Info Lengkap Batu Akik Bacan dari Maluku Utara

Batu akik bacan mungkin pernah booming dimasanya. Batu akik bacan adalah salah satu jenis batu akik yang populer dan banyak difavoritkan oleh kolektor batu akik di seluruh Indonesia. Konon, harga jual batu akik ini sangatlah tinggi dan mempunyai sejarah yang penting dalam tataran batu mulai di nusantara.

SEJARAH BATU BACAN AKIK MAHAL

Batu akik bacan diketahui banyak ditemukan di Maluku Utara sehingga dikatakan berasal dari Maluku Utara. Bacan sendiri bukan nama penghasil batu bacan karena penghasil batu bacan adalah di Pulau Kasiruta.

Bacan diambil dari nama suatu tempat yang memperdagangkan jenis batu akik bacan ini. sangat banyak kolektor dan pencinta batu mulia baik dari dalam maupun luar negeri yang memburu jenis batu akik ini di tahun 1994 silam, namun di Indonesia batu ini baru populer memasuki tahun 2005 lalu. Batu bacan dinilai sebagai batu dalam perhiasan yang penting pada sejarah kesultanan Jailolo, Bacan, Ternate, dan Tidore.

JENIS BATU AKIK BACAN

Batu akik bacan disebut juga sebagai batu giok Indonesia. Jenis yang banyak ditemukan di pasaran batu akik adalah batu bacan Doko dan batu bacan Palamea. Batu bacan Doko mempunyai ciri khas berwarna hijau sedangkan Palamea berwarna hijau muda kebiruan. Nama kedua jenis batu akik bacan tersebut diperoleh dari nama daerah penghasil batu akik bacan yang bersangkutan, yaitu Desa Doko Kasiruta wilayah Barat dan Desa Palamea.

WARNA BATU BACAN AKIK

Warna yang terdapat dalam batu akik bacan ini menjadi keunggulan yang dipunyai dibandingkan dengan batu akik yang lainnya. Meskipun begitu, batu akik bacan ini sebenarnya mempunyai banyak sekali pilihan warna.

Warna yang sering dijumpai di pasaran batu akik adalah hijau tua dan hijau muda kebiruan. Padahal, batu akik ini aslinya mempunyai 9 warna yang berlainan, yaitu coklat, putih bening, merah, putih susu, kuning tua, dan beberapa warna lainnya. Bagi anda yang termasuk golongan pengagum batu akik berjenis bacan ini, tentunya tidak perlu mengkhawatirkan keasliannya karena memang pada dasarnya batu akik bacan ini terdiri dari beberapa varian warna yang berbeda.

KELEBIHAN BATU BACAN AKIK

Kelebihan batu akik bacan yang menjadi keunggulan dan menjadikannya primadona di kalangan kolektor dan pecinta batu akik adalah sebutannya sebagai batu hidup yang mampu melakukan segala proses alami dan semakin lama umurnya akan semakin bagus warna dan bentuknya.

Dalam sebuah proses, batu ini akan banyak mengalami perubahan warna mulai dari hitam menjadi hijau. Selain itu, untuk batu akik bacan Doko juga mempunyai kemampuan menyerap senyawa lain, seperti ketika batu ini didekatkan dengan benda pengikat lainnya yang mempunyai warna emas, maka lama kelamaan batu akik bacan Doko ini akan timbul bintik bintik berwarna emas.

HARGA BATU BACAN

Berbagai kelebihan yang dipunyai batu akik bacan membuat harga batu akik bacan ini meroket tinggi. banyak pemburu batu ini yang berasal dari negara Eropa ataupun Arab serta China yang saling berlomba memburu batu yang berharga ini. range harga jual batu akik bacan berada di kisaran harga sekitar Rp 200.000,00 sampai dengan Rp 2.500.000,00 per gramnya. jika batu akik bacan tersebut mempunyai kualitas super, maka batu akik bacan dapat mempunyai harga jual mencapai Rp 40.000.000,00 hingga Rp 100.000.000,00 per kilonya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: