Cara Mengatasi Masalah Saat Mendownload Whatsapp

Tidak ada aplikasi yang sempurna. Sebagus apapun aplikasi yang dibuat oleh seseorang pasti akan ada masalah-masalah yang timpul. Begitu jga dengan whatsapp.

Mungkin kamu termasuk orang yang tidak beruntung jika sampai mengalami masalah saat masalah saat mendownload atau memperbarui WhatsApp dari Google Play Store. Terdapat beberapa kemungkinan mengenai masalah yang kamu temui. Kemungkinan tersebut tergantung dari pesan eror yang kamu terima saat mengunduh. Di bawah ini beberapa masalah yang sering dijumpai pada whatsapp.

1. Muncul pesan Tidak ada cukup ruang pada perangkat

2. Muncul pesan kode kesalahan/ Error

3. Muncul pesan Aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat Android Kamu

4. Muncul pesan Item ini tidak tersedia di negara Kamu

4 kemungkinan di atas adalah masalah yang sering dihadapi oleh pengguna whatsapp saat mendownload atau memperbarui whatsapp. Jika masalah yang kamu hadapi tidak termasuk dalam daftar di atas, kamu bisa memeriksa Pusat Bantuan Google Play untuk langkah-langkah penyelesaian masalah yang lebih spesifik.

Tidak ada cukup ruang pada perangkat

Peringatan “Tidak ada cukup ruang pada perangkat” ini muncul karena smartphone kamu tidak memiliki memori yang cukup untuk melakukan pemasangan maupun perbaruan whatsapp. Faktor utama masalah ini adalah dalam smarphone kamu terinstall banyak aplikasi sehingga memakan cukup banyak memori.

Namun jika kamu ternyata tidak memiliki banyak aplikasi yang terinstall, maka bisa jadi peringatan ini muncul karena terlalu banyak cache dan data google play store. Cobalah untuk menghapus cache dan data google play store ini agar terdapat cukup ruang untuk melakukan pemasangan whatsapp. Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Setelan telepon Kamu > Aplikasi > Google Play Store > Penyimpanan > Hapus Cache dan juga Hapus Data.

2. Restart smarphone kamu dan cobalah untuk mendownload whatsapp lagi.

 

Jika kamu tetap tidak dapat memasang WhatsApp, berikut ini beberapa tips untuk mengosongkan memori pada smartphone kamu:

1. Hapus data di cache dengan membuka aplikasi Setelan telepon Kamu > Penyimpanan > Data dalam cache.

2. Pindahkan data dan aplikasi ke kartu SD eksternal Kamu. Pada beberapa smartphone cara ini bisa kamu lakukan. Dalam kondisi smartphone ter-root maka cara ini juga bisa kamu lakukan dengan mudah.

3. Hapus data lama dan aplikasi yang tidak Kamu gunakan. File dan data yang sdah tidak kamu perlukan sebaiknya dihapus atau kamu pindahkan terlebih dahulu ke media penyimpanan lain seperti flashdisk.

4. Periksalah folder WhatsApp yang tersembunyi ini (kamu bisa membuka folder-folder ini melalui aplikasi manajer file):

Folder untuk video dapat dicari di: /WhatsApp/Media/WhatsApp Videos/Sent.

Folder untuk gambar dapat dicari di: /WhatsApp/Media/WhatsApp Images/Sent.

Folder untuk Pesan Suara dapat dicari di: /WhatsApp/Media/WhatsApp Voice Notes.

 

Kode kesalahan / Error 

Di sini kode kesalahan/ error dibedakan berdasarkan kode angkanya. Jika kode error yang kamu terima adalah kode angka berikut 481, 491, 492, 921, 927, dan 941 kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Hapus akun Google Kamu dengan membuka aplikasi Setelan telepon Kamu > Akun > Google > dan pilih akun Kamu.

2. Ketuk Tombol Menu dan pilih Hapus akun.

3. Restart smartphone kamu, kemudian tambahkan kembali akun google yang sudah terhapus tadi.

4. Bersihkan cache yang disimpan di aplikasi Google Play Store Kamu dengan membuka aplikasi Setelan telepon > Aplikasi > Google Play Store > Penyimpanan > Hapus Cache dan juga Hapus Data.

5. Cobalah mengunduh WhatsApp lagi.

Jika kode error yang muncul adalah kode angka berikut 403, 495, 504, 911, 920, 923, 101, 498, dan 919, RPC error, File paket tidak valid, Error gagal memasang atau mengunduh, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Ikuti instruksi yang ada di bagian “Tidak ada cukup ruang pada perangkat” untuk memastikan bahwa Kamu memiliki cukup ruang pada perangkat Kamu.

2. Download file apk whatsapp melalui website whatsapp kemudian install file apk tersebut. Atau bisa juga kamu meminta file apk whatsapp dari smartphone teman kamu.

 

Aplikasi ini tidak kompatibel dengan Perangkat Android Kamu

Jika pesan ini yang muncul pada saat kamu akan melakukan pemasangan whatsapp maka bisa dipastikan smartphone yang kamu gunakan memang sudah tidak support dengan whatsapp dan sudah tidak bisa lagi menggunakan whatsapp. Solusinya ya hanya ganti smartphone.  hehe

 

Item ini tidak tersedia di negara Kamu

Jika pesan error yang kamu terima adalah seperti ini “Tidak tersedia di negara Kamu” atau jika tips penyelesaian masalah dari Pusat Bantuan Google Play tidak membantu, Maka untu solusi mengatasinya adalah dengan mendownload dan memperbarui WhatsApp dari situs website whatsapp.

 

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: