Apa itu Asuransi Pendidikan? Pengertian dan Perbedaan dengan Tabungan Pendidikan

Sekarang ini pendidikan menjadi salah satu kebutuhan yang wajib bagi anak bangsa. Dan pastinya setiap dari orang tuan akan memberikan pendidikan setinggi mungkin kepada anak-anaknya.

Tapi salah satu kendala yang dihadapi saat memikirkan pendidikan adalah biaya yang dikeluarkan. Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa biaya pendidikan mengalami kenaikkan. Terus bagaimana kita sebagai orang tua mengatasi masalah tersebut?

Mungkin ada yang berfikiran untuk menabung khususuntuk dana pendidikan bagi putra-putrinya, entah itu tabungan biasa maupun membuka tabungan pendidikan. Dan ada satu opsinya yakni dengan berinvestasi, yang bila berhasil maka hasilnua dapat kita gunakan untuk biaya pendidikan.

Bahkan masih ada alternatif lainnya yakni dengan asuransi pendidikan. Pastinya yang satu ini terdengar agak asing bagi kita. Untuk itu agar lebih mengenal tentang asuransi pendidikan silahkan perhatikan penjelasa berikut ini.

PengertianĀ Asuransi Pendidikan

Pada dasarnya asuaransi pendidikan ini adalah salah satu porduk yang dimiki asuransi yang merupakan kombinasi antara produk asuransi jiwa berjangka atau term life insurance dengan tabungan (investasi).

Dengan kata lain pihak perusahaan asuransi akan mengganti uang premi yang dibayarkan apabila orang tua meninggal dunia sedangkan anaknya masih harus menempuh jenjang pendidikan.

Maka boleh dikatakan bahwa fungsi asuransi ini double, yakni sebagai perlindungan ditambah lagi sebagai dana pendidikan. Dan yang jelas asuransi ini akan diberikan setelah orang tua meninggal dan tanpa harus membayar premi lagi.

Perbedaan Asuransi Pendidikan dengan Tabungan Pendidikan

Memang keduanya nampk sama, yakni sama-sama untuk mempersiapkan dana pendidikan, memberikan perlindungan asuaransi dan investasi. Tapi sebenarnya keduanya berbeda, yakni terletak pada risiko dan imbal hasil (return) investasi yang sama kali berbeda berikut ini berbedaannya :

TipsĀ Memilih Asuaransi Pendidikan Terbaik

Hal yang wajib saat kita memilih asuransi pendidikan mana yang terbaik, adalah pelajari niali proteksi dan investasinya. Kedua hal tersebut adalah suatu hal yang wajib kita pertimbangkan dalam memilih asuransi pendidikan.

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui seberapa besar proteksi (perlindungan) dalam bentuk Uang Pertanggungan (UP) yang akan didapatkan seandainya orang tua sebagai tertenggung meninggal dunia, kecelakaan maupun cacat tetap, sehingga memastikan anak tetap dapat bersekolah dengan lancar.

Selain hal itu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih asuransi pendidikan :

  • Cari perusahaan yang terpercaya dan rekam jejak yang baik.
  • Cari perusahaan yang mudah dan cepat dalam pencairan klaimnya.
  • Tanyakan terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan produk asuransi yang ingin kita gunakan.
  • Pastikan bahwa premi yang kita bayarkan sesuai kemampuan kita.
  • Pastikan juga program yang ditawarkan kepada kita sesuai dengan manfaat yang dijanjikan.

Jadi banyak faktor yang harus kita pertimbangkan dalam memilih asuransi pendidikan bagi anak Anda. Dan yang jelas keputusan ada ditangan Anda, tapi yang jelas pilih yang sesuai dengan kemampuan ekonomi kita sehingga dapat memastikan biaya pendiidikan anak kita tetap terjaga. Selamat untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi putra-putri Anda dengan memilih asuransi yang tepat dan terbaik bagi Anda dan tentunya bagi masa depan anak Anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: