Profil dan Kode Bank BCA, Bank Pelopor Jaringan ATM

Sejarah dan Profil Bank Central Asia – Apa yang terlintas dipikiran anda ketika berbicara mengenai Bank Central Asia? Banyak yang mengira BCA merupakan bank asing yang ada di Indonesia. Padahal sama seperti Bank BRI dan Bank Mandiri bank ini didirikan oleh orang Indonesia ditahun 1955. Seiring berjalannya waktu hingga akhirnya sekarang, BCA telah berhasil menjadi bank swasta terbesar yang ada di Indonesia.

Bagaimanakah prosesnya BCA bisa mendapatkan predikat tersebut? Dalam artikel ini pertanyaan tersebut akan terjawab sekaligus kita akan mengetahui lebih jauh seperti apa Bank Central Asia tersebut dan bagaimana kiprahnya dalam dunia perbankan Indonesia. Selamat membaca

Sejarah Bank Central Asia

Seperti yang disebutkan diawal bahwa Bank Central Asia didirikan oleh orang Indonesia bernama Sudono Salim di tahun 1955. Pada tahun tersebut Sudono Salim mendirikan NV Perseroan Dagang Dan Industrie Semarang Knitting Factory yang merupakan cikal bakal dari Bank Central Asia (BCA).

Kemudian pada tanggal 21 Februari 1957 BCA mulai beroperasi sebagai anak usaha Semarang Knitting Factory dengan nama Bank Central Asia NV dan berkantor pusat di Jakarta. Pada masa 1970an BCA berusaha memperkuat jaringan layanan cabang hingga akhirnya pada tahun 1977 BCA berhasil berkembang menjadi Bank Devisa.

Artikel Lain : Peluang Usaha Kuliner Makanan dan Minuman Rumahan Modal Kecil

Tahun 1980an merupakan kesempatan BCA untuk mengembangkan jaringan kantor cabang secara luas. Karena pada masa ini ada proses deregulasi di sektor perbankan Indonesia. Dengan memanfaatkan kesempatan ini BCA mampu mengembangkan berbagai produk dan layanan maupun penerapan teknologi informasi, seperti menerapkan online system untuk Jaringan Kantor Cabang BCA, meluncurkan Tabungan Hari Depan (Tahapan) BCA, dan lain-lain.

Di tahun 1990an BCA mengembangkan alternatif jaringan layanan melalui ATM BCA (Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri) yang berkembang pesat dan pada tahun 1991, BCA secara bertahap menempatkan 50 unit ATM pertama di berbagai tempat di Jakarta.

Pengembangan jaringan dan fitur ATM dilakukan secara terus menerus dan intensif. Salah satu langkah yang BCA ambil ialah menjalin kerjasama dengan institusi terkemuka, antara lain PT Telkom sehingga untuk pembayaran tagihan telepon dapat melalui ATM BCA.

Selain itu BCA juga bekerja sama dengan Citibank sehingga nasabah BCA dapat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit Citibank melalui ATM BCA. Pada saat Indonesia mengalami krisis moneter di tahun 1997, BCA terkena dampak yang sangat besar terutama pada aliran dana tunai di BCA. Keadaan ini membuat panik para nasabah sehingga banyak dari mereka menarik dana dari BCA, akibatnya BCA terancam “berhenti”.

Untuk mengatasi dampak kerusuhan tersebut, ditahun 1998 BCA meminta bantuan kepada pemerintah dan menjadi BTO atau Bank Taken Over. BCA diambil alih oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dan disertakan dalam proses rekapitalisasi dan restrukturisasi yang dilaksanakan selama setahun.

Artikel Lain : Cara Membuat Facebook Page yang Bisa Masuk “Suggested Page”

Setelah proses rekapitalisasi BCA selesai di tahun 1999, sebagian besar kredit yang diberikan BCA dipertukarkan dengan obligasi pemerintah. Sehingga Pemerintah Republik Indonesia melalui BPPN menguasai 92,8% saham BCA. Di tahun 2000 BPPN melakukan divestasi saham BCA sebesar 22,55% kepada publik sehingga kepemilikan BPPN berkurang  menjadi 70,30%.

Proses ini juga menjadikan BCA sebagai perusahaan publik. Ditahun 2001 10% saham BCA kembali ditawarkan ke publik oleh BPPN sehingga kepemilikan BPPN hanya tinggal 60,3%. Melalui proses tender strategic private placement,  Farindo Investment, Ltd. mengambil alih 51% saham BCA dari BPPN ditahun 2002. Hingga saat ini BCA terus melakukan peningkatan dalam berbagai aspek seperti memperkokoh tradisi tata kelola perusahaan dan berbagai hal lainnya.

Profil Bank Central Asia

Visi dan Misi Bank Central Asia

Bank Central Asia memiliki tujuan untuk menjadi pilar utama dalam perekonomian dan memberikan layanan finansial terbaik bagi seluruh nasabah Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut BCA menentukan visi dari perusahaan nya yaitu Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Artikel Lain : Nasihat untuk Manajer “Cari Tujuan Bersama”

Berdasarkan visi tersebut BCA menyusun tiga misi untuk mewujudkannya diantaranya

  • Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.
  • Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah.
  • Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA.

Dengan Visi dan Misi ini BCA bertekad untuk menjadi pemimpin industri perbankan dan berkontirbusi besar terhadap perekonomian Indonesia.

Prestasi Bank Central Asia

Berkat kerja keras, kebijakan, good governance, komitmen, dan ketaatan BCA terhadap regulasi memberikan hasil yang memeuaskan. Banyak penghargaan yang telah diperoleh BCA seperti pada tahun 2016 ini BCA telah menerima 33 penghargaan baik nasional maupun internasional diantaranya :

  • Excellent Service Experience Award 2016 (Carre Center for Customer Satisfication and Loyality (Carre – CCSL))
  • The International Excellence in Retail Financial Services Award 2016 (The Asian Banker)
  • Indonesia Most Creative Company 2016 (Majalah SWA)
  • Brand Asia 2016 (MarkPlus Inc dan Nikkei BP Consulting Inc)
  • 2016 Banking Service Excellence (Majalah Infobank dan Marketing Research Indonesia)

Kode ATM Bank BCA

Sebagai bank pertama yang menggunakan layanan ATM, Bank Central Asia mampu memanfaatkan luasnya jaringan online yang terhubung disetiap mesin ATM. Hal ini diwujudkan dengan pelayanan melalui ATM bersama dimana nasabah Bank Central Asia dapat melakukan transaksi melalui mesin ATM bank lain hanya dengan menggunakan kode Bank Central Asia yang terdaftar yaitu 014.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat saya berikan dalam artikel ini. Jika ada pertanyaan mengenai artikel silahkan mengisi kolom komentar dibawah atau membuka website resmi bank. Saya mohon maaf atas kesalahan yang ada, seekian dan terima kasih.

Referensi Tulisan :

https://en.wikipedia.org/wiki/Bank_Central_Asia
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Central_Asia
http://www.bca.co.id/

Cari Artikel di Sini


Profil dan Kode Bank BCA, Bank Pelopor Jaringan ATM | Admin | 4.5
%d bloggers like this: