Profil dan Kode Bank BNI, Bank Pertama Milik Pemerintah

Sejarah dan Profil Bank Negara Indonesia – Angka 46 tentu sudah tidak asing lagi bagi anda. Angka ini digunakan oleh pembalap juara dunia Moto GP Valentino Rossi “The Doctor”. 46 sudah menjadi ciri khas tersendir bagi pembalap legendaris ini, selain itu 46 juga memberikan ciri tersendiri bagi salah satu bank yang memiliki peran penting dalam dunia perbankan Indonesia yaitu Bank Negara Indonesia.

Seperti apa peran penting yang dilakukan BNI untuk perkembangan dunia perbankan Indonesia? Perkembangan apa yang telah dilakukan BNI selama ini? Dalam artikel ini akan dijabarkan secara singkat padat dan jelas mengenai sejarah dan profil perusahaan dari BNI, Selamat Membaca.

Sejarah Bank Negara Indonesia

Angka 46 yang digunakan BNI bukan hanya sekedar hiasan namun juga mengandung banyak nilai sejarah. Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya kepada dunia pada 17 Agustus 1945, Indonesia membutuhkan peran penting sebuah lembaga yang mengatur keuangan.

Karena pentingnya hal tersebut salah satu anggota BPUPKI, Raden Mas (R.M.) Margono Djojohadikusumo mengusulkan untuk membentuk sebuah Bank Sentral. Dari usulan beliau tersebut pada tanggal 5 Juli 1946 berdirilah Bank Negara Indonesia yang merupakan bank pertama milik pemerintah setelah kemerdekaan.

Dibawah kepemimpinan R.M. Margono Djojohadikusumo, pada tanggal 30 Oktober 1946 BNI mengedarkan Oeang Republik Indonesia atau ORI sebagai alat pembayaran resmi Indonesia pada masa itu. Ditahun 1949 peran BNI sebagai bank sentral digeser oleh De Javache Bank yang merupakan bank peninggalan pemerintahan Belanda.

Artikel Lain Teknik dan Metode untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan

Selanjutnya ditahun 1950 BNI ditetapkan sebagai bank pembangunan dan diberikan hak sebagai bank devisa untuk bisa bertransaksi langsung di luar negeri. Memanfaatkan keadaan tersebut BNI berhasil membangun kantor cabang pertama nya di Singapura pada tahun 1955.

Selain itu ditahun 1955 karena meningkatnya kapitalisasi, berdasarkan UU Darurat No. 2 tahun 1955 status hukum BNI berubah menjadi bank Komersil atau bank umum. Kemudian selama tahun 1960-an BNI telah melalui banyak “peleburan” dengan berbagai Bank komersil lainnya.

Hingga pada tahun 1968 berdasarkan UU No. 17 peran dan individualitas BNI sebagai Bank Umum dikembalikan dan BNI berganti nama menjadi Bank Negara Indonesia 1946. Bank Negara Indonesia 1946 melakukan program restrukturisasi operasional, dengan merumuskan ‘Performance Improvement Program’ untuk memfasilitasi peran yang lebih dinamis dalam menghadapi lingkungan terus berubah.

Program ini meliputi berbagai aspek, termasuk perbaikan Visi dan Misi, penyempurnaan rencana strategis, serta pengembangan teknologi dan sumber daya manusia. Melalui UU No. 7 tahun 1992 membuka peluang bagi bank-bank pemerintah untuk mengubah status hukum mereka ke Perusahaan Terbatas Milik Negara (atau Persero). Dengan perubahan dalam status hukum ini, nama Bank Negara Indonesia secara resmi diganti dengan ‘PT. Bank Negara Indonesia (Persero)’.

Artikel Lain : Marketing Funding, Cara Efektif Atasi Pendanaan

Pada tahun 1996, Bank Negara Indonesia membuat keputusan untuk menjadi perusahaan publik yang diwujudkan melalui Penawaran Umum Perdana (IPO) sahamnya melalui bursa. Langkah ini menjadikan Bank Negara Indonesia sebagai bank pemerintah pertama di Indonesia yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Nama perusahaan pun diubah menjadi ‘PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, untuk menunjukkan statusnya sebagai perusahaan publik.

Profil Bank Negara Indonesia

Visi dan Misi Bank Negara Indonesia

Visi BNI : Menjadi lembaga keuangan yang unggul dalam layanan dan kinerja untuk mewujudkan hal tersebut BNI memiliki misi

  • Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada nasabah, dan selaku mitra pilihan utama
  • Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor
  • Menciptakan kondisi yang baik bagi karyawan sebagai kebanggan untuk berkaraya dan berprestasi
  • Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab kepada lingkungan dan komunitas
  • Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik bagi industri

Logo dan Slogan Bank Negara Indonesia

Sejak berdiri BNI telah menggunakan 3 logo sebagai identitas bank. Logo pertama BNI berupa lingkaran merah dengan tulisan BNI 1946 berwarna emas yang melambangkan persatuan, keberanian dan patriotisme yangpada saat itu sangat merefleksikan BNI sebagai bank perjuangan pada tahun awal berdirinya. Logo kedua digunakan ditahun 1988 hingga 2004.

Logo ini berupa tulisan bank BNI dengan kapal layar dan gelombang yang merepresentasikan BNI sebagai bank pemerintah yang siap memasuki pasar keuangan dunia dan mampu bergerak dinamis dengan berorientasi pada pasar. Logo ketiga digunakan dari tahun 2004 hingga saat ini yaitu kombinasi antara angka 46 dan tulisan BNI dengan kombinasi warna oranye dan torquoise.

Tulisan BNI yang berwarna torquoise mencerminkan kekokohan, kekuatan dan keunikan dengan citra yang lebih modern. Angka 46 yang diletakkan secara diagonal dan melebihi kotak berwarna jingga menunjukan BNI baru yang modern penuh percaya diri dan segar.

Artikel Lain : 10 Faktor Yang Mempengaruhi Harapan Konsumen

Budaya Perusahaan Bank Negara Indonesia

BNI memiliki budaya kerja “Prinsip 46” yang merupakan tuntunan insan BNI yang berisi 4 Nilai budaya yaitu

  • PROFESIONALISME
  • INTEGRITAS
  • ORIENTASI PELANGGAN
  • PERBAIKAN TIADA HENTI

6 Nilai Perilaku Insan Utama BNI

  • Meningkatkan potensidan memberikan hasil terbaik
  • Jujur, Tulus dan Ikhlas
  • Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
  • Memberikan layanan terbaik melalui kemitraan yang sinergis
  • Senantiasa melakukan penyempurnaan
  • Kreatif dan inovatif

Kode ATM Bank BNI

Dengan sejarah dan reputasi yang dimiliki Bank Negara Indonesia tidak heran bank ini berusaha terus melayani yang terbaik bagi nasabahnya. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan bekerja sama dengan berbagai bank yang ada di Indonesia dalam penyatuan jaringan ATM sehingga nasabah BNI dapat melakukan transaksi meski melalui ATM bank lain hanya dengan memasukkan kode bank BNI yaitu 009.

Artikel Lain : 4 Cara Pengelolaan Manajemen Laboratorium Efektif!

Nah itulah dia sejarah singkat dan profil dari Bank Negara Indonesia sebagai salah satu bank yang berperan penting dalam dunia perbankan Indonesia. Saya mohon maaf untuk kesalahan yang terdapat dalam tulisan tersebut, apabila ada pertanyaan mengenai artikel diatas anda dapat mengisi kotak komentar dibawah atau membuka website resmi dari bank. Sekian dan terima kasih

Referensi Tulisan :

https://en.wikipedia.org/wiki/Bank_Negara_Indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Negara_Indonesia
http://www.bni.co.id/id-id/tentangkami/

Cari Artikel di Sini


Profil dan Kode Bank BNI, Bank Pertama Milik Pemerintah | Admin | 4.5
%d bloggers like this: