasilitas Samsat Dhrive Thru sehingga masyarakat tidak perlu turun dari kendaraannya untuk sekedar membayar pajak melalui ATM. Di Jawa Timur juga dikenal dengan E-Samsat dengan fitur yang lebih canggih karena pembayaran pajak tidak hanya dilayani lewat ATM saja, namun juga bisa lewat teller maupun aplikasi mobile banking bank yang sudah bekerjasama. Sedangkan untuk Jawa Tengah, samsat online bekerja sama dengan Bank Jateng sehingga pembayaran pajak online hanya dapat dilakukan melalui ATM Samsat Bank Jateng. Untuk lebih jelasnya, informasi ini bisa diakses melalui website Dispenda Jateng.

Layanan lain yang disediakan melalui samsat online adalah cek pajak online. Melalui layanan ini, masyarakat dapat melakukan pengecekan riwayat pembayaran, jatuh tempo,  jumlah pajak yang harus disetor, serta seluruh informasi yang berkaitan dengan pajak kendaraan secara online melalui kantor Samsat dan Dinas Pelayanan Pajak. Untuk prosedur dan tata caranya juga cukup mudah untuk diikuti karena sudah diberikan tutorialnya sebelum dilakukan pengecekan. Sayangnya layanan ini baru ada di DKI Jakarta saja.

Fitur lain yang bisa dilakukan melalui samsat online adalah pengecekan keaslian STNK melalui SMS guna menghindari berbagai macam modus penipuan dalam jual beli kendaraan bermotor. Ada beberapa provinsi yang telah menggunakan sistem ini, yaitu Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY. Bahkan samsat online juga mempunyai akun twitter yang memudahkan masyarakat untuk mencari informasi mengenai jadwal dan lokasi layanan SIM dan STNK keliling.

Cukup banyak kemudahan layanan dan fasilitas yang menjadi inovasi samsat online dan dinas terkait. Semua itu dikembangkan agar masyarakat sadar akan kewajibannya sebagai wajib pajak dan menghindarkan diri dari pemakaian jasa calo yang mahal. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan masa berlaku pajak kendaraan Anda untuk menghindarkan diri dari pemberlakuan denda yang memberatkan.

Cari Artikel di Sini


Tips Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Samsat Online | Admin | 4.5
%d bloggers like this: