Profil dan Kode Bank Mandiri, Bank Dengan Aset Terbesar di Indonesia

Logo Bank Mandiri

Profil dan Sejarah Bank Mandiri – Adakah yang mengenal Bank Bumi Daya? Bank Dagang Negera? atau Bank Expor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia? saya yakin sebagian dari anda lupa atau bahkan tidak tahu. Bagaimana dengan Bank Mandiri? Tentu saja semua sudah mengenal bank ini. Bank Mandiri termasuk sebagai salah satu bank umum konvensional milik pemerintah yang telah sukses menjadi bagian dari bank-bank besar yang ada di Indonesia.

Lalu apa hubungannya dengan ke-empat bank ini BBD, BDN, Bank Exim dan Bapindo dengan Bank Mandiri? dan apa  yang membuat Bank Mandiri menjadi seperti saat ini? Bagaimana prosesnya?. Semua pertanyaan tersebut selanjutnya akan dijawab secara rinci dalam artikel ini. Selamat membaca.

Sejarah Bank Mandiri

Adakah yang tahu lama berdiri bank mandiri? 18 tahun, 46 tahun atau 71 tahun. Semua jawaban tersebut tidak tepat jawaban yang benar adalah 140 tahun silam. Lalu kapan sebenarnya bank Mandiri lahir? bank Mandiri lahir secara resmi pada tanggal 2 Oktober 1998. Bagaimana mungkin bank yang secara resmi berdiri di tahun 1998 memiliki sejarah selama 140 tahun?

Artikel Lain : Peluang Usaha Makanan modal Minim

Hal ini karena pada awalnya bank Mandiri terdiri dari 4 bank berbeda yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Expor Impor Indonesia (Bank Exim) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) yang masing-masing bank memiliki sejarah panjang selama 140 tahun dan hal tersebut masih bisa kita telusuri hingga saat ini.

Sejarah Singkat 4 Bank

Bank Bumi Daya (BBD)

Bank Bumi Daya lahir melalui proses yang sangat panjang. Awal mulanya adalah saat sebuah perusahaan Balanda De Nationale Hendelsbank NV mengalami nasionalisasi pada tahun 1959 menjadi Bank Umum Negara. Di tahun 1964 Bank Umum Negara mendapatkan hak operasi penuh dari bank milik inggris yang telah dinasionalisasikan yaitu Chatered Bank.

Pada tahun selanjutnya tepatnya pada tahun 1965 Bank Umum Negara digabung dengan Bank Negera Indonesia dan berubah nama menjadi Bank Negara Indonesia unit IV. Kemudian barulah Bank Negara Indonesia unit IV ini berlalih nama menjadi Bank Bumi Daya

Bank Dagang Negara (BDN)

Salah satu bank tertua ini sebelumnya lebih dikenal dengan nama Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij yang telah berdiri dari tahun 1857 di Batavia (Jakarta). Di tahun 1946 terjadi perubahan pada nama bank menjadi Escomptobank NV. Baru selanjutnya ditahun 1960 Escomptobank dinasionalisasi menjadi Bank Dagang Negara yang membiayai sektor industri dan pertambangan.

Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim)

Bank Ekspor Impor Indonesia berdiri pada tahun 1842 dengan nama N.V Nederlandsche Handels Maatschappij sebagai sebuah perusahaan dagang milik Belanda. Perusahaan ini kemudian mengembangkan kegiatannya di sektor perbankan pada tahun 1870.

Artikel Lain : Strategi Pemasaran Bank BRI

Selanjutnya perusahaan ini dinasonalisasikan pada tahun 1960 dan lima tahun setelahnya yaitu tahun 1965 digabung bersama Bank Negara Indonesia yang kemudian menjadi Bank Negara Indonesia unit II. Bank Negara Indonesia unit II ini terbagi menjadi 2 unit, satu diantarannya adalah Bank Negara Indonesia unit II divisi Ekspor-Impor, yang pada akhirnya menjadi Bank Exim, bank pemerintah yang membiaya kegiatan ekspor-impor.

Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo)

Pada tahun 1951 berdiri sebuah bank yang bergerak pada sektor industri yaitu Bank Industri Negara (BIN). Bank ini dibentuk untuk membantu sektor-sektor ekonomi seperti perkebunan, industri dan pertambangan. Karena hal ini sangat menentukan pembangunan sektor ekonomi maka di tahun 1960 BIN digabung kedalam Bapindo sebuah bank milik negara yang berfokus pada pembiayaan jangka menengah dan panjang pada sektor manufaktur dan lainnya.

Pasca-Merger ke-4 bank

Pada masa pemerintahan Soeharto untuk meningakatkan perekonomian negara banyak bank yang telah ada sejak lama dilebur menjadi satu bank. Beberapa diantara bank-bank tersebut adalah BBD, BDN, Bank Exim dan Bapindo yang dilebur menjadi sebuah bank pada 2 Oktober 1998 menjadi bank Mandiri.

Setelah proses merger, Bank Mandiri yang dipimpin oleh direktur utama pertamanya Muljohardjoko melakukan proses konsolidasi seperti pengurangan cabang dan pegawai. Selain itu Bank Mandiri juga melakukan integrasi sembilan sistem perbankan dari keempat bank tersebut.

Dari hasil proses konsolidasi tersebut bank Mandiri telah mengurangi 194 cabang dan sekitar 9000 karyawan. Sedangkan dari proses Integrasi Bank Mandiri berhasil menyatukan core system keempat bank legacy yang sebelumnya saling terpisah menjadi sebuah core system baru yang diterapkan hingga sekarang.

Profil Bank Mandiri

Makna Logo dan Slogan Bank Mandiri

Bank yang berdiri secara resmi dengan nama Bank Mandiri pada tahun 1998 ini memiliki logo batu yang bertuliskan nama “mandiri” berwarna biru dengan gelombang emas cair diatasnya. Tulisan mandiri yang menggunakan huruf kecil menggambarkan kerendahan hati dan sifat ramah terhadap berbagai segmen yang dimasuki dengan tujuan menunjukkan keinginan besar untuk melayani dengan rendah hati (Customer Focus).

Logo Bank Mandiri

Logo Bank Mandiri

Warna biru tua juga bermakna sebagai warisan luhur, stabilitas (Command, memimpin) dan serius (Respect) serta ketahanan uji (Reliable). Selain itu warna ini menunjukkan pondasi yang kuat, berhubungan dengan kesetiaan, kepercayaan dan kehormatan (Trust, Integrity) serta simbol dari sepesialis (Profesionalism).

Gelombang emas cair merupakan lambang dari kekayaan finansial di asia. Setiap lengkungannya menunjukkan sifat Agile, Progresif, Pandangan ke depan (Excellence), fleksibilitas serta ketangguhan atas segala kemungkinan yang akan datang.

Selain dengan logo baru yang diberikan, Bank Mandiri juga meluncurkan tag line baru yaitu Terdepan, Terpercaya. Tumbuh bersama anda. Slogan baru ini, mempunyai makna tersendiri ditiap katanya seperti Terdepan yang merupakan perwujudan dari kerja keras dan profesionalisme untuk menjadikan Bank Mandiri selalu yang terdepan.

Terpercaya merupakan perwujudan dari integritas dan sikap transparansi untuk menjadikan Bank Mandiri sebagai institusi perbankan yang terpercaya. Tumbuh bersama Anda merupakan perwujudan dari fokus pada nasabah dan dedikasi dari seluruh insan Bank Mandiri untuk tumbuh bersama Indonesia.

Logo dan Slogan baru ini merupakan pelengkap dari proses transformasi yang dilakukan oleh bank Mandiri yang dilakukan secara bertahap untuk menyesuaikan dengan keadaan perusahaan dan kebutuhan pasar serta mengacu pada International Best Practice dan prinsip Good Corporate Governance.

Visi dan Misi Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki Visi untuk Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif. Untuk mampu mewujudkan hal ini, bank Mandiri menyusun lima Misi besar diantaranya

  1. Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
  2. Mengembangkan sumber daya manusia professional
  3. Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder
  4. Melaksanakan manajemen terbuka
  5. Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan

Bank Mandiri berkomitmen untuk membangun hubungan jangka panjang dengan nasabah atas dasar kepercayaan sekaligus melayani secara profesional dan memberikan solusi keuangan yang inovatif bagi nasabah. Sehingga tidak heran Bank Mandiri dikenal karena kinerja, sumber daya manusia dan kerjasama tim yang terbaik.

Artikel Lain : Pengertian Manajemen, Fungsi serta Macam-macamnya

Seperti yang disebutkan diatas transformasi budaya yang dilakukan oleh bank Mandiri tidak hanya sebatas menghasilkan logo dan slogan baru tetapi juga menghasilkan rumusan budaya yang menjadi pedoman bagi pegawai untuk berprilaku.

Rumusan nilai budaya tersebut menghasilkan 5 poin penting yang disebut dengan TIPCE atau kepanjangan dari Kepercayaan (Trust), Integritas (Integrity), Profesionalisme (Professionalism), Fokus Pada Pelanggan (Customer Focus) dan Kesempurnaan (Excellence).

  • Trust
    Membangun keyakinan dan sangka baik diantara stakeholders dalam hubungan yang tulus dan terbuka berdasarkan kehandalan.
  • Integrity
    Setiap saat berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi kode etik profesi.
  • Professionalism
    Berkomitmen untuk bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab.
  • Customer Focus
    Senantiasa menjadikan pelanggan sebagai mitra utama yang saling menguntungkan untuk tumbuh secara berkesinambungan.
  • Excellence
    Mengembangkan dan melakukan perbaikan di segala bidang untuk mendapatkan nilai tambah optimal dan hasil yang terbaik secara terus-menerus.

Manajemen Bank Mandiri

Sejak pertama berdiri hingga saat ini bank Mandiri telah mengalami 7 kali pergantian direktur utama. Dirut pertama bank Mandiri ialah Muljohardjoko yang selanjutnya digantikan oleh Robby Djohan. Ditahun 2000 ECW Neloe diangkat menjadi dirut bank Mandiri hingga ditahun 2005 posisinya digantikan oleh Agus Martowardojo.

Kemudian Agus digantikan oleh Zulkifli Zaini. Setelah kepemimpinan Zulkifli posisi dirut diberikan kepada Budi Gunadi Sadikin hingga akhirnya digantikan oleh Kartika Wirjoatmodjo. Berikut adalah nama-nama yang mengisi dewan direksi Bank Mandiri saat ini

Direktur UtamaKartika Wirjoatmodjo
Wakil Direktur UtamaSulaiman A. Arianto
DirekturOgi Prastomiyono
DirekturPahala Nugraha Mansury
DirekturRoyke Tumilaar
DirekturHery Gunardi
DirekturTardi
DirekturAhmad Siddik Badruddin
DirekturKartini Sally
DirekturRico Usthavia Frans

Selain dewan direksi juga tersusun dewan komisaris bank Mandiri dengan susunia sebagai berikut

Komisaris Utama / Komisaris IndependenWimboh Santoso
Wakil Komisaris UtamaImam Apriyanto Putro
Komisaris IndependenAviliani
Komisaris IndependenGoe Siauw Hong
Komisaris IndependenBangun Sarwito Kusmulyono
Komisaris IndependenAbdul Aziz
KomisarisAskolani
KomisarisSuwhono
KomisarisArdan Adiperdana

Info Kantor Pusat Bank Mandiri

PT BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk. beralamat di Jl, Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38 Jakarta 12190 Indonesia dengan nomer Telpon: 14000, +62-21-52997777 dan Fax: +62-21-52997735.

Penghargaan Bank Mandiri

Bank Mandiri telah memperoleh banyak sekali penghargaan diantaranya penghargaan Banking Service Excellence Award ditahun 2016 dalam berbagai kategori yang diselenggarakan Infobank & Marketing Research Indonesia (MRI). Selain itu penghargaan internasional juga diperoleh oleh bank Mandiri seperti Contact Center World Awards 2016 Kategori Corporate yang diselenggarakan Contact Center World (CCW) Regional Asia Pacific.

Berkat berbagai prestasinya tersebut saat ini bank mandiri  memiliki lebih dari 1.800 kantor cabang dan sekitar 11.820 lebih ATM yang tersebar di 34 provinsi secara merata.

Kode ATM Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki kode ATM 008

Kiranya cukup sekian artikel ini saya tulis. Jika ada kesalahan atau pertanyaan silahkan mengisi kotak komentar dibawah atau membuka website resmi bank Mandiri. Untuk segala kesalahan penulisan dalam Artikel saya mohon maaf sekian dan terima kasih.

Referensi Tulisan :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Mandiri
  2. http://www.bankmandiri.co.id/promo/mandiribaru.aspx
  3. http://www.bankmandiri.co.id/corporate01/news-detail.asp?id=IAOQ0848728
  4. http://www.bankmandiri.co.id/corporate01/about_profile.asp
  5. http://www.bankmandiri.co.id/corporate01/about_our.asp
  6. http://www.bankmandiri.co.id/corporate01/about_direksi.asp
  7. http://www.bankmandiri.co.id/corporate01/about_dewankomisaris.asp
  8. http://www.bankmandiri.co.id/corporate01/about_headoffice.asp
  9. http://www.bankmandiri.co.id/corporate01/about_awards.asp

Note :

Artikel ini di publikasikan pada tanggal 22 Oktober 2016, jika ada kesalahan data yang disampaikan karena sudah ganti maka mohon koreksi melalui kotak komentar.

Cari Artikel di Sini


Profil dan Kode Bank Mandiri, Bank Dengan Aset Terbesar di Indonesia | Admin | 4.5
%d bloggers like this: