Tips Penting Pengaturan Dasar WordPress

Cara Mengatur WordPress – Artikel ini adalah rangkaian artikel berseri tentang tutorial wordpress bahasa Indonesia. Mengapa saya buat artikel berseri tentang wordpress ini? Karena, salah satu topik utama yang saya bahas di blog rocketmanajemen ini adalah tentang bisnis online. Dan bisnis online itu tidak lepas dari membuat website.

Nah, karena tidak lepas dari membuat website maka sangat perlu saya memberikan panduan lengkap tentang membuat website khususnya menggunakan wordpress. Di artikel sebelumnya saya telah membahas cara membuat wordpress serta mengatur permalink wordpress.

Di artikel kali ini saya ingin membahas tentang dasar-dasar mensetting wordpress. Apa saja yang perlu di setting saat menggunakan wordpress?

Sebenarnya tidak banyak pengaturan yang harus kita otak-atik wordpress, yang perlu kita setting hanyalah title, permalink, deskripsi, dan pengaturan dasar lain.

Silahkan login di wordpress Anda, kemudian klik settings -> general. Maka Anda akan mendapatkan formulir pengaturan seperti gambar di bawah ini:

General Setting di WordPress

Pengaturan dasar di WordPress

Dalam halaman tersebut kita dapat mengatur :

  1. Site Title : untuk mengedit title/judul website
  2. Tagline : untuk mengganti tagline / motto website
  3. WordPress Address /  URL : untuk mengedit alamat website, misal : http://rocketmanajemen.com/
  4. Email Address : alamat email admin utama
  5. Membership : apakah pengunjung dapat register apa tidak
  6. Timezone : mengedit zona waktu dalam server wordpress
  7. Week Starts on : Hari pertama dalam satu minggu
Reading Setting WordPress

Reading Setting WordPress

Perbedaan general setting dengan reading setting adalah jika general setting itu pengaturan dasar secara umum, sedangkan reading setting adalah pengaturan home / halaman depan website tersebut.

  1. Front Page Displays : tampilan halaman depan / halaman awal saat website di akses. Jika memilih Your Latest Post maka artikel terbaru yang akan ditampilkan. Jika A Static Page maka halaman statis yang akan ditampilkan. (Baca : Cara Membuat Halaman di WordPress)
  2. Search Engine Visibility : mengaktif atau menonaktifkan index website ke mesin pencari.

Nah itu tadi adalah pengaturan dasar di wordpress. Jika masih ada hal yang membingungkan silahkan kirimkan pertanyaan lewat kotak komentar di bawah.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: