Profil dan Kode Bank CIMB Niaga, Pelopor Pelayanan Jaringan Online

Profil dan Sejarah Bank CIMB Niaga Pada saat ini melakukan transaksi perbankan seperti transfer, tarik tunai bahkan menabung dapat dilakukan tanpa harus pergi ke bank. Semua sudah bisa anda lakukan hanya dengan menggunakan mesin ATM (Automated Teller Machine) atau Anjungan Tunai Mandiri yang sudah tersebar di banyak tempat disekitar anda seperti pusat perbelanjaan dan pinggir kota sekalipun.

Perkembangan pelayanan perbankan berbasis onine pun telah diadaptasi ke berbagai platform seperti android dan iOS sehingga lebih memudahkan para nasabah melakukan kegiatan. Berkembangnya pelayanan berbasis online ini diawali oleh terobosan dari salah satu bank pembayaran KSEI terbesar dari nilai transaksi yaitu Bank CIMB Niaga.

Bagaimana cerita awalnya perkembangan ini dimulai dan seperti apakah Bank CIMB Niaga itu? Dalam artikel ini akan disajikan mengenai sejarah dan profil dari bank CIMB Niaga yang akan memberikan anda informasi baru yang mungkin akan bermanfaat selamat membaca.

Artikel Lain : Cara Melihat Jumlah Teman di Profile G+

Sejarah Bank CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan pada tanggal 26 September 1955 sebagai bank swasta dengan nama Bank Niaga. Perhatian utama bank Niaga setelah dibentuk adalah membangun kepercayaan dan nilai-nilai inti serta profesionalitas pelayanan karyawan.

Pada saat sektor swasta Indonesia dilanda krisis di tahun 1969, Bank Niaga mampu bertahan dan memenuhi persyaratan untuk mendapatkan jaminan dari Bank Indonesia. Kemudian di tahun 1974 pada bulan November, Bank Niaga merevisi rencana bisnisnya dan menjadi bank umum untuk lebih mampu memenuhi kebutuhan nasabah.

Artikel Lain : Bagaimana Marketing KTA Bank CIMB NIAGA

Setelah masa-masa peleburan dengan beberapa bank komersial lainnya, pada tahun 1975 fungsi serta individualitas dari Bank Niaga dipulihkan sepenuhnya. Statusnya dilanjutkan dengan menjadi sebuah bank umum yang dikelola negara. Nama bank pun resmi diubah menjadi “Bank Niaga 1955”.

Pada tahun 1976, Program Kredit Profesional diluncurkan bank dengan memberikan pinjaman bagi para profesional seperti insinyur dan dokter. Pada tahun 1981 dan 1982, Bank Niaga 1955 menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan sistem perbankan online serta sistem jaringan untuk cabang-cabangnya.

Bank Niaga 1955 juga memperkenalkan jaringan pertukaran mata uang asing di berbagai cabangnya pada tahun 1985 bersama dengan berbagai produk baru. Pada tahun 1987, Bank Niaga 1955 membedakan dirinya di pasar domestik dengan menjadi bank pertama di Indonesia yang memperkenalkan layanan ATM. Pada bulan Juni 1989, Bank Niaga melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia dan menjadi bank terbuka.

Saham tersebut laku dan dipesan empat kali jumlah saham yang dikeluarkan yaitu 20,9 juta saham. Pada tahun 1998, Bank Niaga memperluas basis pelanggan, dan mulai memberikan layanan kepada pelanggan kelas menengah atas. Pada tahun 1999, Bank Niaga diletakkan di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Indonesia, karena tidak memenuhi dana 20% pemegang saham yang diperlukan untuk latihan rekapitalisasi.

Artikel Lain : 3 Klasifikasi Barang Menurut Kebutuhan Industri

Pada tahun 2002, Commerce Asset Holding Berhad (sekarang dikenal sebagai CIMB Group) mengakuisisi Bank Niaga. Pada Mei 2008 nama Bank Niaga dirubah dari PT Bank Niaga Tbk menjadi PT Bank CIMB Niaga Tbk. Dalam transaksi terpisah pada tanggal 26 Agustus 2005, pemegang saham bank Lippo dan Bank Indonesia menyetujui penjualan saham pengendali 52,05% yang dimiliki oleh Swissasia Global ke Santubong Investment B.V menjadi sepenuhnya dimiliki oleh Khazanah Nasional Berhad.

Penjualan tersebut mulai berlaku pada tanggal 30 September tahun yang sama. Karena Khazanah, memiliki saham tidak langsung 93% di Lippo Bank dan 64% di Bank CIMB Niaga, berdasarkan kebijakan Single Presence Policy (SPP) yang dikeluarkan Bank Indonesia, Bank Niaga dan Lippo Bank harus bergabung. Pada tanggal 1 November 2008, Lippo Bank resmi bergabung dengan Bank CIMB Niaga dalam PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Artikel Lain : 6 Cara Bank CIMB Meningkatkan Pemasaran

Bergabungnya LippoBank ke dalam CIMB Niaga merupakan sebuah lompatan besar di sektor perbankan Asia Tenggara. CIMB Niaga kini menawarkan nasabahnya layanan perbankan yang komprehensif di Indonesia dengan menggabungkan kekuatan di berbagai bidang perbankan. Penggabungan ini menjadikan CIMB Niaga menjadi bank terbesar ke-5 dari sisi aset, pendanaan, kredit dan luasnya jaringan cabang.

Profil Bank CIMB Niaga

Visi dan Misi

Visi Bank CIMB Niaga : Menjadi Perusahaan ASEAN yang Terkemuka dengan visi nya tersebut Bank CIMB Niaga memiliki misi

  • Menyediakan layanan perbankan universal di Indonesia secara terpadu sebagai perusahaan dengan kinerja unggul di kawasan ASEAN dan kawasan utama lainnya, serta mendukung percepatan integrasi ASEAN dan hubungannya dengan kawasan lain.

Pelaksanaan visi dan misinya ini berpegang teguh pada nilai-nilai dasar C-H-E-S-I yaitu

  • C (Customer-centric) Hadir untuk melayani nasabah serta menjual produk dan layanan yang diinginkan nasabah
  • H (High Performance) Bekerja keras dan tepat sasaran untuk nasabah, sesama karyawan dan pemangku ke pentingan lainnya
  • E (Enabling People) Mendorong seluruh pihak di CIMB Niaga untuk berpikiran luas dan memastikan seluruh karyawan memiliki kemampuan untuk memberikan nilai tambah
  • S (Strength in Diversity) Menghargai perbedaan budaya, perbedaan perspektif dan mengakui setiap perbedaan sebagai potensi kekuatan
  • I (Integrity) Jujur, terhormat dan professional dalam segala hal yang dilakukan karena integritas adalah nilai paling mendasar di CIMB Niaga

Artikel Lain : Inilah Strategi Marketing Bank BRI

Kode ATM Bank Cimb Niaga

Sebagai bentuk pelayanan kepada nasabah, Bank CIMB Niaga memanfaatkan jaringan ATM yang terhubung dengan satelit komunikasi untuk mempermudah transaksi dari berbagai tempat dan ATM berbeda. Layanan ini dapat diakses dengan memasukan kode bank di depan nomor rekening pada saat transaksi di ATM. Kode bank CIMB Niaga sendiri adalah 022.

Pencapaian Bank CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga berhasil mendapatkan penghargaan dalam “Annual Report Award 2012” sebagai peringkat pertama kategori Perusahaan Private Keuangan Listed versi Komite asional Kebijakan Governance (KNKG), BEI, BI, OJK, Dirjen Pajak, Kementerian UMN dan Ikatan Akuntansi Indonesia.

Selain itu bank CIMB Niaga juga merupakan pembawa perubahan besar terhadap perkembangan dunia perbankan sehingga mampu mengenal luaskan Indonesia kedalam dunia perbankan modern. Atas perkembangannya tersebut Bank CIMB Niaga telah berhasil membuka kantor cabang di berbagai wilayah di Indonesia dan ratusan mesin ATM untuk melayani nasabahnya.

Artikel Lain : Cara Mudah dan Gratis Auto Tweet Di Twitter

Nah itulah sedikit sejarah dan profil dari bank CIMB Niaga yang ternyata sangat berpengaruh pada perkembangan perbankan di Indonesia. Jika ada pertanyaan anda dapat mengisi kolom komentar yang disediakan atau membuka website resmi dari bank. Atas kesalahan yang ada saya mohon maaf sekian dan terima kasih.

Referensi Tulisan :

https://en.wikipedia.org/wiki/CIMB_Niaga
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_CIMB_Niaga
https://www.cimbniaga.com/in/about-us/index.html

Cari Artikel di Sini


Profil dan Kode Bank CIMB Niaga, Pelopor Pelayanan Jaringan Online | Admin | 4.5
%d bloggers like this: