Koleksi Barang Antik : Peluang Bisnis Rendah Kompetitor

Pastinya setiap bisnis akan mempunyai pesaing atau kompetitor. Bila memang tak ada bisa saja bisnis tersebut tak mempunyai prospek yang bagus. Tapi ada salah satu bisnis yang mempunyai prosepek bagus, namun tak banyak  pesaingnya yakni bisnis kolektor barang antik.

Ya barang antik ini tak akan musnah dari muka bumi. Pasalnya setiap barang yang sudah berumur lama, dan masih ada sampai sekarang ini maupun dimasa mendatang, maka barang tersebut akan kita sebut sebagai barang antik. Nah untuk kolektor barang antik ini sendiri belum banyak.

Dikutip dari marketingjoss, hampir kebanyakan orang yang mengalami kegagalan berbisnis karena bisnis yang geluti telah jenuh. Atau boleh dibilang mereka kalah bersaing (kompetisi) dengan orang lain yang mempunyai bisnis pada bidang yang sama. Hal ini dikarena kita gagal mengantisapsi setiap pesaing kita, maka kita akan mengalami kekalahan dalam dunia bisnis dan dengan sendirinya kita akan menutup bisnis kita.

Apakah Semua Bisnis Mempunyai Kompetitor?

Sebenarnya pertanyaan tersebut tak perlu kita jawab, karena pastinya setiap bisnis akan mempunyai pesaing (kompetitor). Hanya saja yang membedakan kompetitor dari setiap bisnis adalah banyak atau tidaknya.

Untuk itu saat kita memilih suatu bisnis kita harus dapat melihat dan memprediksi pesaing yang akan muncul saat kita menjalankan bisnis.

Baca juga : 8 Peluang Bisnis 2017 Dengan Peluang Untung Besar

Untuk itu kita dapat memilih suatu bisnis atau usaha yang mempunyai kompetitor sedikit, peminat akan produknya banyak, tak akan habis dimakan oleh waktu, produk dapat kita jual ke belahan dunia, bukan barang yang mudah rusak, dan tak perlu memerlukan modal banyak tapi tak mudah ditiru oleh banyak orang, nah jenis bisnis seperti itulah yang kita perlu jalankan. Contoh bisnis itu adalah bisnis kolektor barang antik.

Keunggulan Bisnis Kolektor Barang Antik

Salah satu keunggulan dari bisnis yang satu ini adalah pesaingnya yang cukup rendah. Hal ini dikarenakan tak banyak orang yang mau menjual barang antik, padahal para peminatnya (pengggemar) barang antik cukup banyak. Dan tak jarang pembeli barang antik ini mau mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli suatu barang antik. Disinilah satu keuntungan dari pengusaha kolektor barang antik.

Seperti yang kita sebutkan tadi juga, bahwa tak setiap orang suka dengan barang anti. Hal ini artinya bahwa menjadi seorang kolektor barang antik adalah suatu usaha yang tak mudah ditiru oleh orang. Karena akan membutuhkan suatu passion dan kesenangan.

Beberapa Barang Antik yang Sering Dijual

Memang ada beberapa barang antik yang sering dijajakan (dijual) di pasaran dan bahlan paling laku :

  1. Jam Tangan Lama
  2. Jam Tik-Tok
  3. Keris
  4. Kendi
  5. Uang Lama (baik itu dalam bentuk kertas maupun koin)
  6. Guci
  7. Pajangan Keramik

Sebenarnya masih banyak lagi barang-barang antik yang sangat laku untuk dijual, bila kita list satu persatu maka jumlahnya akan banyak sekali. Karena terkadang orang akan mempunyai penilian sendiri-sendiri akan barang antik, maka dari itu pintar-pintarlah memilih barang antik yang harus kita jual.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa menjadi seorang kolektor barang antik tak mudah, demikian pula dengan pembeli dan pesaingnya. Tapi sekalinya ada peminat (pembeli), maka barang antik tersebut akan bernilai jutaan bahkan bisa sampai ratusan juta rupaih. Menarik bukan?


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: