Profil dan Kode Bank BRI, Bank Para Priyai

Sejarah dan Profil Bank BRI Jika pertanyaan seperti ini muncul “bank apa yang paling banyak digunakan orang indonesia?” atau “bank mana yang memiliki pengguna di berbagai daerah?” kira-kira apa jawaban Anda? Kebanyakan dari anda pasti memikirkan BRI. Mengapa? tentu saja karena BRI telah dipercaya dan digunakan oleh banyak sekali nasabah di berbagai daerah dari semua lapisan masyarakat.

Bank Rakyat Indonesia atau yang lebih dikenal dengan BRI memiliki sejarah yang panjang sehingga dapat lebih dipercaya oleh kalangan masyarakat daerah ketimbang beberapa bank lain. Karena itulah dalam artikel ini akan dibahas bagaimana sejarahnya sehingga BRI bisa menjadi salah satu bank yang begitu dipercaya oleh masyarakat dan seperti apakah profil bank ini. Untuk anda yang penasaran selamat membaca.

Sejarah Bank Rakyat Indonesia

BRI didirikan pada tahun 1895 lebih tepatnya tanggal 16 Desember 1895 oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah, selama masa kolonial Belanda dengan nama awal yaitu De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden (Bantuan dan Tabungan Bank milik kaum Priyai Purwokerto). Kemudian bank ini menjalani perubahan nama pertama dari sekian banyak perubahan menjadi Hulp en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren (Bantuan dan Tabungan Bank untuk Pegawai Negeri Sipil Daerah).

Perubahan nama terakhir lembaga ini pada masa penjajahan Belanda adalah Algemene Volkscrediet Bank (People’s General Credit Bank, AVB) pada tahun 1934. Bila diartikan secara bebas dalam bahasa Indonesia menjadi Bank Rakyat Serikat.

Artikel LainBagaimana Perkembangan Ekonomi Belanda?

Pada tahun 1942 hingga 1945 operasional bank dipengaruhi oleh pendudukan Jepang termasuk perubahan nama menjadi Shomin Ginkou (Bank Rakyat). Kemudian setelah proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 bank resmi dinasionalisasikan oleh pemerintah dan menjadi bank pemerintah pertama di Indonesia dengan nama Bank Rakyat Indonesia Serikat.

Tahun 1948 dimana Indonesia masih berjuang mempertahankan kemerdekaannya bank ini berhenti beroperasi untuk sementara waktu dan mulai beroperasi kembali di tahun 1949 setelah perjanjian Renville. Kemudian ditahun 1960 BRI Serikat dilebur bersama dengan Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM) menjadi Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) sesuai dengan PERPU No. 41.

5 tahun setelahnya tepatnya tahun 1965 keluarlah PenPres No. 09 yang mengharuskan BKTN berubah menjadi Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan yang terintegrasi dengan Bank Indonesia.Ditahun yang sama PenPres No. 17 menetapkan bahwa Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan ( sebelumnya BKTN) diintegrasi dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural pada Bank Negara Indonesia.

Di tahun 1968 undang-undang No. 13 menetapkan Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural dipisah kembali dari Bank Negara Indonesia unit II menjadi bank tersendiri yaitu Bank Rakyat Indonesia. Undang-undang No. 21 juga menyebutkan penentuan kemabali tugas-tugas pokok BRI sebagai bank umum.

Artikel Terkait : Cara Memilih Domain untuk Toko Online

Sebagai bank yang sepenuhnya dimiliki pemerintah, struktur BRI sebagian besar mengikuti kemauan pemerintah, yang bergerak cepat menuju sosialisme di bawah Presiden Soekarno dan kemudian ke negara otoriter di bawah Presiden Soeharto. BRI memperoleh nama dan status secara resmi pada tanggal 1 Agustus tahun 1992.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992 dan Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992 status BRI berubah menjadi perseroan terbatas. Saham BRI yang tadinya dipegang sepenuhnnya oleh pemerintah ditahun 2003 menjual 30% sahamnya ke publik dan berubah menjadi perusahaan publik dengan nama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Profil Bank Rakyat Indonesia

Visi dan Misi Bank Rakyat Indonesia

Visi dari Bank Rakyat indonesia adalah menjadi bank umum terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan para pelanggan. Untuk mewujudkan visi perusahaan tersebut, BRI telah menetapkan tiga misi utama. Pertama, melakukan praktik perbankan terbaik dengan prioritas yang diberikan kepada layanan Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka mendukung perekonomian masyarakat.

Kedua, melayani pelanggan dengan layanan terbaik yang diberikan melalui jaringan yang luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional, dan teknologi informasi yang handal dengan melaksanakan manajemen risiko serta praktek Good Corporate Governance (GCG) yang sangat baik. Ketiga, untuk menciptakan nilai-nilai keuntungan dan manfaat yang optimal bagi para stakeholder.

Artikel Lain4 Peluang Udaha Sampingan Berdasar Hobi Menjanjikan

Makna Logo Bank Rakyat Indonesia

Logo BRI tidak lepas dari sejarah dan visi misi yang dimiliki bank tersebut selama ini. Bentuk logo dengan garis melengkung, memberikan citra dinamis dan lincah. selain itu bentuk melengkung juga merupakan line of beauty yang melambangkan keindahan dan keelokan. Warna biru dan putih yang digunakan pun memberikan kesan aman bersih dan dapat dipercaya.

Penataan huruf B, R, dan I pada logo tersebut juga memiliki makna dan kesan tersendiri. Transformasi lengkungan huruf B yang pada awalnya memiliki dua lengkungan, kemudian menjadi huruf R yang tersisa satu lengkungan dan digantikan dengan bentuk lurus huruf I yang melebur bersama garis pembatas tanpa adanya lengkungan seperti pada huruf B dan R, mencerminkan Misi BRI yang berusaha memberikan pelayanan terbaik agar dapat meningkatkan perubahan perekonomian pada masyarakat.

Logo BRI

Logo baru Bank Rakyat Indonesia

Selain itu Kotak dengan sudut yang lembut pada sekeliling huruf BRI memiliki arti bahwa pelayanan Bank BRI memiliki lingkup yang luas untuk segala kalangan. Penataan lengkungan tersebut juga dapat mewakili perubahan keadaan ekonomi masyarakat yaitu :

Huruf B yang memiliki dua lengkungan merepresentasikan kehidupan ekonomi yang masih sangat labil karena lengkungan tersebut menunjukkan perubahan-perubahan ekonomi yang kurang jelas di masyarakat.

Huruf R memiliki satu lengkungan yang kemudian berlanjut dengan garis diagonal yang dapat dimaknai sebagai bentuk kurang seimbangnya kehidupan ekonomi menengah yang ada di masyarakat.

Terakhir pada huruf I yang merupakan garis vertikal tegak lurus melambangkan kestabilan, keagungan, dan kemegahan yang dapat mewakili kalangan masyarakat dengan ekonomi yang sangat baik.

Artikel Lain50 Peleuang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Alamat Kantor Pusat dan Kode Bank Rakyat Indonesia

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berkantor pusat di alamat Gedung BRI 1 Jl. Jenderal Sudirman Kav.44-46 Jakarta 10210 dengan nomer telepon. : (62-21) 2510244, 2510254, 2510264, 2510269, 2510279 Facs. : (62-21) 2500065, 2500077.

Bank Rakyat Indonesia juga memiliki kode yang digunakan untuk melakukan transaksi melalui ATM bank lain atau biasa dikenal dengan layanan ATM bersama. Kode yang digunakan oleh Bank Rakyat Indonesia adalah 002, jadi para nasabah hanya perlu memasukkan kode ini dan transaksi mereka dapat dilaksanakan

Prestasi Bank Rakyat Indonesia

BRI termasuk dalam kategori bank yang spesial karena pada masa krisis moneter di wilayah asia timur tahun 1997, sebagian besar kegiatan BRI tidak terpengaruh. Hal ini karena BRI memiliki sangat sedikit pinjaman dalam mata uang asing atau kepada perusahaan besar yang memberikan pinjaman besar di luar negeri.

Selama periode 2006-2011, aset BRI melonjak hampir 62%. BRI menduduki puncak daftar bank yang paling menguntungkan bangsa selama enam tahun, terekam aset Rp 249.560.000.000.000 (US $ 28600000000) pada 2010, naik dari sebelumnya Rp 154.720.000.000.000 pada tahun 2006.

Pada bulan April 2014, BRI membuat kontrak dengan Space Systems / Loral dan Arianespace untuk masing-masing, membangun dan meluncurkan satelit pertama mereka yang dijuluki BRIsat, dan pada 18 Juni 2016 Ariane 5 telah berhasil meluncurkan BRIsat sebagai satelit pertama yang dimiliki dan dioperasikan oleh sebuah bank di dunia yang menghubungkan cabang dari bank yang terisolasi secara geografis.

Artikel Lain : Pengertian Akuntansi Anggaran dan Tujuannya

Nah itulah tulisan singkat terkait sejarah dan profil dari Bank Rakyat Indonesia. Semoga apa yang ada dalam artikel ini dapat bermanfaat. Jika ada kesalahan Saya mohon maaf dan apa bila ada pertanyaan silahkan mengisi kotak komentar dibawah ini. Sekian dan Terima kasih.

Kode Bank BRI

Bank Rakyat Indionesia (BRI) memiliki kode ATM 002

Referensi Tulisan : 

https://en.wikipedia.org/wiki/Bank_Rakyat_Indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Rakyat_Indonesia
http://www.bri.co.id/
http://uk-architect.blogspot.co.id/2015/05/filosofi-logo-bank-bri-howyou-look-is.html

Cari Artikel di Sini


Profil dan Kode Bank BRI, Bank Para Priyai | Admin | 4.5
%d bloggers like this: