Profil dan Kode Bank BTN, Bank KPR Terbaik

Sejarah dan Profil Bank Tabungan Negara – Salah satu bank lain yang juga termasik dalam jajaran 10 bank dengan aset terbesar di Indonesia adalah Bank Tabungan Negara. Bank Tabungan Negara atau yang lebih dikenal dengan Bank BTN ini merupakan badan usaha milik negara yang berbentuk perseroan dan mengurusi bidang jasa keuangan perbankan.

Pada mula nya Bank Tabungan Negara adalah milik pemerintah Belanda namun kemudian diambil alih oleh pemeritah Indonesia dan terus berkembang menjadi seperti saat ini. Berikut ini adalah sejarah dan profil lengkap dari Bank Tabungan Negara.

Sejarah Bank Tabungan Negara

Pada tahun 1897 pemerintah Belanda mendirikan Postspaarbank yang merupakan cikal bakal bank BTN di Batavia. Kemudian dimasa pendudukan Jepang Postspaarbank dibekukan dan nama bank berganti menjadi Tyokin Kyoku atau Chokinkyoku di tahun 1942.

Pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia, Chokinkyoku diambil alih oleh pemerintah dan pada tahun 1950 berganti nama menjadi Bank Tabungan Pos. Hingga tahun 1963, setelah melalui beberapa kali mengalami perubahan baik dari segi nama dan bentuk perusahaan barulah Bank Tabungan Pos berganti nama menjadi Bank Tabungan Negara.

Artikel Lain : 6 Langkah Membuat Proposal Akuntansi

Kemudian ditahun 1968 Bank BTN secara penuh diambil alih oleh BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Lalu pada tahun 1974 Bank BTN ditunjuk oleh pemerintah sebagai satu-satunya bank penyalur KPR. Hal ini dimanfaatkan bank untuk memusatkan pelayanan pada masyarakat golongan menengah kebawah.

Tahun 1989 merupakan langkah awal bagi Bank BTN sebagai bank komersil. Pada tahun ini juga Bank BTN mengeluarkan obligasi pertama mereka. Selanjutnya Bank BTN berubah bentuk menjadi perseoan pada tahun 1992 dan menjadi salah satu badan usaha milik negara yang berbentuk perseroan.

Bank BTN memperoleh izinnya sebagai bank devisa pada tahun 1994 dan pada tahun 2000 Bank BTN mengikuti rekapitulasi. Di tahun 2002 Bank BTN ditunjuk sebagai bank penyedia layanan pembiayaan rumah komersil dengan pinjaman tanpa subsidi.

Tahun 2003 Bank BTN kembali melakukan restrukturisasi dalam pengelolaan perusahaan. Tujuh tahun setelahnya, tahun 2009 Bank BTN melakukan penawaran saham perdana atau IPO dalam bursa efek Indonesia dan menjadi perusahaan dengan saham yang bisa dimiliki publik.

Artikel Lain : Cara Mudah Membuat Status di BBM

Profil Bank Tabungan Negara

Visi dan Misi Bank Tabungan Negara

Bank BTN memiliki visi menjadi bank yang terdepan dalam pembiayaan perumahan. Hal ini tidak lepas dari sejarah bank BTN sebagai bank penyedia layanan KPR dan pembiayaan rumah komersil. Untuk mewujudkan visi tersebut Bank BTN memiliki beberapa misi yaitu

  • Memberikan pelayanan unggul dalam pembiayaan perumahan dan industri terkait pembiayaan konsumsi dan usaha kecil menengah.
  • Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi pengembangan produk,jasa dan jaringan strategis berbasis teknologi terkini.
  • Menyiapkan dan mengembangkan Human Capital yang berkualitas,profesional dan memiliki integritas tinggi.
  • Melaksanakan manajemen perbankan yang sesuai dengan prisip kehati-hatian dan good corporate governance untuk meningkatkan Shereholder Value.
  • Mempedulikan kepentingan masyarakat dan lingkungannya.

Nilai – Nilai Budaya Bank Tabungan Negara

Untuk menjaga profesionalitas dan kekonsistensian dalam bekerja Bank BTN memiliki beberapa nilai budaya yang menjadi pedoman dalam mewujudkan visi mereka. Nilai – nilai budaya tersebut adalah

  • Sinergi Membangun kerjasama yang sinergis dengan seluruh stakeholders dilandasi sikap tulus, terbuka dan mendorong kolaborasi yang produktif dengan menjunjung tinggi sikap saling percaya dan menghargai untuk mencapai tujuan bersama.
  • Integritas Konsisten antara pikiran, perkataan dan tindakan sesuai dengan ketentuan perusahaan, kode etik profesi dan prinsip-prinsip kebenaran yang terpuji.
  • Inovasi Senantiasa mengembangkan  gagasan baru dan penyempurnaan berkelanjutan yang  memberi nilai tambah bagi perusahaan.
  • Profesionalisme Visioner, kompeten di bidangnya, selalu mengembangkan diri dengan teknologi terkini sehingga menghasilkan  kinerja terbaik.
  • Spirit Mencapai Keunggulan  Menunjukkan semangat dan komitmen yang kuat untuk mencapai hasil terbaik  serta memberikan pelayanan yang melebihi harapan pelanggan (internal dan eksternal) dengan menempatkan pentingnya aspek kualitas disetiap kegiatan serta risiko yang telah diperhitungkan.

Artikel Lain : 3 Langkah Mudah Membuat Blog di BLogger (Kelebihan dan Kekurangan)

Setiap nilai-nilai budaya ini juga memiliki dua perilaku utama yang menjadi cermin dari insan Bank BTN, sepuluh perilaku tersebut adalah

  1. Tulus, Terbuka dan Kolaborasi yang Produktif
  2. Saling Percaya dan Menghargai
  3. Konsisten dan disiplin
  4. Jujur dan Berdedikasi
  5. Tanggap terhadap perubahan
  6. Kreatif & Inovatif dalam melakukan penyempurnaan yang bernilai tambah
  7. Kompeten, Intrapreneurship dan Bertanggungjawab
  8. Bekerja Cerdas dan Berorientasi pada hasil
  9. Antusias, Proaktif dan Pantang Menyerah
  10. Efektif, Efsien dan Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Kode ATM Bank BTN (Bank Tabungan Negara)

Selain itu, Bank BTN telah bekerja sama dengan lebih dari 100 bank di Indonesia yang tergabung dalam ATM bersama untuk memudahkan nasabah nya melakukan transaksi pembayaran baik itu pembayaran kredit maupun transaksi lain seperti transfer melalui ATM bank lain dengan memasukkan kode bank BTN yaitu 200 pada mesin ATM saat akan melakukan transaksi.

Itulah sejarah singkat dan profil mengenai Bank BTN yang memposisikan dirinya sebagai bank penyedia layanan rumah bagi masyarakat. Apabila terdapat pertanyanaan terkait artikel diatas, silahkan untuk mengisi kolom komentar yang ada atau membuka website resmi bank. Saya mohon maaf atas kesalahan dalam tulisan, semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Referensi Tulisan :

https://en.wikipedia.org/wiki/Bank_Tabungan_Negara
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Tabungan_Negara
http://www.btn.co.id/id/

Cari Artikel di Sini


Profil dan Kode Bank BTN, Bank KPR Terbaik | Admin | 4.5
%d bloggers like this: