Karakteristik, Sifat-Sifat Batu Black Opal dan Asal-Usulnya

Salah satu batu akik yang cukup dicari dan digemari adalah jenis batu akik Kalimaya atau sering disebut dengan Black Opal. Dan struktur dan keindahan yang dimiliki, batu akik yang satu ini mempunyai harga yang cukup mahal yakni bisa menjacapi 2.500 USD per karatnya.

Salah satu daerah penghasil batu kalimaya ini di Provinsi Banten, dan pemerintahan setempat sangat serius untuk mengeksplor keindahan batu akik Kalimaya guna peningkatan taraf ekonomi penduduknya.

Asal Usul / Sejarah Batu Akik Kalimaya

Untuk di Indonesia sendiri batu akik Kalimaya ini dapat kita temukan di wilayah Kecamatan Cimarga, Sajiran dan Maja yakni di Provinsi Banten. Bahkan juga dapat ditemukan di sekitar Kalimantan. Batu akik yang berasal dari Banten ini mempunyai kualitas yang hampir sama dengan batu akik opal asal Australia yang sejauh ini menjadi pemasok terbesar batu Kalimaya di dunia (sekitar97%).

Bukan hanya di Autralia saja kita dapat menemukannya, tapi juga di Meksiko dengan jenis batu Kalimaya Api.

Karakteristik / Ciri-Ciri Struktur Batu Akik Kalimaya

Dikutip dari maxmanroe, batu mulia ini merupakan bantuk amirfis dari silika dengan kandungan 3% hingga 21% adalah air. Bahkan bisa memancarkan cahaya berbagai warna tergantung dimana kita menemukannya. Keunggulannya dapat merefleksikan berbagai warna dengan kekerasan mencapai 5.5-5.6 pada skala Mohs.

Sifat-Sifat Batu Akik Kalimaya Asli

Pastinya tiap jenis batu akik asli mempunyai sebuah ciri-ciri yang membedakan dari yang palsu, begitu pula dengan batu akik Kalimaya. Nah berikut ini ada beberapa sifat-sifat yang dimiliki batu Kalimaya :

  • Pembakaran, apabila kita bakar maka akan tahan dan akan cepat dingin dalam waktu singkat.
  • Kotoran, batu Kalimaya bila terkena bahan kimia akan mudah dihilangkan.
  • Serat batu, batu mulia ini akan mempunyai serat yang tampak walaupun tak kuat, untuk yang palsu akan nampak bening tanpa adanya serat.
  • Berat batu, untuk yang asli akan lebih berat bila dibandingkan dengan batu akik buatan (sintetis).

Harga Batu Akik Kalimaya

Dengan konsumen yang begitu banyak bahkan sampai ke luar negerai serperti di negara Malaysia, Korea,, Jepang dan juga Amerika maka harga dari sebuah batu akik Kalimaya asli akan terus merangkak naik. Sebuah batu akik Kalimaya asli dengan kualitas super dan warna yang sudah berkembang harganya mulai dari Rp. 300 ribu bahkan bisa mencapai Rp. 50 juta.

Cari Artikel di Sini


Karakteristik, Sifat-Sifat Batu Black Opal dan Asal-Usulnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: